RSS

MENGENAL BEBERAPA KOMPONEN UTAMA MESIN CETAK DIGITAL / DIGITAL PRINTING

19 Aug

Membeli mesin plotter atau large format printer memerlukan kejelian khusus karena apabila kita salah memilih maka bukan nikmat yang kita dapat akan tetapi kerepotan yang kadang membuat kita bisa keluar uang lebih besar lagi. Untuk itu dalam postingan ini saya ingin sedikit berbagi informasi beberapa komponen utama mesin cetak digital format besar, bagi pembaca yang ingin menambahkan atau berbagi ilmu di blog RONIta ini sangat kami persilakan karena blog ini memang ditujukan untuk berbagi informasi.

 

Komponen utama mesin cetak digital :

  1. Printhead atau kepala cetak adalah komponen  paling utama yang bertugas untuk menyemprotkan tinta ke media cetak. Semakin tinggi resolusi dari printhead maka semakin bagus hasil cetakannya. Saat ini printhead yang umum dipakai adalah merk XAAR, epson, seiko, dll. Mesin-mesin china yang beredar di indonesia kebanyakan memakai printhead Xaar walau akhir-akhir ini sudah banyak yang memakai seiko (Seiko lebih bagus dibandingkan Xaar). Apabila anda ingin melihat kualitas semprotan printhead suatu mesin sebenarnya gampang yaitu anda tinggal minta alat tersebut untuk mencetak 4 warna dasar yaitu CMYK secara full blok (jangan meminta full color karena hal ini akan menipu anda). Apabila hasil dari cetak blok 4 warna tersebut bagus (beri perhatian khusus pada warna yellow dan magenta) dalam artian yellow benar yellow (tidak ada bintik-bintik hitam) maka printhead tersebut memiliki kualitas yang bagus. Setahu saya printhead Xaar tidak mampu melakukan ini karena akan selalu timbul bintik2 hitam pada warna yellow ataupun magenta ketika kita print 100%. Jadi sebenarnya tidak susah kan menge-tesnya, kalo warna dasar dia bagus dapat dipastikan untuk warna campuran pasti bagus karena logikanya kalo dasarnya jelek mana mungkin dia bisa mengerjakan yang lebih rumit (betul kan?!!) karena pada umumnya penjual mesin hanya menonjolkan warna-warna campuran agar hal ini tidak terlihat. Oh iya, jangan lupa memasukkan penyusutan printhead kedalam harga jual karena alat ini pada akhirnya pasti rusak dan perlu diganti karena harganya yang mahal maka perlu diperhitungkan juga. Selain itu agar tidak pusing pastikan anda memiliki sistem listrik yang baik karena printhead juga bisa jebol gara-gara naik turunnya listrik.
  2. Catridge atau tempat tinta, komponen ini adalah tempat tinta ditampung. Biasanya diletakkan di bagian kanan atau kiri dari mesin sebelah belakang. Tidak ada yang istimewa dari komponen ini kecuali anda perlu perhatikan chip dan bahan dari catridge itu kuar. Sekali lagi yang perlu anda perhatikan adalah chipnya karena biasanya catridge yang dipasang mesin cetak digital di Indonesia adalah sistem bulk ink yang apabila chip tidak cocok maka akan bisa eror mesinnya. Hal ini bisa terjadi bisa di mesin HP 500 plus, HP 130 dan konco-konconya.
  3. Mainboard, seperti komputer, large format juga memiliki mainboard yang bertugas alat-alat lain menancap sehingga bisa berjalan semisal memory printer gitu deh. Pusing kalo disuruh jelasin komponen ini, yang penting jangan sampai eror karena listrik naik turun atau ketumpahan tinta aja karena harganya juga selangit euy. Bisa untuk beli motor lo harganya.
  4. Rol kertas (saya lupa bahasa inggrisnya euy, kacau deh) yang jelas komponen ini adalah tempat untuk menaruh kertas atau media yang akan kita cetak jika media kita dalam bentuk roll. Letaknnya di belakang mesin dan biasanya ada motor penggeraknya akan tetapi karena pada umumnya bahan-bahan itu berat sebaiknya di roll aja agak panjang ketika nge-print biar motor dari rol kertas ini lebih awet. Kalo secara lengkap pada umumnya setiap mesin large format memiliki rol kertas 2 buah yaitu di depan dan di belakang, untuk yang dibelakang memudahkan masuknya kertas atau media sedangkan bagian depan untuk memudahkan penanganan hasil cetak, misal biar dapat langsung digulung dan tidak kotor (sangat cocok yang memiliki workshop tidak terlalu luas).
  5. Heater, dari namanya pasti sudah bisa nebak kan apa fungsi komponen ini, ya fungsinya adalah pengering agar setelah tinta disemprotkan ke media cetak cepat kering karena kalo tidak tangan-tangan kita suka megang hasil cetakan yang kalo kebetulan masih basah akan ada sidihk jarinya atau malah kotor. Selain itu heater yang bagus akan membantu tinta menempel ke media cetak dengan cepat dan bagus. Heater biasanya terpasang di bagian depan atau di bawah board yang dilewati media.
  6. Cutter, komponen ini untuk memotong media yang telah dicetak apabila plotter anda tidak memiliki komponen ini ya cukup gunakan cutter biasa saja karena pada umumnya semua large format sudah disediakan jalur untuk melakukan pemotongan bahan secara lurus dan mudah.

Kira-kira itulah beberapa komponen utama yang ada di sebah mesin large format. Komponen-komponen itu perlu kita kenal agar kalo ada apa-apa kita tidak repot dan tidak kaget dengan harganya. Jadi sayangilah mesin anda dengan baik karena itu semua akan jauh lebih murah daripada menanggung kerusakan yang timbul akibat kecerobohan pemakaian kita. Sukses selalu dan jangan lupa bagi-bagi ilmu terus ya…

 

123 responses to “MENGENAL BEBERAPA KOMPONEN UTAMA MESIN CETAK DIGITAL / DIGITAL PRINTING

  1. ilman

    September 23, 2008 at 7:57 am

    Mau sedikit share untuk digital printing buatan china memang harganya murah, tetapi kita harus ektra sabar dan telaten dalam melakukan maintenance regular untuk semua komponen yang dijelaskan di atas.Yang terpenting dimulai dari ink supply system dan teman2 nya ( Print head, selang, dll).Lebih baik sering dilakukan general clean up untuk ink suply system, apalagi kalau orderannya banyak sehingga printernya harus kerja keras 24 jam dan 7 hari. Dan sebaiknya kualitas tinta juga diperhatikan, jangan hanya karena mengejar cost produksi rendah sering berganti merek tinta kualitas rendah.Kalaupun terpaksa menggunakan tinta kualitas rendah bisa dikompensasi dengan melakukan penyaringan sebelum digunakan.
    Memang begitulah resiko menggunakan digital printing made in china, harus telaten dalam mengurusnya.Akan lebih baik lagi jika faham sisi teknis yang lain seperti yang dibahas di atas. Untuk digital printing buatan eropa terutama Zund, lebih bandel karena mereka sudah berpengalaman sejak tahun 90 han di bidang large format printer ini.Tetapi tentu saja harganya jauh lebih mahal dari yang diproduksi di China. Tetapi janan khawatir beri perhatian lebih untuk regular maintenance digital printer made in china.Mudah2 an suatu saat mereka bisa memproduksi printer yang lebih bandel lagi

