RSS

MESIN DIGITAL PRINTING / CETAK DIGITAL

08 Aug

 

 

RONIta sudah memasuki tahun ke-4 dalam mengarungi usaha cetak digital atau digital printing. Dalam kurun waktu itu sudah beberapa mesin kami miliki, melalui rubrik ini kami ingin berbagi informasi mengenai mesin-mesin tersebut. Semoga info ini dapat bermanfaat bagi anda yang akan memulai usaha digital printing atau mungkin ingin mengembangkan lebih lanjut usahanya.

 

RONIta memilik mesin cetak mulai dari ukuran dekstop sampai format besar. Beberapa printer yang kami miliki adalah EPSON, HP, ROLAND serta mesin china/novajet. Untuk Epson kami sudah memakai berbagai jenis antara lain C45, C58, C90, R230, 1290 dan C87. Sedangkan untuk HP kami pernah memakai CP1700, Business 1000, HP 120 dan HP 500 plus (A0+). Dari pengalaman memakai semua mesin tersebut kami memiliki beberapa kesimpulan secara umum antara lain sebagai berikut :

  1. Pada umumnya kualitas cetak EPSON lebih bagus dibandingkan HP untuk DPI yang sama. Akan tetapi EPSON secara umum memiliki kecepatan cetak lebih lambat dan kemampuan cetak diberbagai media/kertas tidak selengkap HP.
  2. EPSON memiliki printhead yang lebih awet dibandingkan dengan HP untuk jumlah pemakaian yang lebih lama. Akan tetapi EPSON memiliki kendala yaitu apabila sudah mengalami blinking walau dapat direset akan tetapi kemampuan printernya sudah jauh menurun. Berbeda dengan HP yang dapat di infus dengan menggunakan chip imitasi dan tidak terjadi blinking.
  3. Secara umum EPSON dan HP cukup bagus untuk usaha cetak digital atau digital printing. Pada umumnya EPSON dipakai untuk mencetak ID Card, Photo, Kartu ucapan sedangkan HP dipakai untuk mencetak kop surat, kartu nama, sticker.
  4. Untuk tipe large format/ format besar RONIta belum pernah memiliki type EPSON. Large format pertama yang kami miliki adalah HP 120, printer ini memiliki lebar cetak maksimal 60 cm dan menggunakan tinta 6 warna. Oleh karena itu printer ini sangat bagus untuk mencetak perbesar photo, poster, banner, sticker terutama untuk warna-warna emas. Kelemahan dari printer ini adalah susahnya feeding kertas apabila kita tidak memiliki sistem kakinya. Dimana bahan yang kita masukkan harus benar2 lurus agar bisa diterima dengan benar oleh printer tersebut. Printer HP 120 sudah tidak diproduksi lagi dan digantikan oleh HP130/HP 130nr, nr menunjukkan bahwa printer sudah termasuk dengan sistem roll atau kaki. Dalam beberapa kesempatan di pameran kami melihat berbagai jenis printer large format semacam EPSON & CANON yang memiliki kualitas cetak sama bagusnya. Nah jika anda bingung untuk memilih maka sesuaiakan saja dengan kebutuhan anda, sebagai patokan umum EPSON pada umumnya dipakai untuk kalangan dunia cetak photo/perbesar photo sedangkan HP/ Canon dipakai untuk industri cetak poster, baner atau CAD (gambar teknik). RONIta pernah memiliki HP 500 plus yang mampu mencetak untuk design dan juga untuk CAD sehingga apabila anda memilih printer ini maka anda bisa menerima pekerjaan pencetakan design (semacam spanduk, poster, baner, dll) atau juga plotting CAD menggunakan kalkir atau kertas HVS (lebih variatif layanannya dibandingkan dengan EPSON tentunya).
  5. Sekarang kami memakai mesin ROLAND yang menurut kami telah merangkum kemampuan EPSON dan HP walau minus layanan ploting (karena mesin ini tidak didesign untuk mencetak gambar CAD/teknik). Ingin tahu lebih lanjut tentang mesin ini silakan kli www.ronita-dp.com
  6. MESIN CHINA NOVAJET, mesin ini adalah mesin yang paling mengecewakan bagi kami karena kualitas dan performancenya sangat jelek. Dulu ketika membeli ini RONIta hanya terkesima dengan HARGA MURAH dan LEBAR CETAK saja. Ternyata dibalik itu semua terlalu banyak hal negatif yang harus kami hadapi. Mulai dari sistem pengoperasian yang susah, tinta sering macet ditengah proses produksi (bayangkan jika anda harus mencetak sepanjang 5 meter dan ditengah-tengah tinta macet, maka anda harus sedot dulu beberapa kali kemudian melanjutkan lagi cetaknya yg biasany menyebabkan garis atau kadang warna menjadi tidak stabil). Selain itu DPI dari mesin ini hanya 600 (kata dari salesnya, tidak ada spesifikasi resmi untuk ini) karena hanya segitu maka setiap gambar atau design yang kita cetak akan terlihat berbintik-bintik atau kasar, tentunya hal ini sangat mengganggu bukan apalagi kalo kita mencetak poster yang banyak tulisannya. Hal negative lain yang kami rasakan adalah tidak adanya jaminan purna jual yang bagus dari mesin ini, dimana sparepart dsbnya susah dicari. Sebagai info saja, sebenarnya NOVAJET adalah produksi ENCAD yang telah tidak diproduksi lagi oleh pabrik aslinya, kemudian printer-printer yang sudah tidak diproduksi itu dimodifikasi oleh perusahaan-perusahaan yang kabarnya berada di china (modifikasi ini mulai dari mengganti casing sampai namanya) dan dijual ke indonesia dengan harga murah. Padahal RONIta pernah cek harga printer ini dari sononya Cuma sekitar 7 juta saja. Jadi jangan terkecoh oleh harga murah tapi printer yang anda beli sebenarnya adalah barang rongsokan. Lebih baik memilih printer HP atau EPSON yang dapat dimodifikasi seperti infus atau diganti jenis tintanya serta mudah mencari komponen mesinnya.

RONIta selalu terbuka untuk berbagi ilmu, jika anda tertarik untuk membuka usaha digital printing dan memerlukan saran atau mungkin anda ingin meminta kami mencarikan mesin yang cocok untuk anda, jangan sungkan untuk mengirimkan email ke : ronita_dp@yahoo.com.

 

179 responses to “MESIN DIGITAL PRINTING / CETAK DIGITAL

  1. revanero

    September 6, 2008 at 1:04 pm

    Maaf mas saya masih pemula…..setelah baca artikel mas di atas saya adalah pengguna printer EPSON R230 di infus, hasilnya saya akui memang bagus, tapi setelah saya pakai, cuma bertahan sampai 2 bulan sudah rusak (hasil cetak bergaris lama kelamaan tinta keluarnya nggak rata, bahkan sekarang tinta warna hitam dan light magenta tidak keluar). Minta solusi untuk pilihan printer yang berkualitas cetak bagus tapi tahan lama…..please bagi pengalamannya ya mas!!!!! Mksh…

     
  2. ronitadp

    September 6, 2008 at 6:55 pm

    Mas revanero untuk jawaban sudah di posting..semoga masalah printernya cepet selasai dan sukses selalu

     
  3. yao

    September 9, 2008 at 1:05 am

    Minta tolong nanya ke Ronita, saya pengen mulai usaha bisnis percetakan,terutama untk mencetak sticker kampanye pemilu,yg ukurannya dimulai dr postcard s/d A3,dan juga speed tinggi hasil bgus. mnurut pndapat ronita mesin printer apa yg cocok u kebutuhan saya tsb? Oh ya Saya adaa melihat konica minolta bizhub pro c6500,cost productionnya murah hingga hrga jualnya murah,tp kayaknya hrganya mahal,mngkin ada alternatif yg laen dr Ronita? TerimaKasih bnyk

     
  4. Abdi

    October 12, 2008 at 5:20 am

    Saya mau minta tolong agar Ronita mau memberikan daftar harga mesin plotter terutama yang seri HP 500 Plus karena saya mau coba usaha printing yang bisa cetak design CAD dengan kalkir. Trims

     
  5. sigit

    October 12, 2008 at 10:55 am

    ma’af, saya ingin belajar tentang teknik penyablonan kaos dengan digital printing, bisa bagi ilmunya ngga? alat dan bahan apa saja yang mesti saya persiapkan dan printer jenis apa yang mesti saya gunakan.terimakasih sebelumnya..

     
  6. Iwan

    November 9, 2008 at 5:41 pm

    saya tertarik dengan usaha digital printing. saya berencana memulai usaha namun saya belum begitu paham mengenai jenis-jenis alat ataupun mesin yang harus dimiliki untuk memulai usaha. selain itu saya juga butuh rincian biaya mesin-mesin cetak. terima kasih

     
  7. ronitadp

    November 10, 2008 at 4:23 am

    Dear Mas Iwan

    Hal yang paling utama ketika ingin memasuki dunia usaha cetak digital yang perlu anda pastikan adalah seberapa besar dana yang ingin anda investasikan..jika sudah ketahuan seberapa besar invest anda baru kita sesuaikan dengan peralatan yang setara dengan investasi tersebut…bahkan kalopun anda tidak bisa invest langsung mesin besar anda bisa pakai mesin kecil dulu dan utk sementara melempar ke tempat lain…jadi intinya begitu kalo menurut saya..selain itu hal semacam ini akan membuat anda berproses dan belajar dengan sendirinya apa saja yang perlu anda ketahui tentang digital printing..masalah biaya setiap mesin berbeda-beda dan itu tidak bisa dijadikan acuan pasti karena semua kembali lagi ke arah mana segmen market kita..demikian info yang bisa saya bagi..semoga bermanfaat

     
  8. adit

    November 29, 2008 at 11:40 am

    saya tertarik untuk membuka usaha digital printing dan berencana memulai usaha namun saya belum begitu paham mengenai jenis-jenis alat maupun mesin yang harus dimiliki untuk memulai usaha tsb,mohon kiranya rincian biaya dimaksud itu terima kasih.

     
  9. pierre

    December 13, 2008 at 4:48 pm

    saya tertarik untuk membuka usaha digital printing dan berencana memulai usaha namun saya belum begitu paham mengenai jenis-jenis alat maupun mesin yang harus dimiliki untuk memulai usaha tsb,mohon kiranya rincian biaya dimaksud itu.
    saya pengen mulai usaha bisnis percetakan,terutama untk mencetak sticker kampanye pemilu,yg ukurannya dimulai dr postcard s/d A3,dan juga speed tinggi hasil bgus. mnurut pndapat ronita mesin printer apa yg cocok u kebutuhan saya ?
    dan tolong rincian dana untuk memulai usaha ini ?