     
  2. Luhut S

    January 23, 2009 at 1:36 am

    Tahnk ya Mas buat ilmunya, saya mendapat banyak informasi dari tulisan mas. Oleh karena itu bila masih ada info lainnya terus aja menulis ya Mas. TQ

     
    • ronitadp

      January 26, 2009 at 1:38 pm

      Dear Luhut
      Kami senang jika anda bisa mengambil manfaat dari tulisan kami…support anda akan membuat kami terus menulis tentang digital printing..terimakasih

       
  3. fdaly

    February 14, 2009 at 2:07 pm

    mau nany neh..ada gak buku panduan manual/seting tuk mesin seiko????

    thx

     
    • ronitadp

      February 16, 2009 at 2:43 am

      Dear Fdaly
      Kita tidak punya buku panduan mesin seiko…biasanya kalo anda beli di dealer resmi ada buku panduannya kok…itu udah hal umum yg seharusnya anda dapat ketika anda beli mesin…bahkan beli mesin calculator kecil aja ada buku panduannya..nah kalo anda sampai tidak dapat coba tanyakan ke penjualnya..hal seperti ini memang jarang kita perhatikan..pas beli tidak tanya2…padahal hal semacm ini penting…terimakasih

       
  4. WaOne

    March 13, 2009 at 2:59 pm

    Mau nanya niiih..
    Saya baru buka usaha cetak digital, berhubung modalnya kecil saya membeli printer Epson C67. Mungkin karena kurang mendalamnya pengetahuan tentang perawatan printer, baru berjalan berapa bulan print head nya sudah rusak. Dan sekarang usaha cetak digitalnya tersendat. Yang ingin saya tanyakan adalah berapa harga print head Epson C67 ?
    Selanjutnya setelah saya membaca penjelasan tentang printer Epson R230, saya jadi tertarik untuk membelinya. Maaf mau nanya lagi nih, berapa harga printer Epson R230 ?
    Terima kasih banyak atas informasinya.

     
    • ronitadp

      March 13, 2009 at 5:19 pm

      Dear WaOne
      Saya kurang tahu harga printhead c67..tapi pada umumnya beli printhead mesin kecil atau printer dekstop harganya hampir sama beli baru…kalo harga R230 sekitar 1,2-1,5jt…begitu info yg dapat kami sampaikan n semoga bermanfaat

       
  5. rohman

    June 18, 2009 at 4:08 am

    mo nanya nih mas.. Klo printer epson R230 mo di bikin sistem infus dng tinta solvent kira2 bisa gak ya? trm kasih….

     
    • ronitadp

      June 18, 2009 at 8:03 am

      Dear Rohman
      jawabannya tidak bisa karena head printer anda akan rusak

       
    • evan budi yunarno

      September 27, 2010 at 7:58 am

      mesin

       
  6. rohman

    June 19, 2009 at 2:22 am

    makasih atas jawabannya ya mas…nah kalau printer yang berbasis solvent yang cocok untuk bikin digital print kaos kira2 merk apa dan hrgnya brp? pilihan yang paling bijaksana y mas…. :)

     
    • ronitadp

      June 19, 2009 at 2:37 am

      Dear Rohman
      Printer berbasis solvent tidak ada yg murah…apalagi yg bisa untuk kaos..semuanya di atas 150jt kalo baru…paling banter anda bisa beli mesin roland yg tipe lama sekali dan dimodifikasi menggunakan tinta solvent..akan tetapi hal ini ada resikonya yaitu dari segi mesin, sparepartnya susah dicari..dari segi hasil dan kecepatan produksi tidak sebagus sekarang atau lebih lambat….dan satu lagi cari barangnya susah…trimakasih…semoga ini bisa memberi gambaran yg lebih jelas…percayalah yg utama adalah ide..mesin hanya sebagai alat bantu aja…tanpa mesin anda juga bisa membuat kaos yg baik…

       
  7. teguh

    October 5, 2009 at 1:55 am

    saya usaha sablon spanduk di surabaya sudah 3 tahun, berminat menambah usaha digital printing, tp di surabaya persaingan harganya begitu ketat, bahkan ada yang menjual untuk frontlite sampe 12.000/mtr.pertanyaanya bagaimana cara menghitung biaya produksi sehingga ketemu harga akhir seperti itu.
    Benarkah untuk digital printing “Surabaya”memang terkenal hancur untuk masalah harga
    Apa sarannya cara untuk memilih mesin outdoor yang bandel & biaya produksinya rendah.
    terimakasih sebelumnya

     
    • ronitadp

      October 5, 2009 at 3:17 am

      Dear Teguh
      Untuk perhitungan pastinya saya tidak tahu kenapa mereka bisa jual segitu…karena semua perhitungan biasanya berdasarkan asumsi..tapi untuk software yg cangging misal caldera atau versawork sudah ada estimasi biayanya..dan biasanya biaya tinta dipengaruhi dengan resolusi gambar..semakin bagus resolusi gambar yg kita cetak maka pemakaian tinta semakin banyak yg otomatis biayanya semakin banyak…

      Kalo surabaya memang sudah seperti jakarta yg harganya hancur…tapi selalu ada peluang pak kalo menurut saya….untuk main spanduk bapak bisa pilih mesin myjet yg sudah banyak menggunakan…demikian info dari kami dan trimakasih

       
  8. H. CECEP

    October 6, 2009 at 9:48 am

    saya ada yg kasih printer hp design jet 500, kondisi rusak…..
    dimana bila fower dinyalakan pd monitor print sebelah kanan ada tulisan error 11 : 11, yg sy tanyakan: apa kira2 kerusakan itu……. bisakah diperbaiki,,,, printhad apa yg pas serta catridgenya…sekalian info dimana alamat untuk memperbaikinya, utk diketahui sy tinggal di Tangerang.Banten
    terimakasih atas infonya mohon balasannya

     
    • Fais

      November 2, 2009 at 3:19 pm

      Pak, setahu saya bapak bisa menghubungi PT. Antariksa Lintas Asia, dia cabang nya di Tangerang juga ada.Bapak bisa menghubungi nomor 021- 5398606 atau 5399213.Selamat mencoba,

       
    • Fais

      November 3, 2009 at 11:08 am

      Pak Cecep bisa di hubungi di nomor berapa? nanti biar di bantu ato bapak bisa hub : 021-5398606

       
  9. teguh

    October 8, 2009 at 6:46 pm

    Pak Ron yg pinter & berbahagia,bagaimana sih cara merawat printhead utk printer outdoor agar bisa berumur panjang padahal pemakaianya nonstop sepanjang hari.
    Pernah ada yang kasih tahu bhw ada mesin utk out door ,bag printheadnya mempunyai jarak yang cukup dari media yang mau di print,sehingga menjamin usia printhead, jika kita membeli unit printhead apakah ada garansi. terimakasih mudah-mudahan pak Ron selalu dikaruniakan kesehatan

     
    • ronitadp

      October 9, 2009 at 3:19 am

      Dear Teguh
      Trimakasih atas doanya..semoga doa yang baik ini juga kembali kepada anda sekeluarga..amin
      Masalah perawatan printhead memang tidak mudah walau sebenarnya juga tidak rumit..terutama untuk mesin outdoor…berikut tips yang mungkin bisa berguna :
      1. Usahakan printhead tidak kering…jadi selalu jaga kelembaban permukaan head dengan cairan solvent
      2. Usahakan printhead tidak terlalu dekat dengan bahan, hal ini bertujuan untuk menghindari gesekan antara head dan bahan, karean secara prinsip tinta keluar dari head dengan cara disemprotkan..jadi walau tidak nempel ke bahan maka tinta akan tetap mengenai bahan…biasanya pada printer2 besar ada tuas untuk mengatur ketinggian head…misal kalo sedang print bahan frontlita posisi head dinaikkan.
      3. Lakukan cleaning secara rutin termasuk pada bagian selang2 pembuangan agar tinta residu bisa terbuang dengan sempurna
      4. Lakukan proses perawatan dan pembersihan head sesuai petunjuk..jangn berinovasi yang tidak ada dasarnya karena hal semacam ini biasanya akan membuat head anda lebih rusak…yakinlah petunjuk perawatan dari pabrik sudah cukup bagus utk menjaga kondisi head kita

      Untuk pembelian sparepart pada umumnya tidak ada garansi pak…makanya teliti sebelum membeli dan pastikan barang yg anda beli masih baru atau tersegel…salah satu cara belilah di vendor yang memiliki track record bagus dalam hal pelayanan…

      Demikian jawaban dari saya..semoga bisa membantu..trimakasih

       
  10. Fais

    November 2, 2009 at 3:22 pm

    Pak Cecep, silahkan hub no : 021-5398606,5399213.Selamat mencoba pak,dia ada cabang di Tangerang,dan spesialist plotter hp.

     
  11. zaifrinal

    November 8, 2009 at 6:37 pm

    saya ditawarin mesin digital printing 320 cm made in china second 1 tahun katanya kondisi bagus tapi nga’ tahu nama merknya (warna biru) dengan 16 heads ditawarin 100 jt nyicil setahun /kes 80 jt sy tayain apakah murah? dan kondisi nya jamin nga’ ya masalah nya sy masih awam tolong referensi nya biar tambah yakin beli nga’ ya trims

     
    • ronitadp

      November 10, 2009 at 3:09 am

      Dear Zaifrinal
      Kalo kita tidak tahu jenis mesinnya dan kondisinya langsung maka kita belum bisa menyimpulkan murah atau tidak..tapi coba anda cek berikut ini : jenis headnya apa..jika dia bukan seiko, konica atau spectra maka harga segitu termasuk mahal…kemudian tanyakan juga motornya merk apa jika bukan panasonic atau yg sekelasnya maka harga juga termasuk mahal…selain itu ketika anda beli mesin second maka pastikan bahwa motherboard atau sistem mekanika dari printer tersebut tidak ada masalah..trimakasih

       
  12. ozz

    November 21, 2009 at 8:28 pm

    saya mau tanya pak roni.harga mesin digital print brapa ya,yg tidak terlalu besar dan murah tapi bagus.bahan media cetak nya mahal ga,terima ksh pak roni yang baik mau berbagi pengetahuannya, kerena saya awam sekali .tanx

     
  13. Rachmad Sawaludin

    December 10, 2009 at 4:28 pm

    Pak Ronita,
    Saya ingin tahu cara mengitung biaya produksi untuk satu kaos berapa dan bagaimana caranya?

     
  14. Sunarto

    December 18, 2009 at 3:23 am

    Mau nanya niiih..
    Saya baru buka usaha cetak digital, berhubung modalnya kecil saya membeli Ploter Nova jet buatan cina yang aku fokuskan untuk pengerjaan spanduk tetapi kendalanya kl aku buat spanduk untuk outdoor dengan tinta UV tidak bertahan lama apalagi kl kena hujan bisa luntur, apakah bapak punya solusinya?

     
    • ronitadp

      December 20, 2009 at 6:04 am

      Dear Sunarto
      Sayang sekali sudah modal anda sedikit tapi anda salah beli mesin…novajet yg bapak beli memang bukan mesin outdoor…jadi mau bapak ganti tinta jenis apapun tidak akan bisa membuat dia tahan di luar ruang…kalo kata penjualnya bisa tahan 2minggu atau sebulan..kebanyakan hanya pemanis di bibir saja pak…skr kalo memang bisa pasti sudah banyak pemain digital besar yg akan mengambil mesin tersebut tapi pada kenyataannya tidak kan pak? jadi seharusnya anda lebih teliti sebelum membeli….sekarang kalo ada yg bilang tinta UV untuk novajet bisa..saya juga tidak yakin 100% karena tinta UV yg asli pengeringannya memerlukan sinar lampu UV (tinta UV biasa dipakai di mesin flatbed yg ada sinar uv-nya ketika proses pengeringan) sedangkan di novajet tidak ada lampu UV nya…jadi pasti tinta UV nya juga abal2…

      Kalo solusinya bapak jangan gunakan untuk outdoor..tapi pakailah untuk indoor saja..karena mesin itu memang sebenarnya hanya untuk indoor tapi dipaksa untuk bisa outdoor…jadi solusi terbaik ya digunakan untuk indoor walau hasilnya juga tidak bagus2 amat…solusi lain jual aja mesinnya dan belilah mesin HP 500 ps yg jelas2 indoor tapi hasilnya sangat bagus dan mesinnya awet…

      Demikian info dari kami..mohon maaf jika ada salah kata dan trimakasih…

       
  15. Sudiana

    January 24, 2010 at 7:16 pm

    Dear Ronita,

    menarik sekali artikel” yang ada di situs ini. Sungguh kumplit dan mencerahkan bagi orang” yang ingin berkecimpung di dunia percetakan digital.