     
    • ronitadp

      December 14, 2008 at 3:18 am

      Dear Pierre
      Kalo melihat order yg anda inginkan yaitu ORDER PEMILU maka tidak ada PRINTER YANG COCOK untuk itu…kecuali order yg anda inginkan adalah spanduk atau baliho baru mesin yg cocok adalah large format…kenapa tidak ada yg cocok karena karakteristik order pemilu spt sticker adalah jumlah banyak dan harga murah…printer pada umumnya hanya memiliki kemampuan cetak sampai 10.000lbr/bln dan ongkos cetaknya mahal sktr 1500/A4 kalo kita bandingkan mesin offset yg mampu mencetak 10.000lbr/jam…jadi sebenarnya menurut saya agak tidak cocok kalo anda ingin buka digital printing terutama sticker tapi yg disasar partai pemilu..pasti ndak akan masuk..kalo mau buka digital printing mending yg disasar adalah perusahaan atau orang umum…nah utk order pemilunya di sub-kan aja ke percetakan yg sudah sangat banyak sekali dimana2..lebih murah dan kita tidak perlu invest mesin yg sangat mahal (mesin cetak GTO Heidelberg harganya bisa 500juta secondnya)…demikian info dari saya semoga bermanfaat

       
  10. Sustra

    December 25, 2008 at 2:00 pm

    Sy ingin bk bisnis sablon kaos, cetak undangan, ft wedding, dan yg berhubungan dg bsns tsbt. Mgkn untk tahap menengah. Skg sy pny printer canon MP145 dan cnn IP3300, yg di gnkan ctk foto. Apa printr tsb udah bs menunjang kegiatan tsb dan apa yg prlu di tmbh.. Jwbannya sangat aku perkukan. Thanks ya..

     
    • ronitadp

      December 25, 2008 at 3:03 pm

      Dear Sustra
      Untuk awal usaha kedua printer yg anda pakai memang sudah cukup..akan tetapi apabila anda ingin mengembangkan usaha seperti sablon kaos dan photo prewedding mungkin anda bisa memikirkan untuk membeli printer ukuran A2 merk epson atau HP..kalo saya sarankan sebaiknya anda beli yg epson karena lebih mudah untuk dimodifikasi..akan tetapi pilih saja yg 4 warna agar tidak terlalu ribet dalam hal modifikasi…karena untuk photo pre wedding biasanya ukurannya lebih besar dar A3…kalo untuk cetak undangan anda mungkin bisa beli printer laser saja…misal fujixerox atau HP…saya sarankan HP saja karena lebih banyak pilihan refillnya…demikian info dari kami..semoga bermanfaat

       
  11. hend

    January 20, 2009 at 5:34 pm

    mas sy sgt berkeinginan membuka usaha digital printing namun sy terkendala akan info mesin2 digital yang kualitas baik dgn harga yg tidak terlalu tinggi,.. untuk budget sy antara 50 – 80 jtan an, mohon sarannya . tq

     
    • ronitadp

      January 20, 2009 at 11:25 pm

      Dear Hend
      Dengan budget 50-80 juta anda sudah dapat membuka usaha digital printing dengan layanan sebagai berikut :
      1. Perbesar photo, media yang digunakan meliputi photo, albatros, sticker, kanvas, silk banner
      2. Cetak sticker indoor untuk label, POP, sticker photo, dll
      3. Cetak poster di media albatros, inkjet paper, HVS, semi glossy
      4. Cetak peta atau photo udara di media semi glossy, glossy, hvs
      5. Cutting sticker di media 3M, kiwalite, oracal, dll
      6. PLOT AUTOCAD di HVS maupun kalkir

      Cetakan di atas masih bersifat INDOOR dimana peminatnya biasanya dari kalangan mahasiswa, perkantoran, sekalohan, kampus, restoran, toko-toko, butik, dsb karena konsumen2 ini membutuhkan kualitas cetakan beresolusi tinggi dan harga terjangkau.

      Untuk konsep usaha seperti ini RONIta memiliki paket usaha meliputi :
      1. Mesin cetak HP 500 42 inc 1 pcs
      2. Mesin cutting Roland GX-24 1 pcs
      3. Mesin laminasi 100 cm 1 pcs
      Harga 75 juta untuk pengiriman di jabodetabek..sedangkan untuk luar jabodetabek akan ada biaya tambahan sesuai lokasi. Harga tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu…demikian info dari kami semoga bermanfaat..untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi di 0816568498..terimakasih

       
  12. DONY H

    January 25, 2009 at 9:44 am

    Pak saya tertarik dengan usaha digital printing, tp gak tau alamat untuk beli alat n bahannya. tolong kalau bisa minta alamat counter2 yg menjual tersebut terutama di JATIM. Kira modal yg harus disediakan berapa. Terima kasih sebelumnya.

     
    • ronitadp

      January 26, 2009 at 1:14 pm

      Dear Dony
      Kita juga kurang tahu tempat di jatim yg jual bahan2 digital printing…kalo anda berminat bisa menghubungi kami…untuk digital printing modal yg diperlukan tergantung seberapa besar digital printing yg ingin anda buka..bisa 20juta, 50juta atau bahkan diatas 100juta..demikian info awal dari kami..jika berminat bisa menghubungi roni di 0816568498

       
  13. johan

    February 3, 2009 at 10:22 am

    saya tertarik dengan mesin press kaos, bisa diberi info rincian speks mesin dan harganya? apakah mesin press ini konek dgn printer dan komputer?? atas info nya, banyak terimakasih.

     
    • ronitadp

      February 4, 2009 at 3:55 am

      Dear Johan
      Kalo anda tertarik paket usaha coba kunjungi http://www.ronita-dp.com dan download brosurnya disana..terimakasih

       
  14. Agung

    February 5, 2009 at 3:30 am

    saya tertarik untuk membuka usaha cutting stiker mobil dan motor dan berencana memulai usaha, namun saya belum begitu paham mengenai jenis-jenis alat maupun mesin yang harus dimiliki untuk memulai usaha tsb dan mohon kiranya anda dapat memprediksikan budget (rincian biaya) usaha tsb.. terima kasih Ronita…

     
    • ronitadp

      February 5, 2009 at 3:49 am

      Dear Agung
      Kami ada paket usaha spt yang anda maksudkan…harga 55juta..untuk lebih detailnya bisa anda cek di http://www.ronita-dp.com, anda bisa download brosurnya juga disana…semoga bermanfaat…

       
  15. Agung

    February 5, 2009 at 4:26 am

    Terima kasih atas tanggapan dan jawaban awalnya…saya sudah membaca paket promo yang mbak/mas tawarkan
    Selanjutnya yang ingin saya tanyakan
    1. Apakah produk EPSON Stylus Printer 1390 hanya dapat mencetak maksimal seukuran A3 ? ( sedangkan usaha yg saya ingin geluti dapat membuat stiker kira2 sebadan mobil)
    2. Cutting Plotter ROLAND-Gx 24 memiliki ukuran berapa ?

     
  16. Agung

    February 5, 2009 at 5:03 am

    saya mau menanyakan mengenai Paket usaha SABLON DIGITAL & STIKER 55 juta..apakah bisa membeli secara terpisah?
    untuk produk :
    1. EPSON STYLUS printer 1390
    2. Cutting Plotter ROLAND-GX 24
    Berapa Budgetnya?
    Apakah biayanya sudah termasuk bimbingan agar usahanya bisa berjalan dengan lancar, misalnya: bimbingan memilih jenis tinta dan bahan bahan yg murah dan berkualitas.
    Budget untuk bahan bakunya berapa kira2?
    terima kasih pak Imam…

     
    • ronitadp

      February 5, 2009 at 9:26 am

      Dear Agung
      Membeli secara terpisah bisa
      1. Epson stylus 1390 harga 5.000.000
      2. Cutting plotter ROLAND GX 24 harga 30.000.000
      Harga sudah termasuk ongkir kirim untuk wilayah jawa..luar jawa tambah 2,5juta
      Untuk pembelian terpisah bimbingan tetap kita berikan…bimbingan tidak berlangsung ketika training tapi selama usaha berjalan dan pastinya untuk memilih jenis tinta dan bahan baku akan kita bantu sepenuhnya…u

      Untuk budget bahan baku di awal produksi antar 2-5juta..tergantung jumlah stock yang diinginkan

      Untuk printer A3 epson tersebut sebenarnya bukan ditujukan untuk stickernya…karena printer epson tidak cocok untuk outdoor..seharusya kalo bapak memang ingin konsen ke sticker mobil..alat yg paling tepat adalah VP-540 (yang di paket digital printing plus)….karena dari segi ukuran dan kekuatan jauh lebih bagus…dengan GX 24 anda akan terbentur pada lebar cutting yang hanya 58cm..sedangkan dengan VP540 anda bisa mencutting sampai ukuran 120cm…

      Akan tetapi jika memang budget belum memadai..anda masih bisa menghandalkan GX-24…yaitu dengan mengoptimalkan design kita..kalo kita perhatikan kebannyakan sticker di mobil tidak lebar full tapi lebih cenderung memanjang..untuk itu anda bisa bermain design disana…jadi intinya tetap di kitanya pak…bagaimana kita mengakalinya…apalagi untuk motor..gx-24 sudah sangat cukup…jadi untuk awal anda bisa memulainya dengan GX-24 apabila nanti sudah mapan baru beli vp540 dan untuk sementara jika anda membutuhkan layanan cetak sticker yang ukurannya lebih besar RONIta dengan senang hati siap mem-backup anda…karena itulah bentuk layanan purna jual kami kepada konsumen yang membeli mesin paket dari kita….jadi kita saling mendukung…sehingga semua bisa berkembang..demikian jawaban dari kami..semoga bisa memberi gambaran kepada anda lebih jelas…terimakasih dan semoga bermanfaat

       
  17. Ageng T

    February 11, 2009 at 3:15 am

    Dear Ronita,

    saya tertarik dengan penjualan yang anda tawarkan, dikarenakan terdapat purna jual terhadap mesin2 yang anda tawarkan dan bantuan konsultasi/bimbingan yang ditawarkan kepada konsumen anda ( hal ini cocok sekali dengan saya yang masih awam sama sekali dengan usaha digital printing tetapi tertarik untuk memulainya )
    tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan..

    1.mengenai Paket usaha SABLON DIGITAL & STIKER 55 juta, sehubungan dengan postingan bpk Agung diatas terdapat perbedaan harga sebesar 20jt antara beli eceran dan beli paketan. apakah disebabkan harga mesin press dan mesin laminating dipaket tersebut? kalau iya berapa harga eceran dari mesin press dan mesin laminating tersebut?

    2.sehubungan dengan post bpk Hend, dengan budget 50-80jt
    mendapat :
    1. Mesin cetak HP 500 42 inc 1 pcs
    2. Mesin cutting Roland GX-24 1 pcs
    3. Mesin laminasi 100 cm 1 pcs
    dengan harga 75jt

    apakah pelayanan yang dapat diberikan terhadap pelanggan nantinya
    lebih bervariasi dan lebih berkualitas jika dibandingkan paket 55jt?
    karena didalam .
    paket 55jt terdapat mesin press ukuran 38 x 38 cm
    sedangkan paket yang ditawarkan kepada bpk hend tidak ada.

    3. bimbingan training selama usaha berjalan tersebut dilakukan secara langsung atau melalui cara lain (phone, mail, chat)?

    sebelumnya terima kasih atas waktunya
    maaf kalau pertanyaan saya merepotkan

     
    • ronitadp

      February 11, 2009 at 3:36 am

      Dear Ageng
      1. Untuk selisih harga paket dan beli eceran karena di dalam paket ada beberapa bonus dan material bahan yang disertakan untuk mengawali usaha dan proses training…jika anda hanya menginginkan mesinnya saja maka harga akan disesuaikan…misal untuk harga mesin cutting ROLAND GX-24 adalah 30juta…mesin printer epson 1390 adalah 5juta…kemudian bahan-bahan, sampel kaos, buku dan CD senilai 7 juta….mesin pres 3,5juta…sisanya untuk kami dan ongkos kirim ke tempat bapak…itulah rinciang harganya…jadi disini kami hanya ingin membantu anda membuka usaha dan membangun jaringan setelah itu…

      2. Untuk postingan bp Hendi..itu memang lebih cocok hanya untuk ke cetak gambar ukuran besar (tanpa kaos) sehingga dalam paket tersebut tidak ada mesin press yang kami sertakan.

      Untuk pelayanan antara paket 75juta dengan yg 55juta pasti ada perbedaan terutama di layanan CETAK FORMAT BESARNYA…kalo yg 55juta hanya sampai ukuran A3 sedangkan yang 75juta bisa sampai ukuran A0 dan dia bisa untuk kalkir (cetak gambar teknik seperti autocad, visio dsb)…

      3. Bimbingan akan diberikan dengan semua cara sesuai kebutuhan konsumen…konsumen bisa langsung datang ke workshop kami…bisa malalui internet atau phone..atau bapak mengundang kami untuk datang ke tempat bapak (segala akomodasi menjadi tanggungan konsumen untuk luar kota)…yang jelas dalam setiap paket yg kami jual akan kami buatkan petunjuk penggunaan dan kami sarankan untuk mengirimkan satu orang dari pihak bapak untk kami training…dan untuk pembelian paket 75juta atau yg 210 juta akan ada teknisi yang memasang dan mentraining softwarenya di tempat bapak (sudah termasuk dalam biaya paket)…demikian info dari kami semoga bermanfaat…terimakasih

       
  18. surya

    February 15, 2009 at 3:38 am

    Di kampus, saya sering menerima order membuat spanduk / baliho acara seminar dll. Saya ingin investasi ke mesin digital printing out door dan menanyakan mesin standard yang sederhana untuk jenis pekerjaan tersebut.
    Mohon bantuan mesin yang bagaimana yang saya perlukan dan berapa dana yang dibutuhkan.

     
    • ronitadp

      February 16, 2009 at 2:39 am

      Dear Surya
      Kalo keperluannya untuk spanduk / baliho mungkin anda bisa pilih mesin china dengan lebar cetak 3,2m…tapi yg perlu diperhatikan adalah perawatan mesin harus bagus agar tidak ada kendala, untuk itu sebaiknya ada operator khusus yg ditugaskan untuk itu…mesin china harganya di 2500-3000USD (Head Seiko / spectra, merupakan head yang bagus)….sedangkan jika anda ingin lebih mudah dalam operasionalnya maka mesin roland bisa dijadikan pilihan..misal VP-540…mesin ini dapat mencetak spanduk..sticker..poster…dlll (lengkapnya lihat di http://www.ronita-dp.com) dengan pengoperasiannya seperti printer2 kecil…jadi lebih mudah tapi areal cetaknya hanya 1,3 meter (atau hanya cocok untuk spanduk saja dan baliho kecil)..untuk detilnya silakan kunjungi web kami http://www.ronita-dp.com..terimakasih

       
  19. dedi

    February 21, 2009 at 3:33 pm

    dear ronita.
    saya belum lama belajar desain grafis, seperti adobe photoshop dan corel. bagi saya untuk mempelajari dua sofware tersebut suatu kebuetulan yang tak terduga karena basic saya adalan budidaya pertanian, tapi saat ini banyak orang yang meminta saya untuk membuatkan mereka undangan. satu kebahagiaan bagi saya bila ronita mau memberikan masukan tentang mesin cetak apa yang harus saya gunakan untuk memulai usaha cetak undangan dan berapa kisaran harga mesin tersebut. sekarang saya sudah memiliki printer epson R230 apakan printer ini bisa digunakan untuk mencetak undangan.

     
    • ronitadp

      February 22, 2009 at 5:20 am

      Dear Dedi
      Cetak undangan kalo dalam jumlah sedikit bisa anda lakukan dengan menggunakan print laser seperti HP, epson atau fujixerox…pilih jenis printer yg bisa direfill atau menggunakan toner nomer dua agar biaya operasionalnya tidak mahal…kalo anda ingin cetak undangan banyak maka sebaiknya anda cari percetakan di kota anda..untuk undangan nikah yg simple biasanya harga per lembar mulai dari 300 perak/f4…selanjutnya semua tergantung design anda..demikian info yg dapat kami berikan..semoga bermanfaat

       
  20. dedi

    February 24, 2009 at 3:52 pm

    dear ronita

    saya seorang pemula yang belajar corel kira-kira baru satu bulan. awalnya saya cuma belajar adobe untuk edit dan cetak foto itupun karena banyak yang minta untuk dicetakkan foto, printer yang saya gunakan epson R230. pada keadaan yang sama saya diminta untuk mencetak undangan. karena modal saya minim yang ingin saya konsultasikan kepada ronita adalah mesin cetak apa yang harus saya gunakan dan berapa kisaran harganya, dan apakah ada printer yang bisa digunakan untuk mencetak undangan.

     
  21. hendrik

    February 24, 2009 at 5:04 pm

    mas/mbak, saya mau tanya kalo mesin ploter hp 500 plus itu tintanya kalo kena air luntur. jadi saya minta solusinya gimana caranya agar tinta nggak luntur (tahan lama skitar 6 bulan) pakai tinta apa? tolong balasannya dikirim di email saya (adv_laras@yahoo.com) makasih sebelumnya.

     
    • ronitadp

      February 25, 2009 at 1:19 am

      Dear Hendrik
      Sebenarnya kalo anda memakai tinta yg bagus..hasil print hp 500 bisa bertahan lebih dari 6 bulan..saya ada cetakan hasil print hp 500 dan sudah 2 tahun lebih tapi tidak pudar warnanya (ditaruh di dalam ruangan dan kena sorot lampu setiap hari)…sedangkan masalah luntur bisa anda laminasi hasil cetakannya..ini cara termurah dan standar jika kita masih menggunakan mesin indoor…atau kalo mau lebih enak lagi pakailah tinta jenis pigment atau uv..dua tinta ini lebih mahal dibandingkan dye cuman secara gamut warna mereka tidak sebaik tinta dye….

      Untuk tinta memang harus banyak coba..dan itu salah satu resiko kita menggunakan tinta non original..sekian info dari kami..semoga bermanfaat dan trimakasih

       
  22. hendrik

    February 28, 2009 at 6:57 pm

    mas/mbak plotter hp 500ps itu tintanya yang cocok sbaiknya pakai yang merk apa???
    saya cetak spanduk pakai kain teteron kalau misal pakai tinta jenis pigment/ uv itu apa resikonya untuk plotternya dan kain apa yang cocok untuk plotter itu????? trimakasih

     
    • ronitadp

      February 28, 2009 at 11:31 pm

      Dear Hendrik n Ndindik
      Kalo anda ingin memakai HP500 utk print di teteron untuk spanduk sebenarnya merupakan suatu pilihan yang salah…kenapa salah? karena pada dasarnya HP500 adalah mesin indoor berbasis dye yg tidak cocok utk aplikasi luar ruang….selain itu ketika kita ganti printhead maka kita harus membuang tinta yg didalam printhead apabila kita memakai tinta jenis lain (bukan dye), hal ini tentunya boros dong…

      Tapi ya sudah, untuk printer HP500 dapat diganti tinta pigment atau UV biar spanduk lebih awet..trus kain yg digunakan pun tidak asal kain spt yg dipakai spanduk manual..anda bisa menggunakan bahan sejenis korean cloth, satin, silk banner atau kanvas…semua kain itu dapat dicetak bagus dengan mesin HP 500 tapi pada umumnya kekuatan tintanya tidak sebagus mesin outdoor (hanya bertahan sekitar 3minggu)…

      Untuk resiko ganti tinta pada HP500 ya itu tadi…harus buang tinta ketika ganti printhead…selain itu yg paling perlu dipastikan bahwa sistem infusnya harus bagus..usahakan tidak terjadi kebocoran sehingga tinta tidak netes ke mainboard atau rumah head…

      Demikian info yg dapat kami sampaikan semoga bermanfaat…kalo boleh nambahin..fokuslah pada kemampuan asli mesin HP500 daripada anda berharap terlalu lebih dengan kemampuannya mencetak spanduk seperti mesin outdoor atau mesin berbasis ecosolvent…karena produk spanduk anda pasti akan rentan banyak komplainan kalo ditaruh diluar….trimakasih

       
  23. hendrik

    March 7, 2009 at 5:03 am

    trimakasih atas solusinya. sabaiknya saya memakai tainta apa dan bahan apa untuk spanduk dan dimana belinya? kalau misal beli tinta dan bahannya ditempatnya mbak apa bisa dikirim??? trus harganya tintanya 100ml brapa, kainnya berapa????

     
    • ronitadp

      March 7, 2009 at 6:04 am

      Dear Hendrik
      Untuk tinta dan bahannya yg bisa tahan air untuk printer HP500ps kita kurang paham supliernya siapa…nanti coba2 kita carikan informasinya dulu..trimakasih

       
  24. dian

    March 15, 2009 at 1:21 am

    adakah mesin cetak gambar untuk casing handphone. saya pernah lihat tayangannya di tv tapi tidak seluruhnya.