    Sebenarnya saya sangat berminat membuka usaha ini, bahkan berkat ulasan mengenai perangkat keras yang memiliki kinerja super serta estimasi biaya yang demikian gamblang membuat niatan untuk buka usaha sendiri semakin mantap.

    Dari beberapa hal ada yang ingin saya tanyakan,

    1. Untuk printer A3+ (FUJI XEROX DocuPrint C4350), berapa ukuran kertas maximal dan area cetak maksimal?

    2. Untuk Large Format ukuran 1.3 atau 1.6 (Roland or Mutoh) sejujurnya saya sudah punya pilihan, untuk produk dengan kelebaran diatas, tapi ronita tidak ada membahas untuk kelas 3.2 meter. kalau boleh saya bertanya, printer 3,2m merek apa yang terbaik? printhead seiko vs konica vs spectra, manakah yang paling pantas, seandainya dana tidak masalah…?

    3. Ada baiknya ronita juga membahas, me-review dan jikalau bisa, mensupply mesin-mesin finishing, seperti laminating panas, mesin potong, mesin jilid, dan yang lainnya..

    4. Mohon maaf atas pertanyaan saya yang terlalu banyak, mudahan dimasa depan kita bisa bekerja sama yang positif, dan sukses selalu untuk ronita.

    5. Terima Kasih.

     
    • ronitadp

      January 25, 2010 at 2:29 am

      Dear Sudiana
      1. Ukuran cetak maksimal adalaha A3+ atau 32 x 44 cm
      2. Untuk ukuran 3,2m antara seiko, konica dan spectra boleh dibilang sekelas, ketiganya memiliki kekurangan dan kelebihan masing2…tinggal kita senang yang mana…seperti mobil toyota, suzuki dan honda

      3. Akan diusahakan
      4. Sukses selalu buat anda juga

      Trimakasih

       
  16. koko

    January 27, 2010 at 9:15 pm

    Pak, saya punya printer novajet, tapi saat saya coba head bisa jalan tapi tinta tidak keluar, dan antara komputer dan printer tdk konek…padahal software aslinya sudah saya install, terus printer saya itu sering “nyetrum” kalo bag.besi di pegang,

    pertanyaan lg, hasil cetak apa saja yang bisa dihasilkan printer novajet itu? apakah indoor saja? apakah untuk foto, kaos dan stiker bisa?

    Nb : Printer saya jenis Novajet 500,630,700 Series Color Inkjet Printer…..saya juga ga tau serie aslinya. itu seri yang muncul di drivernya.

    tolong penjelasan via email ya pak

    sablenk_coco7@yahoo.co.id
    Malang.

     
    • ronitadp

      January 28, 2010 at 2:30 am

      Dear Koko
      Coba disedot tintanya dulu untuk memastikan tidak terjadi cloging…trus masalah konektivitas komputer dengan PC sebaiknya jangan gunakan usb tapi gunakan saja kabel serialnya soalnya kalo pakai usb memang lebih tidak stabil….trus masalah mesin yang nyetrum itu menunjukkan grounding listrik di tempat anda masih buruk..coba bikin grounding dengan cara tancapkan paku ke dalam tanah atau lantai (paling bagus kalo panjangnya bisa sampai 1 m) trus konesikan dengan kabel kwat paku tersebut ke salah satu badan printer…

      Kalo novajet anda sebenarnya hanya cocok untuk indoor…untuk photo dan sticker bisa saja tapi hanya untuk indoor

      Disini saya ingin menambahkan bagi semuanya…sudah banyak kejadian hal semacam ini…ketika membeli mesin telitilah terlebih dahulu..jangan termakan oleh harga murah dan lebar mesin saja…dalam dunia printing bukan lebar mesin yg berbicara tapi kreatifitas dan kualitas produk kita yang berbicara…secara pribadi saya lebih prefer menggunakan HP 510 (untuk keperluan indoor atau jika dana kita tdk cukup beli mesin ecosolvent) yg lebarnya hanya 1m tapi jelas-jelas jauh berkualitas dibandingkan novajet china…sekali lagi cermati dulu sebelum membeli daripada sesal di kemudian hari

      Untuk koko jika masih kesulitan silakan anda panggil teknisi dimana anda beli mesin tersebut…trimakasih

       
  17. Alie

    May 11, 2010 at 5:21 am

    Salam hormat pak, saya punya mesin Encad Novajet by Kodak (sebenarnya sih saya gk ngerti apa bedanya dengan novajet yang biasa). Saya ingin tau apakah mesin saya yang seri 750 bisa support utk tinta solvent? Krn saya perhatikan di websitenya bahwasannya mesin tersebut support 8 selang dengan kriteria 4 selang utk tinta dye ink (indoor) dan 4 lagi untuk tinta solvent (outdoor). Saya berniat utk melakukan perubahan permanen dari mesin tersebut dari indoor ke outdoor dengan menggunakan tinta solvent. Apakah mesin saya bisa pak?? Terimakasih atas perhatiannya. Sempabari menanti respon berikutnya saya ucapkan salam sukses selalu buat bapak

     
    • ronitadp

      May 11, 2010 at 5:36 am

      Dear Alie
      Kalo mesin bapan asli dari Encad kodak maka itu adalah mesin asli dari novajet yg skr banya beredar…jadi mesin tsb sudah dikontinyu dari kodaknya sana trus ama produsen2 china di modifikasi lagi…tapi sayangnya mesin ini tida bisa dimodif menjdi solvent atau ecosolvent pak..trimakasih

       
  18. Budi

    May 18, 2010 at 4:47 pm

    Mas Ronita dp.

    Mohon informasi dimana ya dapat diperoleh printhead myjet 128+16hd_4c berapa kira-2 harganya.

    terima kasih

     
    • ronitadp

      May 18, 2010 at 10:02 pm

      Dear Budi
      Silakan hubungi P frans di 08128053531..bilang saja dari roni ronita..trimakasih

       
  19. untung

    May 19, 2010 at 7:25 am

    terima kasih atas informasinya ya

     
  20. hendra

    May 22, 2010 at 4:23 am

    mua nanya ne boz.
    saya pake HP DesignJet 510.
    kendalanya, kenapa print head saya sering jebol?