     
    • ronitadp

      March 15, 2009 at 3:59 am

      dear dian
      Untuk cetak gambar di cashing HP bisa menggunakan printer flatbed atau sistem water decal..tapi sayangnya kedua informasi tentang itu agak susah dicari..kalo mau coba cari di mangga dua mall..trimakasih

       
  25. amri

    March 20, 2009 at 4:42 am

    woy.. mw jual ,esin digital printing merk zhong ye 7212 720 dpi, RP. 70.000.000,- nego, telp. 021-98072138 (BU)

     
  26. donie

    April 22, 2009 at 6:47 am

    buat Yth ronitadp.
    1. Bisakah anda mberi saran merk tinta pigment & dye yg bagus & awet (tdk mbuat korosi printhead) untuk epson. menurut analisa anda.
    Soalnya saya sudah mengorbankan 6 printer epson.
    2. Untuk printer laser color A3+, merk apa yg isi tonernya banyak refillnya murah?
    mohon bimbingannya…
    jawaban anda akan sangat membatu saya terimakasih..

     
    • ronitadp

      April 22, 2009 at 7:51 am

      Dear Donie
      1. Untuk tinta pigment atau dye coba main aja ke ronita…karena kita selama ini pakai alhamdulillah tidak pernah ada masalah…mungkin bisa anda coba merk inkmatte, blueprint, atau yg lainnya…tapi harus dicoba dulu ya…tapi coba dicek lagi apakah cara perawatan anda juga sudah benar…karena kalo tinta udah bagus tapi ngerawatnya ndak benar sama aja bohong

      2. Printer laser yg isi tonernya besar ukuran A3 xerox atau HP…klebihan xerox dia bisa print di kertas setebal 260grma (art karton, cocok untuk kartu nama)..kalo anda pakai toner asli harga kartu namanya biasanya di kisaran 65rb…isi ulangnya juga ada..di harga 300rb…kalo HP kelemahannya tidak bisa nge-print di kertas tebal…itu aja…

      Demikian info dari kami semoga bisa bermanfaat…trimakasih

       
  27. riskon

    May 16, 2009 at 5:15 am

    pak saya orang baru di dunia percetakan, akan teteapi saya sanagat tertarik menjalani bisnis ini, yang saya ingin tanyakan klo harga mesin cetak digital printing yang bisa buat cetak kartu nama merknya apa saja dan kisaran harganya berapa?mohon informasinya terima kasih.

     
    • ronitadp

      May 16, 2009 at 8:20 am

      Dear Riskon
      Kalo inginnya konsen ke cetakan kartu nama, undangan, selebaran tapi satuan maka mesin yg cocok adalah mesin POD yg diantaranya mesin laser atau mesin POD A3 seperti kodak nexpress 2500, bizhub minolta atau HP Indigo…tapi kebanyakan mesin2 tersebut masih mahal dan kalo kita belum ada konsumen tetap maka akan susah…sedangkan kalo mau menengah ya pakai mesin laser seperti xerox, hp, samsung baik ukuran A4 atau A3…kisaran harga mulai dari 5-50jt…trimakaasih

       
  28. baya

    May 30, 2009 at 12:06 pm

    Saya tertarik membaca artikel yang ada di situs ini. saya skedar ingin bertanya, adakah mesin cetak digital untuk mencetak di atas kain biasa? misalnya mencetak gambar di kain untuk sprei, sarung bantal, bahan baju, dsb yang bukan t-shirt? bahan kainnya kira2 apa yang bisa? terimakasih.

     
    • ronitadp

      May 30, 2009 at 5:03 pm

      Dear Baya
      Ada printer yang bisa print di atas kain biasa..printer tersebut menggunakan tinta khusus dan umumnya kainnya juga mendapat perlakuan khusus..setelah di print biasanya akan ada proses washing dan steam baru kain bisa dipergunakan sesuai dengan tujuannya.

      Di luar negeri sudah banyak yang memakai printer ini untuk butik2..di indonesia masih perusahaan besar yang umumnya menggunakannya karena printer ini harganya relatif mahal sekitar 500juta…demikian info dari kami..trimakasih

       
  29. dedy

    May 31, 2009 at 4:21 pm

    dear ronita

    berapa harga epson stylus pro 9450 n 9880

     
    • ronitadp

      June 1, 2009 at 3:54 am

      Dear Dedy
      Harga Printer Tersebut sektar 40juta…trimakasih

       
  30. Agus

    June 4, 2009 at 6:05 am

    Dear Ronita,

    Penjelasan mengenai mesin Novajet encad diatas sepertinya ada kekeliruan,
    Mesin Novajet china yang anda maksud mungkin tiruan mesin novajet yang asli dimana mesin novajet diproduksi oleh Encad / Kodak.inc.

    Sampai sekrang mesin novajet encad produksi asli masih diproduksi oleh kodak.inc
    Adapun distributor dan service centre di indonesia adalah
    PT.Aneka Warna (beralamat di Sunter).

     
    • ronitadp

      June 8, 2009 at 12:19 am

      Dear Agus
      Thanks atas infonya dan novajet 750 yg saya maksud sudah tidak di produksi…kalo mesin novajet tipe terbaru memang masih di produksi dan sepertinya dalam penjelasan sudah saya jelaskan bahwa mesin NOvajet China adalah barang tiruan dari barang aslinya.trimakasih

       
  31. dedy

    June 5, 2009 at 4:51 pm

    hai ronita

    aku mau tanya kira kira berapa harga epson stylus pro 9450 atau 9880

     
  32. bambang irawan

    June 6, 2009 at 2:13 am

    bagi pengalaman dong.. saya punya printer epson R230 untuk usaha cetak photo, tp setelah saya pake untuk cetak pengetikan makalah (tdk terlalu banyak <50 lbr) warna tinta cyan setelah saya printhaed masih tdk lurus.. sdh saya lalukan printhead terus sampai tinta mau habis tetap gak bisa.. itu yang menyebabkan hasil cetak photo bergaris, kira2 apa yang harus saya perbuat supaya hasil cetak photonya kembali bagus. trims

    bambang – Jayapura papua

     
    • ronitadp

      June 8, 2009 at 10:55 am

      Dear Bambang Irawan
      Kemungkinan printer ada kotoran pada headnya..coba dibuka dan dbersihin aja dulu…kalo ndak bisa melakukannya sendiri bawa aja ke servis..trimakasih

       
  33. suteno

    June 6, 2009 at 5:14 am

    saya mau cetak bahan kain biasa di printer gong zheng, apa bisa?
    mohon panduannya, terima kasih

     
    • ronitadp

      June 8, 2009 at 10:56 am

      Dear Suteno
      Jika kain yg akan anda pakai adalah kain biasanya dan tinta solvent maka akan susah pak..hasilnya tidak maksimal..dalam hal ini saya tidak mengatakan tidak bisa tapi hasilnya jelek dan prosesnya ribet…karena untuk kain pada umumnya ada coating khusus dan tinta khusus juga agar hasil maksimal..trimakasih

       
  34. moses

    July 5, 2009 at 11:26 pm

    bapak/ibu/mas/mbak…
    aku mau buka digital printing.
    tolong kasih tau tempat pembelian/pemesanan mesin large format…

     
    • ronitadp

      July 7, 2009 at 4:00 am

      Dear Moses
      Mesin digital apa yg anda butuhkan…RONIta bisa menyediakan mesin2 digital berkualitas dan memberikan konsultasi gratis tentang bisnis digital..trimakasih

       
  35. eli

    July 13, 2009 at 8:47 am

    sy sprt tmn2 yg sdh ksh comment, sma mw bk usaha digital printing,.. ni lg di bandung mw cari n beli mesinnya… bisa ksh saran ga…
    saya mw usaha di merak-Banten
    tlg bantu, thnx b4
    sy tg infonya

     
    • ronitadp

      July 13, 2009 at 9:15 am

      Dear Eli
      Di bandung banyak yg jual mesin dan tinta sublim..coba jalan2 aja di BEC..disana banyak banget yg jual…oke semoga sukses hunting mesinnya ya…trimakasih

       
  36. Chabelita

    July 15, 2009 at 3:16 am

    NICE POSTING…!!!

    Sangat membantu bagi para pemula yang ingin menekuni bisnis digital printing ini. Juga bermanfaat sebagai sumber referensi buat “pemain lama” yang bingung mencari problem solver dalam mengatasi hal2 teknis.

    Keep on sharing!

    Software Kalkulasi Harga Cetak

     
  37. A CHING

    July 22, 2009 at 2:49 am

    saya ingin mencetak undangan dengan printer r230, bisakah menggunakan kertas undangan seperti yang biasa di sablon, maaf jenis kertasnya tidak tahu namanya, saya menggunakan tinta dey, setelah saya coba cetak hasilnya meluber, mohon pencerahannya

     
    • ronitadp

      July 22, 2009 at 2:56 am

      Dear AChing
      Kertasnya ada khusus kalo mau yg sama kayak yg disablon itu….namanya art paper atau art karton tapi yg udah di coating sehingga bisa menerima tinta dengan baik..trimakasih

       
  38. urip harjito

    July 30, 2009 at 9:18 am

    Saya punya, C68, R210, Epson 1290, HP 1280, HP Laser 1320. Yang ke pake cuma laser. Printer lainnya mati suri, hidup ga, mati ga. Salah satu permasalahannya saya lagi cari refil tinta Epson 1290 dengan kartridge imitasi, tiap habis bisa saya suntik. Dan cari Kartridge imitasi Hp1280 + tintanya. Terima kasih.

     
  39. alverto

    September 3, 2009 at 11:52 pm

    nesecito programa RIP para ZhongYE photo PRINT DX 5.0
    como puedo bajar

     
  40. Novita

    September 12, 2009 at 6:55 am

    Saya ingin memneli plotter indoor…
    mohon masukkan dong kira2 merek apa ya yang bagus untuk sekarang ini??
    thx

     
    • ronitadp

      September 14, 2009 at 4:29 pm

      Dear Novita
      Yang bagus untuk yang murah ada HP, EPSON, CANON..untuk kelas diatasnya ada ROLAND, MUTOH, MIMAKI..trimakasih

       
  41. ria lo

    September 17, 2009 at 6:09 am

    Hallo bu/pak,
    saya tertarik untuk buka usaha cetak wedding invitations atau brosur/ poster. kira2 mesin apa yg cocok dan harganya terjangkau ya? saya msh bener2 awam nih.
    thanks ya untuk infonya.

     
  42. abufathiy

    September 19, 2009 at 1:28 am

    pak/bu,mau tanya nih…utk digital print dikaos,pin,gelas peralatannya apa aja ya?dan kira2 budget berapa,ada paketnyakah?

     
  43. nandar

    September 19, 2009 at 7:21 am

    maaf saya butuh informasi, sy di palembang selama ini saya buka usaha sablon spanduk tapi sepertinya sekarang orang sudah banyak beralih ke digital printing. bisa gak minta informasi harga mesin tsb beserta area cetaknya

    terima kasih

     
    • ronitadp

      September 25, 2009 at 1:21 am

      Dear Nandar
      Silakan baca postingan untuk mesin..disana kami ulas semuanya..trimakasih

       
  44. ngurah

    September 23, 2009 at 4:38 am

    saya berniat ingin membeli mesin digital print u usaha. tapi saya masih bingung mau beli merk apa. mohon pencerahannya. thanks…

     
    • ronitadp

      September 25, 2009 at 1:04 am

      Dear Ngurah
      Biar tidak bingung silakan kunjungi atau baca2 semua rtikel kita…nah dari situ nanti anda pasti bisa mulai menyimpulkan tentang printing apa yg paling sesuai dengan keinginan anda..trimakasih

       
  45. Rangga

    October 6, 2009 at 6:00 am

    Maaf saya pengen beli mesin yang bisa cetak dikain katun, kain totoron , dll….
    bisa dijelaskan pakai mesin apa ya…
    yang aku tahu pakai novajet750 cuma pakai bahan kain khusus…
    txs…..

     
    • ronitadp

      October 6, 2009 at 6:15 am

      Dear Rangga
      Printer yang anda maksud itu untuk fashion atau untuk spanduk…budgetnya kira2 berapa ya kalo boleh tahu..nanti jadi saya akan infokan sesuai budget anda,trimakasih

       
  46. lukman

    October 22, 2009 at 9:34 pm

    RONITA!!!!MANA BALASAN EMAILNYA?UDAH 2 BULAN LHO GA DIBALES.APA TIDAK MELAYANI PERTANYAAN?

     
    • ronitadp

      October 23, 2009 at 3:08 am

      Dear Lukman
      Maaf nih pertanyaannya yang mana ya? kita dah cek di pertanyaan2 yg ada di blog kami tidak ada yang dari anda Lukman…dan kalo melalui email kemana emailnya…jadi kita tidak tahu pertanyaan anda apa sampai sekarang…lagian kita tidak mengkhususkan diri UNTUK MENJAWAB KE EMAIL PRIBADI..semua yg ditanyakan oleh pengunjung kami upload dan begitu pula jawaban dari kami sehingga semua bisa membaca untuk dipelajarinya…SEKALI LAGI KAMI TEKANKAN BAHWA JAWABAN DARI RONIta HANYA AKAN DI UPLOAD DI BLOG INI..TIDAK DIKIRIM KE EMAIL PRIBADI AGAR SEMUA BISA MENGAMBIL MANFAATNYA…Selain itu kami juga berhak untuk tidak menampilkan pertanyaan atau jawaban yang menurut kami tidak sesuai…demikian info dari kami semoga bisa dipahami dan dimaklumi…trimakasih

       
  47. aziz

    October 30, 2009 at 1:01 pm

    salam kenal, aku mau usaha cetak foto, cari printer lazer A3 kualitas foto tapi bingung milih merek apa, harga tonernya bagaimana,apa bisa untung, mohon dibantu

     
    • ronitadp

      October 30, 2009 at 2:08 pm

      Dear Aziz
      Kalo mau cetak photo jangan pakai mesin laser..tapi pakailah mesin inkjet aja…trimakasih

       
  48. aly

    November 11, 2009 at 12:42 pm

    mas, tolong dong informasinya tentang mesin digital printing merek paiton, trus harganya berapa ya…trimakasih bantuannya

     
    • ronitadp

      November 11, 2009 at 1:47 pm

      Dear Aly
      Mesin printer paiton kalo ndak salah adalah mesin china..saya terus terang nol mengenai mesin tersebut..saya sering melihatnya di pameran2 printing tapi selalu tidak menarik bagi saya..kalo anda mau membeli mesin china mungkin bisa anda pilih merk seperti myjet…flora..skyjet..witcolor…yg sudah terbukti banyak dipakai di Indonesia…dan vendor2nya juga jelas..tapi sekali lagi saya tekankan bahwa saya tidak tahu pasti akan mesin paiton baik secara mesinnya maupun track record vendornya..trimakasih

       
  49. Ferry

    December 24, 2009 at 4:17 am

    salam kenal pak

    saya Fery ( Jatim )
    saya berencana ingin membuka printing digital di kota saya.dan beberapa hari ini saya sudah coba cari referensi beserta info2 seputar itu
    ada beberapa pertanyaan yang mungkin bapak bisa membantu.
    - Apakah perbedaan jenis mesin Plotter Indoor dan jenis mesin Outdoor..??

    - kemaren saya buka websitenya MYjet, disana ada beberapa jenis mesin dengan seri “K” ( yang sepertinya mungkin jenis INdoor — jenisnya lebih dari 5..) dan seri “X” ( sepertinya jenis mesin plotter Outdoor )
    apakah perbedaannya dengan jenis mesin LC3500,LC4000 ..???
    dan menurut bapak jenis manakah yang lebih bagus..??

    mohon infonya..dan terimakasih banyak pak atas respon dan informasi nya
    Fery.

     
    • ronitadp

      December 24, 2009 at 6:51 am

      Dear Ferry
      - Indoor untuk di dalam ruang (biasanya msih luntur) tapi memiliki resolusi gambar yg sangat bgus…otudoor untuk luar ruang biasanya resolusi lebih rendah dibandingkan mesin indoor tapi dia memiliki ketahanan yg bagus

      - untuk jenis mesin myjet saya kurang paham pak…sebaiknya tanya langsung ke mereka…trimakasih

       
  50. brav

    December 28, 2009 at 1:01 am

    dear pak roni,
    saya ada rencana buka usaha digital printing, mesin apa ya pak yang cocok untuk printing outdoor atau indoor? saya tertarik dengan paket usaha yang 200 juta, cuman teman kerjasama saya ingin beli mesin digital printing merk china, mohon infonya tentang mesin2 bapak?

     
    • ronitadp

      December 28, 2009 at 5:21 am

      Dear Brav
      Untuk mesin-mesin kami adalah mesin2 cetak berkualitas tinggi…dalam artian disini hasil cetakan bagus dan mesinnya sendiri awet…memang saat ini banyak yg membeli mesin china terutama untuk ukuran lebar 3,2m…pada dasarnya tidak ada yg salah tentang itu semua tapi yg perlu diperhatikan adalah kemana bisnis kita akan menuju…jika memang kita mau berbisnis billboard atau cetak yg lebih besar dari ukuran 1,5m maka mesin2 china bisa jadi pilihan…akan tetapi jika kita ingin menuju ke industri digital creativ seperti RONIta maka mesin2 jepang adalah pilihan utama karena mesin2 ini memiliki hasil dan kekuatan yg lebih di bandingkan mesin china…

      Untuk lebih jelas silakan bapak baca lebih lanjut di : http://www.ronita-dp.com/paket-usaha-digital-printing-plus.html

       
  51. Ferry

    December 28, 2009 at 5:35 am

    Dear Bpk Roni.
    saya denger dari temen saya kalau “untuk tinta outdoor plotter bisa dipakai di mesin indoor plotter untuk memaximalkan hasil printing,disisi lain juga mengehmat biaya pembelian mesin outdoor ”
    apakah benar hal tersbut pak..???

    terimaksih informasinya.
    fery

     
    • ronitadp

      December 28, 2009 at 6:30 am

      Dear Ferry
      Sepertinya yg anda dengar salah..kalo memang ada suruh buktikan dulu…maksudnya printer indoor dia yg diisi dengan tinta outdoor…tinta jenis outdoor saat ini yg ada adalah SOLVENT, ECOSOLVENT dan UV…tinta solvent dan ecosolvent bersifat sangat keras..bahkan jika kena plastik (semisal body printer yg terbuat dari plastik) dia akan meleleh…nah untuk printhead2 mesin printer indoor masih menggunakan plastik standar atau bukan plastik yg tahan terhadap solvent…jadi bisa dibayangkan apa yg terjadi jika printer indoor anda akan diberi tinta Solvent atau ecosolvent..pasti rusak….RONIta sendiri sudah pernah mencobanya dan memang akhirnya tinta tidak keluar setelah beberapa menit…

      Untuk tinta UV outdoor biasanya memerlukan pengering khusus yaitu lampu UV..sekarang apakah ada printer indoor yg sudah dilengkapi lampu UV? selain itu harga tinta ini masih mahal sekitar 85rb/m2….

      Demikian penjelasan dari kami…trimakasih

       
  52. bambam

    December 31, 2009 at 4:50 pm

    saya mau tanya pak ,, rada rada minat ke print and cut CRAFTROBO , ,, apa type itu bisa print , misalkan print gambar atau hanya mesin cutting saja ,, kalo bisa ngeprint apa tintanya bisa di infus seperti printer kebanyakan,

    kalo mesin pres mug apa kertas transfer yang digunakan nya kertas transfer paper khusus atau kertas inkjet paper ,,

    kalo transfer cetakan ke kaos, apa tepian dari gambar nya harus di rapikan / di potong dulu ,, atau A4 langsung di press ,, pernah coba pake setrika listrik biasa , hasil pres dari kertas transfer yang tidak ke print ,dikaos jadinya jelek seperti ada bercak2 noda gitu,

    rekomendasi printer yang bagus untuk tinta sublim apa ya pak , yang murah ,, T20 apa bagus , berapa jual 1 set modul infus + 4 botol tinta sublim buat printer T11 atau T20

     
    • ronitadp

      December 31, 2009 at 5:21 pm

      Dear Bambam
      Craftrobo adalah mesin cutting bukan mesin print..maksudnya print & cut dalam mesin ini adalah dia bisa memotong gambar hasil cetak di mesin printer apapun sesuai dengan polanya…misal kita punya gambar mobil yg kita cetak di printer dekstop…nah jika kita ingin mobil tersebut terpotong sesuai polanya maka kita tinggal memasukkan gambar tersebut ke robo dan dia akan memotong sesuai pola yg sudah kita tentukan…

      Ke mug sebaiknya menggunakan kertas transfer paper untuk mug…ini untuk menghasilkan cetakan paling bagus

      Untuk cetak kaos sebaiknya memang dipotong sesuai polanya..agar gambar tidak monoton nge-blok saja

      Printer epson rata2 bagus untuk tinta sublim

      Trimakasih

       
  53. bambam

    January 1, 2010 at 5:47 pm

    saya berterima kasih sekali karena adanya potingan ttg digital sablon ini ,, banyak sekali membantu saya pak yang newbi banget dalam hal ini ,,
    ada yang saya tanyakan lagi pak ,,

    1. katanya press kaos harus di bahan yang polyster gitu yah ,, kalo di katun katanya cepat pudar gambarnya ?