     
    • ronitadp

      May 22, 2010 at 3:13 pm

      Dear Hendra
      Tintanya pakai tinta apa?trus kondisi listriknya bagaimana?pakai UPS ndak

       
  21. hendra

    May 22, 2010 at 4:24 am

    saya pake buat print film, kertas juga pake kalkir, paper menunya yang bener kan ‘tracing paper’, saya coba malah bergaris, n akhirnya saya pilih ‘heavy coated paper’
    kenapa bisa gitu yh?
    tolong panduannya pak boz
    tq sesudahnya

     
  22. riduan

    May 22, 2010 at 5:24 pm

    mau tanya….
    saya punya mesin outdoor seiko spt 510…
    printhead yg warna hitam ga mau deras keluar tintanya klo di flasing (air pump)
    apakah printhead saya buntu??? klo iya gimana cara untuk perbaikannya??? soalnya printheadn ya lumayan mahal klo beli baru om….hehehe
    tolong masukannya ya… :)

     
    • ronitadp

      May 22, 2010 at 8:48 pm

      Dear riduan
      Ya kalo sudah di flushing ndak mau keluar coba cek lagi selang2 pembuangan atau selang tinta ke head..kalo semuanya lancar maka ya headnya yg bermasalah..jika sudah begitu ya harus ganti karena head susah diperbaikai atau boleh dikatakan ndak bisa…trimakasih

       
    • hndr4

      June 2, 2010 at 12:18 pm

      mau numpang tanya ‘flasing’ artinya apa y?

       
      • ronitadp

        June 3, 2010 at 3:33 am

        Dear hendra
        Flashing artinya kurang lebih membuang tinta agar tinta lebih lancar…

         
  23. empukutai

    May 23, 2010 at 2:07 am

    permisi…
    saya mohon penjelasan tentang mesin plotter semi outdoor. pemahaman saya, mesin printernya adalah indoor kemudian printhead dimodifikasi dengan dengan miliknya outdoor. apa betul demikian?

    kemudian, kira-kira berapa harga printhead outdoor tersebut?
    dengan pertimbangan, saya pernah bertanya harga plotter, indoor : Rp. 35 juta & semi outdoor: Rp. 45 juta.

     
    • ronitadp

      May 23, 2010 at 4:39 am

      Dear Empukutai
      Sebenarnya semi outdoor dulunya memang printer dye yg diiisi tinta pigment yg bisa bertahan di luar ruang sekitar 1 bulan…
      Jadi headnya tidak diganti..hanya tintanya saja yg diganti…plotter seharga 35 dan 45jt biasanya memang printer dye yg dimdifikasi dgn tinta pigment..cuman kalo untuk bertahan lebih dari sebulan kayaknya tidak bisa..trimakasih

       
  24. riduan

    May 23, 2010 at 7:58 am

    o…begitu om….
    cuman yg saya bingung…waktu saya lepas printhead trus saya semprot pake solvent, kok solventnya bisa keluar deras ya???? pas dicoba pake tinta ga bisa deras om….???? jadi bingung…selain kabel apa motornya juga bisa mengakibatkan kelemahan pada flushing om??? terima kasih banyak atas masukannya ya om :)

     
    • ronitadp

      May 23, 2010 at 9:42 am

      Dear Riduan
      Pas nyemprot solvent menggunakan apa? jika pakai suntikan biasanya memang lebih deras…mungkin bisa juga karena pompanya yg sedikit lemah…ya intinya cek aja selang pembuangan..pompa dan kondisi head itu sendiri…trimakasih

       
  25. empukutai

    May 23, 2010 at 5:21 pm

    terima kasih atas keterangannya.

    berarti kalau seandainya saya membeli yang harga 35 juta, kemudian kita ganti tintanya dengan pigmen, tetap bisa bertahan maksimal 1 bulan juga untuk kondisi outdoor?

    jika ia, sepertinya saya lebih baik mengambil yang indoornya saja seharga Rp 35 juta, tetapi diganti tintanya. mohon penjelasannya.

    mohon maklum, saya masih buta mengenai plotter ini.

    terima kasih!

     
    • ronitadp

      May 24, 2010 at 1:04 am

      Dear Empu
      Bisa saja anda beli mesin indoor diganti dye…masalah dia bisa tahan sebulan di luar maka anda harus menggunakan pigment yg bener2 bagus…selamat mencoba asal jangan pernah berharap bahwa printer anda bisa menyaingi mesin outdoor seperti mesin roland atau mesin china outdoor sekalipun..trimakasih

       
  26. hndr4

    May 24, 2010 at 2:09 am

    emm
    sya tidak pakai UPS se pak, tapi listrik saya sudah 16000 watt, apa kurang?
    kalo pake UPS kira2 yang brapa watt n merk apa rekomen anda?

    sebelumnya terima kasih mau bantu pak, saya pakai plotter ini baru, n bnar2 ga ngerti sama sekali, sempat saya kebingungan n pesimis ga ada yang bisa bantu, karna tidak semua orang pakai mesin ginian.

     
    • ronitadp

      May 24, 2010 at 7:53 am

      Dear Hendar
      Bukan besar wattnya tapi seberapa kecil grounding anda..grounding yg paling bagus adalah o atau di bawah 5 volt..coba ukur grounding anda..jika lebih dari 5 maka ada kemungkinan listrik itulah yg menyebabkan head anda cepat usak..
      UPS yg bagus merk ICA utk yg 2000 watt harganya sekitar 4-6jt
      Trimakasih

       
      • hndr4

        May 24, 2010 at 8:51 am

        oke, saya coba usahain pakai UPS, cara ukur volt ground yang anda maksud gimana yah?

        untuk tinta, biasa saya refill ke VENETA, apa ada rekomen lain dari anda?

        mohon maaf sebelumnya, saya akan lebih banyak bertanya kepada anda, sebab saya benar2 tidak tau, dari wacana dan post2 di atas, setelah saya baca, makin banyak yang ingin saya tanya, saya harap anda tidak bosan dengan saya.
        dan juga terima kasih atas info2 anda, sangat berarti buat orang awam seperti saya.

         
      • ronitadp

        May 24, 2010 at 9:35 am

        Dear hndra
        Cara ukur grounding tanya aja tukang listrik atau toko listrik di tempat anda…
        Trimakasih

         
  27. hendra

    May 24, 2010 at 9:48 am

    ow, ok deh, tar tak tanyain.
    terima kasih ne pak infonya, nanti kalo ada lagi saya tanyakan lagi.

     
  28. empukutai

    May 24, 2010 at 10:16 am

    terima kasih.

    kalau saya boleh tau dimana saya bisa melihat penjelasan tentang plotter secara detail?

     
  29. iccuz

    June 29, 2010 at 11:28 am

    om, punya tutorial cara merawat print head XAAR 128, cz head ini g bisa tahan lama kualitasnya, padahal sudah saya usahakan g kering headnya,,

    kira2 harga pasaran mesin ghongzeng 3,2m yg pke iPrint 3.5 sekarang berapa y?? 12 Head

    -mohon bantuannya om-

     
  30. hendra

    July 6, 2010 at 10:47 am

    pak ronita. saya sudah coba beberap waktu dengan ups.
    print head saya jadi lebih ok.
    kalo sebulan jebol 1 buah oklah y, daripada sebelumnya 1 minggu bisa 2 buah print head.

    terima kasih atas bantuannya

     
  31. dayat

    July 20, 2010 at 12:15 pm

    sy punya novajet 750 masalahnya sekarang tiba2 ga’ mau jln, sy coba konek facum #1-facum #1 dan relnya langsung dari power suplly yg 24V. ternyata masih jalan, tp kalau di pasang sperti biasa lewat mainboardnya kok ga’ jln.. mohon penjelasannya ya pak..terima kasih

     
  32. Giant

    August 4, 2010 at 1:17 pm

    sy punya printer docuprint C4350 selalu error please roboot printer ( 116-321 ), kali aja ada yang bisa bantu atau punya pengalaman dengan ini sebelumnya

     
    • ronitadp

      August 5, 2010 at 3:40 am

      Dear Giant
      Biasanya itu karena hardisk atau memorynya yg eror..sebaiknya bawa segera ke xerox service center terdekat..trimakasih

       
  33. iwan

    August 24, 2010 at 5:08 am

    mohon maaf, saya mau nanya kalo harga belt (karet penggerak Katrid cetak) untuk Printer HP Designjet 500 plus kira-kiranya berapa dan dapat dibeli dimana?
    terima kasih sebelumnya atas informasinya

     
  34. edi_cenut

    September 9, 2010 at 11:04 pm

    saya mempunyai mesin infinity 33vc 8 head, mslhnya kok sering dengan head slama 6 bulan sudah 4 kali ganti head, bulan nee da mau ganti lagi 3 head, dan apakah bisa kita cuci head pakai thinner…. , perawatan head yg bagus gmana ya pak….. thanks atas informainya…….

     
    • ronitadp

      September 17, 2010 at 2:19 am

      Dear Edi
      Coba dibenerin listrik n grounding mesinnya pak..selain tentunya head dirawat dengan benar ya pak..trimakasih

       
  35. adiey

    September 16, 2010 at 10:03 am

    pak saya punya masalah tentang novajet 750 cina saya..
    kok engak bisa connect dengan pc saya…saya udah install software yang aslinya pak pati enggak bisa konek juga…
    dakah masalah windows saya pak karena saya pakek windows xp sp3…software printer support windows 2000/me dan xp

     
    • ronitadp

      September 17, 2010 at 2:10 am

      Dear Adiey
      Kalo masalah seperti itu berarti softwarenya ndak support ama windowsnya…coba cari saja windows yg sesuai dengan tu mesin…trimakasih

       
  36. alief

    September 23, 2010 at 8:12 am

    mau tanya pa,…… kerusakan mesin my zet(128plus_8hd_4c) tiap mesin jalan puteran maju mundurnya bahan (yang dibawah bahan) jln nya ga normal jadi cetakannya garis garis tebal kadang kadang ga muter jadi bahan ga narik cetakan jadi numpuk,solusinya apa ya mungkin dinamo putarankaret rusak apa baut2nya ad yg kendor? terimakasih

     
  37. evan budi yunarno

    September 27, 2010 at 8:01 am

    bo..!!!!!
    saya mau tanya mesin ku klu di cler selalu kandas sampai ujungnya apany ya, yang rusak.

     
    • ronitadp

      September 27, 2010 at 12:30 pm

      Dear Evan
      Kandas gimana maksudnya?

       
  38. adhietz

    November 3, 2010 at 6:07 am

    bos saya baru beli nove jet 750 baru nyampe tinta gak keluar.. trus beli lagi tinta yang lebih mahal skr hasilnya lumayan pasbnobain ngeprint 5 meteran tinta magenta tidak keluar… pertanyaan saya adalah bagaimana cara benerin tinta yang gak keluar dari catridge nya..
    masa harus beli baru terus.. padahal belum sebulan saya pake… trims

     
    • ronitadp

      November 3, 2010 at 7:45 am

      Dear Adhiet
      Wah kalo urusan novajet coba tanya ke mas ini deh : myprayitno80.blogspot.com
      Kayaknya dia punya pengalaman bagus dengan mesin novajet

       
  39. donny

    November 8, 2010 at 2:10 am

    salam kenal mas,
    saya punya printer gongzheng 360 12 head, lagi bermasalah di outputnya (ngeprintnya) gambar yang tercetak jadi kacau. kira-kira bisa dibantu kenapa ga ya? semua kabel2 sudah saya cek pakai avometer ok semua tuh. saya harap sih bukan mainboardnya
    atau ada punya informasi dengan masalah ini mungkin?
    trims banget

     
    • ronitadp

      November 9, 2010 at 3:54 am

      Dear Donny
      Mohon maaf sebelumnya..uuntuk printer gongzheng saya tidak memiliki pengalaman disana..coba tanya ke vendor anda..trimakasih

       
  40. deni

    December 2, 2010 at 4:35 pm

    salam kenal mas,
    saya pake mesin myjet, lagi ada masalah PC normal, Printer nyala normal tapi tidak bisa dioperasikan, saya sudah coba ganti cable optik tapi tetap ga bisa di operasikan. di tampilan monitor ada tampilan zero line apa maksudnya dan gimana solusinya thks mas

     
  41. iqbal

    December 14, 2010 at 6:16 pm

    mas roni, minta tolong BEP untuk digital print out door bisa tidak? dan untuk mesin yang paling ekonomis juga bandel bagusnya apa ya?

     
    • ronitadp

      December 15, 2010 at 3:44 am

      Dear Iqbal
      Untuk outdoor kita tidak terlalu main kesana…coba nanti kita ulas deh..makasih

       
  42. Bangun

    January 11, 2011 at 9:11 am

    Bagi2 infonya dong Yang ada lowongan operator digital printing atau bagian design..
    ( pengalaman kerja saya, hampir 4 th mengoperasikan masin myjet 128, bisa design juga.. menggunakan program potoshop ) tq

     
    • ronitadp

      January 12, 2011 at 2:58 am

      Dear Bangung
      RONIta buka lowongan untuk operator saat ini..jika berminat silakan kirim lamarannya ke ronita_dp@yahoo.com

       
  43. aprilianto

    January 13, 2011 at 3:53 am

    mau tanya gan….ini saya ada masalah dengan my omega my jet yang bikin pusing kita yang kerja…..mohon dengan sangat dibantu
    1 semburan pada head nya hanya separuh, dicoba printhead status hasilnya keluar warna separoh pada semua warna…
    2. dicoba cetakgambarnya tidak terang…
    padhaal udah saya suap & purging, instal ulang softwear sotwear myjet mux 382, restart…
    mohon dibantu mengatasi masalah ini gan

     
    • ronitadp

      January 14, 2011 at 2:57 am

      Dear Aprilianto
      Saya belum pernah pakai myjet omega..mungkin bisa ditanyakan langsung ke vendor anda ketika beli mesin..trimakasih

       
  44. ari

    January 14, 2011 at 8:18 pm

    Maaf Pak Roni,
    Saya mau tanya apa sih yang membedakan antara printhead xaar 128/360 dengan xaar 128/200..?
    yang mana yg cocok untuk Myjet 3308….? atau adakah printhead lain yg bisa di pakai selain tipe tersebut…?
    mohon penjelasannya pak, terima kasih dan semoga sehat selalu…..

     
  45. hasan asari

    February 19, 2011 at 10:30 am

    pak roni saya mau nanya,,,,saya baru beli printer epson t13,,,hasil prinan photonya selalu ada serat2 garis,,,padahal saya lihat punya temen yg sama2 t13 hasilnya halus banget,sudah di head clen tetep aja hasilnya,trus wktu cek nozel garis wrna merah selalu putus,,sudah di servis lagi ma penjualnya juga masih tetep gak bisa halus gambarnya..,kira2 printer sy yg rusak apanya ya,,,,baru seminggu&garansi injek 1 bulan,,,,mohon saranya pak,,,,,mkasih

     
    • ronitadp

      February 21, 2011 at 11:57 pm

      Dear Hasan
      Kemungkinan ada proses yg salah pas pemasangan infus atau mungkin bisa jadi settingan print anda yg belum tepat…kalo tes nozzle ndak bisa bagus dan mesin masih baru maka kemungkinan besar proses infusnya..coba suruh benerin ke tempat anda menginfusnya..trimakasih

       
  46. reyhan santoso

    March 4, 2011 at 6:54 pm

    pak,saya mo tanya? saya pegang mesin konica minolta.masalah kabel optik…
    di mesin yg saya pegang, tu terdapat 4 kabel optik ternyata salah satu kabelnya ada yg putus .bukanya kabel optik tu fungsinya mengalirkan data dari komp ke mesin…tp yg saya bingung,ko mesin saya kayax ga da gangguan sama sekali ya pa..?? tapi saya curiga pada prinhead warna hitam.warnanya jadi bleber….tolong di bantu pa…???

     
  47. roes

    April 12, 2011 at 2:34 am

    thanks for this site
    khususnya yang punya web ni..
    berguna banget mas..:-)

     
    • ronitadp

      April 12, 2011 at 2:55 am

      Dear roes
      makasih ya…

       
  48. printing

    July 21, 2011 at 3:14 am

    Thank’s kang roni atas jerih payah kang roni dalam meluangkan waktu untuk menulis artikel ini, smoga pengalaman kang roni bermanfaat buat usaha ane n kawan2 seantero negeri yg pingin punya usaha digital printing.

     
  49. kusosi

    July 22, 2011 at 3:11 am

    Mas, cara merawat dan membersihkan head xaar utk printer outdoor gimana?
    Masa headprint saya di kantor baru pakai rata-rata 3 bulan udah buntu?
    gimana sih cara perawatannya yang benar?
    Tolong bantu ya mas..
    Spesifikasi printer Gong Zheng GZC12-12808

     
    • ronitadp

      July 23, 2011 at 12:32 am

      Dear Kusosi
      Terus terang saya tidak pernah pakai mesin Gong Zheng…harusnya anda berhak mendapatkan training dan bimbingan dari vendor anda…kalo secara umum yg menyebabkan head cepat rusak adalah listrik, tinta, kebiasaan operator dan kesukaan nabrak atau tidak…..listrik ke mesin harus dipastikan stabil dan sesuai permintaan mesin karena voltase yg lebih atau kurang akan mempengaruhi umur printhead…tinta ya jenis tinta harus diperhatikan karena tinta yg jelek akan membuat head cepat korosif dan akhirnya rusak…kebiasaan operator dimana operator yg rajin membersihkan head pasti lebih baik daripada yg malas n buru2 pulang…kesukaan nabrak bahan juga dipengaruhi operator..suka perhatian ndak ketika mesin nyetak agar tidak nabrak…trimakasih

       
      • kusosi

        July 23, 2011 at 7:44 am

        kalo nabrak sih.. jarang sekali mas
        bahkan hampir tak pernah
        voltase listrik juga normal
        kalo tinta, saya pake yg standar dipake orang2 umumnya
        emang ada rekomendasi tinta yang bagus biar awet printheadnya?
        Biasanya sore kalo mo pulang printhead saya rendam pake solvent pada ujung headnya, jadi tetap basah gak sampek mengering.
        Biasanya berapa bulan sih usia headprint yang normal pemakaiannya?
        Katanya ada mesin khusus buat cuci headprint, belinya dimana ya?

         
      • ronitadp

        July 24, 2011 at 1:02 am

        Dear Kusosi
        Kalo tidak pernah maka anda harus tanya apakah head yg anda beli asli? umur head biasanya ditentukan dari jumlah tembakan yg sudah dia lakukan dan setiap head memiliki kriteria masing2 tapi yg jelas semakin bagus tinta biasanya akan menambah kekuatannya..misal begini mobil yg bahan bakarnya minta pertamax tapi diisi premium maka mobil tidak akan menghasilkan performance yg baik…
        sekali lagi saya sarankan bapak konsultasi lebih lanjut dengan vendor anda karena hal semacam ini yg tahu persis adalah vendor anda…trimakasih

         
  50. indra

    November 4, 2011 at 2:43 am

    selamat pagi pak, saya punya printer hp desingjet 500 plus 42, printer saya itu ada masalah kalau dihidupkan powernya akan timbul kata several error 0x3010004 task t mech file sequence.c line 742 dan powernya ditekan tidak bisa mati terimakasih

     
  51. indra

    November 4, 2011 at 3:13 am

    saya ada yg kasih printer hp design jet 500, kondisi rusak…..
    dimana bila power dinyalakan pd monitor print sebelah kanan ada tulisan error 21 : 11, yg sy tanyakan: apa kira2 kerusakan itu pak trims indra

     
    • ronitadp

      November 4, 2011 at 10:10 am

      Dear Indra
      Untuk masalah HP Designjet bapak sebaik langsung menghubungi HP center atau toko yg menjual HP karena untuk saat ini kita sudah tidak memegang lisensi HP lagi..oh iya mungkin bapak bisa telpon ke AKIRA DATA
      HEAD OFFICE
      AKIRA DATA ( HP DESIGNJET BUSINESS PARTNER )
      Jl. Persada Raya No. 43, Jakarta 12860 – Indonesia
      Phone : (+62 21) 830-3894 ( HUNTING ) 021- 8299-059
      FAX …. : (+62 21) 829 – 5777
      Email . : marketing@akiradata.co.id

       
  52. karina

    November 24, 2011 at 5:16 am

    mz,,,,,,,,
    gmna yow cra mrakit printer sendiri???
    n gmna cra perawatannya
    mksih………

     
    • ronitadp

      November 25, 2011 at 2:46 am

      Dear Karina
      Kita belum pernah merakit printer sendiri nih..biasanya kita beli jadi atau beli baru trus kita modif dikit2 aja…trimakasih

       
  53. jamal

    January 6, 2012 at 6:03 pm

    malam,pak. ada yg mau sya tanyakan.. tinta tidak keluar pada head seiko knp ya? sudah saya flashing tetapi tidak mau keluar juga. makasih

     
  54. arya

    January 31, 2012 at 9:13 am

    mau nanya, gimana si bagus dan jeleknya myjet bekas tapi udah rekondisi???

     
  55. cii

    February 14, 2012 at 5:01 am

    makasih atas ilmunyaa

     
    • ronitadp

      February 14, 2012 at 4:09 pm

      Dear cii
      sama-sama ya

       
  56. master

    February 28, 2012 at 4:15 am

    Kenapa printer page pro 1390 mf hasilnya cetakannya hanya sebelah

     
  57. Master Manik

    February 28, 2012 at 4:18 am

    mau nanya bos.. kenapa printer jenis page pro 1390 mf hasilnya hanya sebelah

     
  58. topo

    February 28, 2012 at 3:58 pm

    bisa dbantu gak tentang ploter myjet bekas yang dibawah 60 juta gan????

     
  59. Edy

    May 24, 2012 at 5:53 pm

    ada yang bisa bantu g? Driver ane rusak, merk infiniti FYunion-33VC. Tolong upload drivernya ya juragan… atau bisa di ke email ane. tidore@ymail.com
    Trims…

     
  60. Medy

    August 14, 2012 at 7:08 pm

    Mas Ronitadp,

    Saya baca beberapa ulasan mengenai digital printing di atas terutama yg ukuran besar, kl boleh tau menurut mas Ronita, merk dan type printer mana buatan china yg biaya operasionalnya murah dan cukup bandel, mengingat jika pakai buatan eropa harga belinya mahal, dan kl beli printer second kira2 gimana pandangannya…., saya baru mau memulai….terimakasih.

     
  61. roey.

    September 3, 2012 at 2:15 pm

    permisi gan,mo minta tolong numpang tanyak..
    kalo ganti merk tinta gimana gan??
    saya pake tinta phaeton trus mau ganti tinta infinity..
    bisa g’??
    dan cara nggantinya gman ya??
    makasih.

     
    • ronitadp

      September 5, 2012 at 3:38 am

      Dear roey
      selama jenis tintanya masih sama maka tinggal kuras dan ganti..cuman bapak harus paham cara nanti memancing tintanya keluar kalo masih terjadi clogging dan sebagainya

       
  62. arief rahman

    November 14, 2012 at 4:29 pm

    dear agan,

    numpang tanya, saya ada mesin my jet KM 512 baru 3 bulan, tp sekarang kenapa ngga bisa stabil ya. jadi untuk tahap ngeprint baru jarak 7 cm harus percing, yg padahal waktu dites print itu print test nya bagu untuk masing2 warnanya.
    terus bagaimana cara merawat prin head konica KM 512..

    sekian & terima kasih ya gan.
    mohon ilmunya.

     
    • ronitadp

      November 15, 2012 at 1:12 am

      Dear areif rahman
      mohon maaf sebelumnya kalo kmi tidak bisa memberikan jawaban yg spesifik karena kami belum pernah menggunakan mesin tersebut…tapi harusnya kalo melihat kondisi umur mesin tidak begitu dan menurut saya itu ada masalah di listrik sehingga head tidak stabil..mungkin perlu di cek lagi grounding mesinnya sudah di bawah 1 atau bagusnya 0 trus suppyl listrik ke mesin sudah stabil atau belum. hal ini biasa terjadi hampir di semua mesin digital karena memang printhead sangat sensitif terhadap listrik yg tidak stabil

      untuk lebih detailnya ada baiknya anda memanggil teknisi mesinnya dari vendor dimana agan beli mesin tersebut karena mereka pasti lebih tahu akan mesinnya

      trimakasih

       
  63. Heri Muhammad

    July 10, 2013 at 2:23 am

    pak roni, salam kenal pak.
    pak saya mau tanya… saya mempunyai mesin digital printing tpi ada masalah pak.
    tinta di ink supply tidak mau masuk ke head. padahal pompa tinta normal semua. indikator habis tinta juga tidak menyala. namun pada saat di flasjet dan purching tinta tidak mau keluar….

    kira2 apa yang bisa saya lakukan pak.
    mohon sharing ilmunya

    sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih

     
    • ronitadp

      July 10, 2013 at 4:21 am

      dear heri
      sayang agan tidak nyebutin jenis mesinnya..tapi kalo istilah purging anda gunakan maka saya asumsi itu mesin china ya gan…tapi secara umum bisa di cek dulu dumper n capingnya gan..mungkin bisa jadi ada yang kotor di bagian itu sehingga tinta tidak mau keluar…kalo di roland sih bisa juga di sedot secara manual menggunakan suntikan dan seharusnya di china juga bsa dilakkukan untuk itu…

      idealnya sih agan telpon ke teknisinya seharusnya gan…

      sory kalo ndak bisa bantu banyak karena kalo ndak langsung hadepin di depan mesin sih susah…

      makasih

       
  64. hatta

    August 6, 2013 at 3:03 pm

    mesin merk flora lj 320 denga ukuran 3.2 m tahun 2009 dijual 130 juta. mnurt pak roni itu murah atau mahal.
    trus klo untuk printhead yg terbaik dri produk ap. seiko, konika atau polaris.
    trima kasih

     
    • ronitadp

      August 8, 2013 at 10:31 pm

      dear hatta
      menurut saya tergantung kondisi mesinnya gan, ndak bisa langsung di hajar murah or mahal, memang mesin2 itu kalo ndak salah barunya sudah mahal gan yaitu dikisaran 250jt

       
  65. ronitadp

    November 10, 2013 at 2:48 am

    Dear samuel

    Untuk mesi hp500 jika spt itu biasanya ada sensor yg eror

    Coba hub indoplotter atau akira data utk lebih detailnya karb skr ronita sdh tdk main mesin lagi pak

     
  66. wandi

    November 11, 2013 at 3:49 pm

    di ronita ada jual head Konika 512 42pl ngk?

     
    • ronitadp

      November 11, 2013 at 7:55 pm

      dear wandi
      kita ndak jual sparepart n mesin lagi gan sekarang

       
  67. ronita digital printing

    January 2, 2014 at 3:59 pm

    Sensornya ndak bersih atau bisa juga kalibrasinya yg gak pas mas

     
  68. rifai

    March 6, 2014 at 10:22 am

    mas