    2.kalo katun combad 20 / 30 , artinya apa pak ?

    3. kalo Tc / Pe itu jenis apa ?

    terima kasih atas bantuannya

     
    • ronitadp

      January 5, 2010 at 7:18 pm

      Dear Bambam
      1. Tidak benar komentar seperti itu…silakan cek di http://oblongdigital.wordpress.com
      2. Maksudnya kombed tersebut rajutannya, utk angka 20 maka kombednya akan lebih tebal dibandingkan kombed 30
      3. itu jenis bahan kaos
      trimakasih

       
  54. jhony

    January 19, 2010 at 6:01 am

    Mas, saya masih pemula untuk digital printing. saya sudah memiliki MS. Photo copy Canon 2 unit, Press Mug, Press Piring,Press Tsert, Computer 4 unit dan usaha sudah berjalan sekitar 10 tahun rencana saya mau mengembangkan bidang jasa digital printing indoor. modal investasi Rp.25.000.000 saya lihat di satu situs ada yang jual Indoor Novajet 750 dengan harga Rp.17 juta.
    pertanyaan:
    1. Tolong dong review Novajet 750
    2. dengan punya Novajet 750 layanan apa yang bisa saya layani
    3. ada tidak Mesin digitalprinting Indoor selain Novajet yang harga terjangkau dengan modal saya.
    terima kasih. tolong mas soalnya saya masih cukup bingung

     
    • ronitadp

      January 19, 2010 at 9:54 am

      Dear Jhony
      Sepertinya saya sudah ada ulasan tentang mesin novajet 750 pak…trimakasih

       
  55. syafri

    January 26, 2010 at 6:09 pm

    Dear ronitadp
    saya baru mau coba nih, tetapi apa yang saya bis perbuat dengan modal yang cuma 25jt untuk bisnis cetak di T-shirt dan lainnya? mohon advis dan petunjuknya.

    syafri
    sorong, papua barat

     
    • ronitadp

      January 27, 2010 at 12:19 am

      Dear Syafri
      25 jt merupakan modal yang cukup jika mau bisnis sablon digital…anda tinggal beli mesin cutting seharga 6jt (robo) atau 19jt (ce5000-60)…trus beli mesin press 7,5jt (uk 40x50cm) dan beli bahan-bahan….dengan mesin tersebut anda bisa melayani cutting sticker, pembuatan plat nomer mobil/motor, kaos digital berbasis flock atau flex…jadi saya pikir tidak masalah…karena inti dari usaha itu bukan modal tapi diri kita..sejauh mana kita bisa membuat modal tersebut berguna…trimakasih

       
  56. pramudiyanto

    February 7, 2010 at 11:07 pm

    dear ronitadp

    saya mahasiswa jurusan desain komunikasi visual..
    saya mau buka usaha kecil – kecilan nih..
    baru untuk antar teman aja..

    saya mau tanya dong ada ga printer cetak a3 tapi pake kertas art paper / art carton??
    soalnya kebanyakan tugas saya menggunakan art peper / art carton.
    harganya berapa??

    maav jika pertanyaan saya merepotkan..
    trimakasih sebelumnya..

     
  57. Imbon Satriadi

    February 11, 2010 at 6:47 am

    Saya purchasing di salah satu digital printing di daerah jakarta pusat mau cari tinta UV Flet Bed, mohon bantuannya. Terima kasih sebelumnya.

    Hormat saya,

    Yadi

     
    • ronitadp

      February 11, 2010 at 3:41 pm

      Dear Imbon
      Kita tidak ada tinta UV..makasih

       
  58. andry

    February 27, 2010 at 1:39 pm

    mas rony ybh, saya mau tanya & ingin memulai usaha digital printing dengan modal min 30 – 40 juta … . bisa tidak dengan budget segitu dapat mesin indoor / plotter …. terima kasih

     
    • ronitadp

      February 27, 2010 at 4:33 pm

      dear andry
      mulai dgn layanan print indoor n cutting sticker saja dulu…nanti klo modal dah tambah beli msn yg lbh canggih,makasih

       
  59. zakariya

    March 5, 2010 at 2:38 pm

    pak mohon penjelasannya cara pengoperasiaanya mesin press digital sablon. saya baru saja beli sudah coba praktek sendiri cara sablon tetapi hasilnya kurang optimal, mohon penjelasannya

     
    • ronitadp

      March 5, 2010 at 4:29 pm

      Dear Zakariya
      Sablon digital bukan sekedar mesin press pak..silakan pelajari di http://www.oblongdigital.wordpress.com

       
      • budi

        May 7, 2010 at 10:40 am

        salam kenal , saya mau tanya pd pak ronita, ,maf saya masih awam di dunia printing ,untuk mencetak stiker, mesin yang baik digunakan apa yaa pak..?,.trus berapa kira2 harganya,? jenis bahan apa saja yang support ? mohon bimbingan-nya , terima kasih.

         
  60. mers

    March 17, 2010 at 8:39 am

    saya ingin mencetak ebook. mesin apa yang saya butuhkan? dan berapa harganya? Saya gunakan untuk kalangan sendiri.

     
  61. sony sutisna

    April 3, 2010 at 10:57 am

    saya tertarik usaha di bidang digital printing,
    apa bedanya printing outdoor sama printing indoor.
    untuk printing outdoor mesin apa saja yang dibutuhkan dan sebaiknya dari merek apa aja. budget saya sekitar 250jt an.
    trims infonya.

     
  62. pak ketut

    April 27, 2010 at 11:51 am

    saya sudah penya foto copy ingin tambahan untuk f.copy colournya yang digital print, jenis pekerjaan yang akan diterima jelas berhubungan dengan foto copy mohon pandangan dan tanggapannya mesin foto copy warna apa yang cocok

     
  63. salman muaziz

    May 9, 2010 at 7:53 pm

    mas…saya mau beli mesin cetak digital printing…dmn saya bisa beli’a???apa mas roni pny brang yg mu djual???seklian nnti saya juga mau beli mesin2 cetak sablon yg lain…saya brminat untuk membuka usha sablon d jkrta timur…rawasari.terima kasih sebelum dan sesudahnya…hrap bls secepat’a…trims…

     
  64. Miftahul huda

    June 11, 2010 at 12:20 pm

    Saa baru ingin usaha dibidang cetak mencetak, khususnya digital printing, kira2 yg jenis usaha sedang2 saja berapa modal yg harus saya siapkan dan alat apa saja yg diperlukan.
    Terimakasih.
    Mifahul Huda

     
  65. rhu dhi

    June 19, 2010 at 7:03 pm

    mas….saya operator digital printing.saya mau nanyak ,gimana caranya menyetak yang baik……….?????

     
  66. angga

    July 4, 2010 at 9:55 am

    mas saya mau beli mesin out door tp masih bingung sama yg cina juga made in jerman….kira2 ada ga yang mau ngejual made in jerman yg murahan kira2ya brpa budget ya…trus klu yg cina brpa….?pokonya yg aga bandel mesin nya tp murah ok thank…..bls secepatnya penting

     
  67. ronitadp

    July 4, 2010 at 10:11 am

    Dear angga
    Untuk mesin outdoor jerman atau usa memang mahal2..lagian saya sangsi ada yg mau jual murah utk produk2 tersebut krn memamng dari sono nya dah mahal
    Kalo outdoor mending beli saja mesin china dengan teknologi jepang seperti myjet,witcolor atau flora..

     
  68. cecep budi

    July 8, 2010 at 3:10 am

    Yth pak Roni,
    Saya mau tanya pak. tentang ukuran lebar mesin printing MUTOH yang baru beserta harganya.
    cara pemesannya bagai mana?
    dan bagai mana perawatan sama sparepart mesinnya mudah gx?
    bahan bakunya sedia gx?

     
    • ronitadp

      July 9, 2010 at 11:22 am

      Dear cecep Budi
      Silakan hubungi marketing kami di 021-93258116

       
  69. Alimudin

    July 13, 2010 at 5:58 am

    sy mo tnya saat ini sy bekrja digital printing sudah 3tahun tp saya bosan pengen usaha sendiri tp terbatas modal apa solusiny?ma ksh.

     
  70. dayat

    July 21, 2010 at 2:55 am

    dear ronita
    sy punya novajet 750 masalahnya skrg adalah mesinnya tiba2 mati, trus sy coba dengan konek lngsg dari power supply yg 24V utk facum #1 – facum #2 dan relnya ternyata masih jalan, sy mohon penjelasan dan pengajaran dari bapak, karena mungkin menurut sy jangan2 mainboardnya yg matot (mati total) terima kasih

     
    • ronitadp

      July 22, 2010 at 3:29 am

      Dear dayat
      saya tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang mesin novajet 750…tapi kalo melihat secara umum sebuah mesin maka sangat wajar jika kita mencurigai bahwa memang motherboardnya yang mati….demikian yang bisa asya bantu dan terimakasih

       
  71. Ubaid

    August 5, 2010 at 3:33 am

    mau nanya mas, berapa kira2 harga printer gong zheng berhead xaar 128/360, head 8/16, lebar 3.2. Apa kelemahannya mas. terima kasih banyak atas penjelasannya

     
  72. Farras

    August 19, 2010 at 6:31 pm

    Mas,aq mau nanya,
    Printer untuk print stiker motor tu merk ap ya?
    Trus kira2 harga brapaan?
    Mohon sarannya,..
    Karna mash awam ne…
    Thanx..

     
  73. adiguna

    August 24, 2010 at 5:48 am

    misi mas, mau tanya ni, saya mau jual Jual Printer Digital Merek DuPont Cromalin AQ ex3400ar, kira2 kl mau nawarin barang2 seperti itu di mana ya ? soalnya kata orang bisa 100jt an ke atas, kl ane mw lepas murah aja si
    Thankx nih

     
  74. Febry

    August 31, 2010 at 6:44 am

    Dear Ronita,

    Saya mau tanya mengenai direct to garment printing. Apakah Ronita punya paket seprti itu?

    saya ingin memulai usaha sablon kaos digital, mohon informasinya

    thanks
    febry

     
  75. Welson

    September 21, 2010 at 6:48 am

    Ronita saya dari jawa timur, mau buka usaha digital printing dengan mesin konica minolta bizhub pro C6500 & Epson Stylus Pro 9880..Berapa kira – kira modal yang diperlukan? untuk konica minolta bizhub pro C6500 biasanya berapa perkiraan modal untuk tinta yang diperlukan per lembar Art Paper A3? Terus yang juga mau saya tanyakan apa beda konica minolta bizhub C6500 dan konica minolta bizhub pro C6500? Budget saya sekitar 150 jt..
    thanks

     
    • ronitadp

      September 22, 2010 at 8:18 am

      Dear Pak Welson
      Untuk konica minolta bisa langsung menghubungi mereka pak..karena kita menggunakan mesin fujixerox jadi tidak tahu pasti performance mesin tersebut..trimakasih

       
  76. zoe

    September 21, 2010 at 12:21 pm

    mas sy mau buak digital printingg mug keramik sy mau nayan kalo harga mesin press/cetak buat mug hargaanya brapa?
    dan saya mau kalo mesin press bwt mug bisa bwt cetak gambar di termos air minum anak2. dan kalo m beli alatnya di bandung ada g? thx

     
    • ronitadp

      September 22, 2010 at 9:29 am

      Dear Zoe
      untuk yg keramik kita belum main…

       
  77. lena

    October 3, 2010 at 1:06 am

    assalamu’ailaikum ronita, mas sy ada buka usaha kecil2an dg mnerima pesanan undangan, tapi undangan yg sy buat msih terbatas modelnya krn sy masih memakai printer EPSON R230, saya ada niat mau mmperbanyak model undangan, spt undangan yg memakai karton tebal yg pake tinta emas kisaran hrg undangannya rata2 di atas Rp.4000, pernah ada yg ingin order spt itu tp sya tolak krn kmampuan printernya tidak bisa. yang mau saya tanyakan, klo mau bkin undangan yg mmakai bahan karton tebal , itu printer/mesin apa yg cocok n brp pula kisaran hrganya….trimakasih sblumnya, wassalam

     
    • ronitadp

      October 3, 2010 at 5:13 am

      Dear Lena
      Paling cocok coba pakai mesin laser…cuman laser investasinya mahal..kalo ndak coba di makloon aja ke tempat lain dulu..trimakasih

       
  78. nyoman

    October 29, 2010 at 3:08 pm

    mas mau nanya berapa modal yang diperluain kalau mw buat bisnis printing indoor(krtu undngn, ID card, poster n stiker), n gmna cara memulai bisnis printing dari awal…terima kasih…

     
  79. andin kusuma

    October 30, 2010 at 12:35 pm

    Saya tertarik mau membuka usaha printing, cuma saya belum terlalu mengerti tentang bisnis digital printing ini. ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan
    apakah usaha digital printing ini masih menguntungkan ?
    apakah bedanya uv ink printing, water based, dan solvent based ink ?

    terima kasih yah, ditunggu jawabannya.
    Thanks
    andin

     
  80. eko

    November 2, 2010 at 10:46 am

    mas maap saya mau menanggapi artikel mas diatas.
    kalau menurut saya belum tentu mesin nova jet kurang bagus.karena saya juga menggunakan mesin sejenis nova jet yaitu juga dari cina namun katridnya saya modif dengan katrit jepang…hasilnya tetep bagus kok mas.kan kalu kita kita baru membuka usaha langsung menggunakan produk yang bagus itu kita bakalan rugi.karena hampir tiap bulan menggalami pembaharuan mulai dari fitur sampai segala macam.jadi kalau kitra tidak au date kita akan kalah bersaing…

     
    • Agoes B Palguna

      October 27, 2013 at 4:37 pm

      NovaJet 750 tdk separah revew yg diatas … mesin itu sangat bandel dan low cost operasional, saya juga pakai mesin tsb yg kebanyakan untuk urusan print fotografi ! saya beli mesin tersebut karena kecewa terhadap tempat dimana saya berlangganan ngeprint sering rusak mesinnya. Mereka pakai mesin baru / gress Jepang merek Mimaki , sekali rusak perlu waktu berminggu2 untuk diperbaiki ( karena alasan sparepart dan teknisi……..akhirnya saya pelajari itu mesin Novajet 750 dg download filenya dari situs encad kodak…..setelah itu saya berangkat ke jakarta untuk beli mesin tersebut dan sekaligus minta training maintenancenya kira2 selama 8 hari…..Rahasia mesin tersebut ada di ” Cartridnya ” ! jujur ! mesin yg dikatakan sangat megecewakan itu sudah banyak menghasilkan uang ,…yg penting , jangan pakai Cartridge sembarangan….!

       
      • ronitadp

        October 28, 2013 at 1:10 am

        Dear Agoes

        Salut mas udah bisa menggunakan novajet dengan baik….dalam artikel di atas review tentu dari kami dulu saat masih awal banget mesin ini keluar sehingga untuk urusan sparepart masih susah dan memang ketika beberapa bulan atau sekarang saya melihat mesin novajet sudah banyak mengalami kemajuan terutama untuk generasi yang terbaru2

        jadi sekali lagi semua adalah pilihan dan kalo saya pribadi waktu itu mungkin tidak berjodoh dengan mesin tersebut

        Sekali salut buat mas agoes dan semoga sukses terus dengan novajet 750 nya

        makasih

         
  81. myprayitno80

    November 2, 2010 at 1:16 pm

    singkat saja, sebelumnya mohon maaf, saya hanya ingin komen tentang mesin nova jet, menurut pengalaman saya sudah hampir 2 tahun memakai mesin ini, tidak sejelek yang anda sampaikan, pengoperasiannya juga tidak repot, hasilnya juga lumayan sebanding dengan harganya, kami memakai novajet 750, kesimpulan saya kualitas cetaknya cukup baik, ya kalau dibandingkan kelas epson dan hp, tidak seimbang lah, harganya aja beda hampir 2 sampai 3 kali lipat, kami juga memakai epson large format. untuk nova jet yang paling penting adalah perawatan, cartridge harus dalam kondisi bersih, dan sering dibersihkn, kemudian penggarisnya juga harus sering dibersihkan, roda-roda harus dikontrol dan dilumasi, kami mencetak sampai 11 m dengan media kain kanvas ok, ok saja, ya kalau di tengah2 ada tinta macet itu wajar, tapi tidak sesering yang anda bicarakan, sekarang kami bahkan memiliki 3 buah mesin ini, disamping mesin epson, rowe, dan infinity. untuk hasil optimal software yang anda harus gunakan adalah maintop, jika anda memakai software di luar itu, hasilnya akan tidak memuaskan. Demikian semoga bermanfaat…

     
    • ronitadp

      November 3, 2010 at 7:54 am

      Dear mypryitno
      Untuk mesin novajet saya sudah ndak mau komen banyak..itu adalah penglaman saya di tahun 2006, dimana mesin novajet masih pertama kali keluar..waktu itu juga belum banyak yg tahu atau memakainya…kalo sekarang saya lihat mesin novajet sudah mengalami beberapa perbaikan terutama di sistem pompa dan catridnya…dan mungkin mesin yg sekarang lebih awet dibanding generasi yg saya beli dulu..
      Berikut saya cuplik komentar orang yg baru saja beli novajet dalam bulan ini “bos saya baru beli nove jet 750 baru nyampe tinta gak keluar.. trus beli lagi tinta yang lebih mahal skr hasilnya lumayan pasbnobain ngeprint 5 meteran tinta magenta tidak keluar… pertanyaan saya adalah bagaimana cara benerin tinta yang gak keluar dari catridge nya..
      masa harus beli baru terus.. padahal belum sebulan saya pake… trims

      Saya tidak tahu dia beli dimana dan tipe apa….
      Ya sebenarnya bagi saya bebas saja mau beli mesin apa karena pada dasarnya adalah kitanya..mesin roland yang canggih pun kalo yg makai ndak kreatif juga akan biasa saja….
      Sekali lagi silakan memakai mesin apa saja sesuai dengan keinginan anda..karena semua resiko dan kelebihan mesin itu akan jadi milik anda sepenuhnya..trimakasih

       
  82. ophi

    November 9, 2010 at 8:06 am

    Dear RONITa
    Saya mau minta petunjuknya pak tentang kelebihan dan kekurangan Mesin Digital Printing Flora LJ 320P, dan menurut bapak mesin outdoor buatan china sekarang yg bisa bersaing dalam kualitas, harga produksi, daya tahan dan kemudahan dalam mengoperasikannya merk apa? soalnya dalam waktu dekat ini sy ingin buka usaha Digital Printing dimana sebelumnya sy bekrja pada perusahaan percetakan & Digital Printing, trima kasih.

     
    • ronitadp

      November 9, 2010 at 8:24 am

      Dear Ophi
      Mesin Flora juga bagus tapi terus terang kalo mesin-mesin outdoor saya tidak terlalu paham karena saya belum pernah memiliki sendiri..trimakasih

       
  83. M.Habibi

    January 6, 2011 at 3:36 pm

    Pak, kl HP yg harganya di kisaran puluhan juta ada gak?Mhn info
    Tks

     
    • ronitadp

      January 7, 2011 at 5:10 am

      Dear M Habibi
      HP ada yg di harga 20jt an…trimakasih

       
      • HENDRA FAHRIZAL

        March 15, 2011 at 6:00 am

        salam kenal mas….
        mas.. mesin yang cocok untuk usaha cetak undangan dengan anggaran dana 50 jt an apa ya mas… salam

         
      • ronitadp

        March 16, 2011 at 2:59 am

        Dear Hendra
        Kalo dengan budget segitu utk cetak undangan
        1. metode konvensional atau cetak bisa membeli mesin toko atau gestener atau hamada
        2. metode digital bisa fujixerox 2255 atau 4350
        trimakasih

         
  84. randy

    May 7, 2011 at 4:01 am

    Mau nanya nih…kalo mau buka usaha digital printing indoor outdoor dengan bujet 100-150jt ada saran pake mesin apa yang cukup layak?kemudian untuk pemakaian listrik perbulannya kira2 sampe berapa ya utk mesinnya aja…makasih

     
  85. Mas tarno

    June 12, 2011 at 2:57 am

    Saya mau sharing tentang printer novajet 750. Seperti diulas oleh Ronita sebelumnya, mesin ini benar2 sangat rewel. Layanan purna jual pun gak jelas. Semua serba jebakan dan duit. Bahkan kehilangan driver saja untuk minta lagi harus bayar 150 ribu. Jangan beli Novajet 750….

     
    • ronitadp

      June 12, 2011 at 11:58 pm

      Dear Mas tarno
      Begitulah NOVAJET 750….teliti sebelum membeli daripada sesal kemudian

       
  86. Mas tarno

    June 18, 2011 at 3:12 am

    Yang saya bingung…mau saya apakan novajet saya. Buat printing kain harus dicoating dulu. Kalo beli yang udah jadi, harga gak masuk. Akan kalah ama yang punya mesin flexy

     
    • ronitadp

      June 18, 2011 at 5:05 am

      Dear Mas Tarno
      Kalo saran saya dijual aja trus beliin yg lebih bagus pak…makasih

       
  87. Khairian Wira Yatno

    July 18, 2011 at 8:57 am

    mas,mau tanya toko yg jual mesin digital printing yang bisa cetak banner, baliho atau spanduk mas..????

     
  88. John Putra

    November 17, 2011 at 8:39 am

    Maaf mas,saya adalah pengguna printer skyjet mau nnya,printer saya head cyan nya gak bsa ngeluarin tinta kalo lgi dijlankn atau dicek juga gak keluar,tolong dong mas solusinya,msinnya udah 2 tahun lebih dipke,udah pernah gnti head bbrpa x tpi skrg dgntipn mshbgtu,awalnya mau stlah 2-3 hari atau kadan lebih cepat rusak lagi head yang barunya…

     
  89. John Putra

    November 17, 2011 at 8:41 am

    saya john putra mas kalo ada solusinya tolong kirimin ke email saya ya mas? makasih..
    email: johnputra19@yahoo.co.id

     
  90. Jasa Order

    January 26, 2012 at 1:08 pm

    This is a place for excellent inspiration, your blog is really interesting..thanks for that post it was really really awesome… :)

     
  91. menggolo

    May 23, 2012 at 1:22 pm

    namanya sudah terlanjur, benar kata bank roni, saya punya novajet 750 yang saya beli 2 tahun yang lalu, novajet memang rosokan. masalahnya apakah ada solusi untuk menggunakan mesin ini dengan kemungkinan-kemungkinan untuk di modevikasi. atau kalo tidak ada solusi apa dibakar sekalian aja ya. terimakasih

     
    • ronitadp

      May 27, 2012 at 5:13 am

      Dear menggolo
      kalo saya dulu solusinya saya jual tapi saya jual ke vendor lagi…

       
  92. crisnaoperatordp

    May 27, 2012 at 6:12 am

    mas mau tanya ni. gimana cara aligment head large printer type gongzheng trima kasih.

     
    • ronitadp

      May 27, 2012 at 6:28 am

      Dear crisna
      saya tidak paham mbak karena sudah tidak pernah megang mesin2 besar lagi..trimakasih

       
  93. Achmad SuryantoAchmad Suryanto

    June 27, 2012 at 10:11 am

    Mau tanya bos, mencetak undangan skala kecil cocoknya pakai print merek dan jenis apa ya mohon infonya ke Email : achmadsuryanto23@yahoo.co.id

     
    • ronitadp

      June 27, 2012 at 6:35 pm

      Dear Achmad
      pakai aja mesin epson diinfus dengan tinta artpaper…bisa dijumpai banyak penjualnya di kota-kota besar seperti jakarta,surabaya,bandung,palembang,makasar dan sebagainya..trimakasih

       
  94. hendra

    June 28, 2012 at 1:17 pm

    klo untuk krtas ivory untuk undangan pernikah yg bagus printer apa ya gann?

     
    • ronitadp

      June 28, 2012 at 4:35 pm

      Dear hendra
      pakai mesin laser gan

       
  95. Rafly

    July 4, 2012 at 7:29 am

    Dear Ronita,
    Mau tanya klo kursus digital printing di Surabaya di mana? Berapa besar biaya untuk usaha digital printing dan apa aja kelengkapannya? Maaf, saya awam. Trims.

     
  96. bimbel

    December 21, 2012 at 5:00 pm

    Fantastic website. Plenty of helpful info here. I’m sending it to a few pals ans also sharing in delicious. And naturally, thank you for your sweat!

     
    • ronitadp

      December 22, 2012 at 9:25 pm

      dear bimbel..

      thanks pal…

       
  97. eko

    January 21, 2013 at 10:52 am

    kalau ntuk service mesin besar kira2 di ronita sendiri bisa ga atau blh informasinya untuk tempat service mesin2 besar untuk ukuran 5 meter

     
    • ronitadp

      January 22, 2013 at 1:34 am

      Dear Eko
      Untuk mesin2 besar kami belum punya layanan service nya..makasij

       
  98. darijogja

    July 23, 2013 at 9:55 pm

    selamat pagi/siang/sore/malam….
    pak, saya tertarik dengan mesin pemotong/cutting/engraving bahan acrylic, kayu, dll
    itu harga yang paling murah kisaran di berapa ya?
    dah cari-2 info di internet yang ada cuma “call” aja..hhehe
    makasih sebelumnya……..

     
    • ronitadp

      July 24, 2013 at 2:22 am

      dari jogja
      kalo untuk gravir seperti yg kita tampilin di kisaran 350jt gan

       
  99. baim

    October 8, 2013 at 4:42 am

    Salam. Saya punya printer brother yang hanya bisa untuk cetak ukuran A3, sehubungan dengan pekerjaan saya, untuk menggambar/mencetak ukuran A0 apakah ada printer yang bisa mencetak untuk ukuran tersebut? mohon informasi dan terimakasih.

     
    • ronitadp

      October 14, 2013 at 12:19 am

      dear baim
      printer ukuran A0 banyak pak..bisa pakai HP, Canon atau yg kelas laser seperti canon dan fujixerox banyak sekali

       
  100. jey

    October 12, 2013 at 8:38 am

    siang Pak Roni.
    mau tanya pak. kalo saya mau beli mesin print yang bisa print di bahan vinyl elastis seperti ritrama/3m atau sejenisnya dengan lebar cetak 60cm/24inch atau sejenisnya dengan harga di bawah 30jt apa pak ya???
    trims jawabannya.

     
    • ronitadp

      October 14, 2013 at 12:14 am

      dear jey
      sepertinya susah mencari printer dengan kriterria yg bapak berikan..trimakasih

       
  101. said

    October 25, 2013 at 9:39 pm

    selamat pagi pak roni..saya berencana buka usaha percetakan sticker dan sablon kaos..saya bingung pilih print digital vinyil atau print digital large format untuk percetakan sticker..dan untuk sablon kaos saya binung antara antara mesin DTG ato sablon transfer paper..tolong dijelaskan perbandingan alat tersebut serta kekurangan dan kelebihannya…TERIMA KASIH

     
  102. rizal

    November 19, 2013 at 1:47 pm

    saya minta saran dan pendapat tentang mesin ecosolvent cina Astarjet, apa ada yang perna menggunakan mesin ini dan bagaimana cara perawatan, mohon pencerahan,

     
  103. irpan

    February 4, 2014 at 1:35 pm

    boleh minta daftar harganya ?

     
  104. irawan

    February 28, 2014 at 5:21 pm

    saya memiliki usaha sarung bantal dari bahan sprei (CVC). Ukuran kurang lebih A4 cukup. Kira-kira mesin printing digital apa yang cocok dengan harga terjangkau?

     
    • ronita digital printing

      March 2, 2014 at 11:19 pm

      dear irawan
      kalo untuk bahan katun kita belum terlalu paham juga mesin apa yang cocok pak tapi kalo misal bahan selain katun biasanya menggunakan sistem sublimasi

       
  105. Nielsen

    March 2, 2014 at 5:31 pm

    Pak saya baru mau buka usaha digital printing. Saya mau cetak stiker vynil (oracal, 3M, dll) dan banner indoor. Mesin apa yg ukuran media cetak diatas 1m, dan harga nya sekitar 20-30jt? Saya cari yg second saja supaya sesuai budget

    Trims

     
    • ronita digital printing

      March 2, 2014 at 11:17 pm

      dear nielsen
      kalo untuk cetak sticker sekelas 3M Oracal dan sebagainya tidak ada mesin yang seharga 20-30jt karena untuk bahan-bahan tersebut membutuhkan mesin dengan tinta ecosolvent yang rata2 di harga 70-250jt mulai dari yg second maupun baru
      sedangkan mesin2 di harga 50jt ke bawah umumnya untuk sticker biasa atau indoor tapi bukan sekelsa 3M atau oracal karena sticker 3M dan oracal adalah sticker2 outdoor

      trimakasih

       
  106. ratono

    March 8, 2014 at 11:59 pm

    mas brow… sya numpang tanya
    jenis mesin yang cocok untuk mencetak gambar ke karung plastik ukuran 50cm X 110cm. klo pakai mesin printer jenis priner apa yang cocok dan harganya berapa

     
    • ronita digital printing

      March 12, 2014 at 11:39 pm

      dear ratono
      pakai mesin sablon kalo itu pak, makasih

       
  107. gori

    March 13, 2014 at 4:51 pm

    pak roni..
    saya baru memulai usaha digital printing, untuk cetak brosur, kartu nama, sticker chromo, vinyl, transparant. untuk cetak tsb apa bisa dengan menggunakan mesin docu print c 5005 d, karena saya pemula, lebih baik saya menggunakan mesin apa? apa pak roni ada jual mesinnya?

    Terima kasih

     
  108. Rifan Oktaviansyah

    April 14, 2014 at 2:56 pm

    selamat malam bpk/ibuk ronita.. saya berencana membuka usaha digital printing outdoor sampai indoor.. modal yang saya punya kurang lebih 500jt..tapi saya masih belum mengerti tahapan awal dalam membuka usaha tersebut.. dari mesin mesin cetak yang saya perlukan sampai mesin cetak yang bagus serta bahan baku.. saya boleh minta nomor yang bisa saya hubungi nggak? sya rasa via telpon lebih baik.. terima kasih.. mohon dibalas

     
    • ronita digital printing

      April 15, 2014 at 3:00 am

      dear rifan
      500jt saya rasa modal yang lebih dari cukup untuk membuka usaha digital printing, memang harus milih mesin2 yang cocok agar bisa fokus

      tapi sayangnya RONIta sekarang sudah tidak jualan mesin, cuman kalo berminat kita ada beberapa mesin second yang akan kami lepas, mungkin bisa hubungi pak irfan di 02198705896

      makasih

       
  109. Rifan Oktaviansyah

    April 17, 2014 at 10:45 am

    hmm.. saya rada ragu mas kalo mau ambil mesin second.. saya nanya aj deh kalo gitu. saya mau minta refrensi tempat pelatihan advertising bisa nggak mas..? dan kira2 berapa biaya pelatihan atau kursus memulai usaha advertising nya.. mungkin mas ada pin BB atau media chat lain selain disini.. soalnya disini agak ribet.. makasih sebelumnya mas

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 358 other followers

%d bloggers like this: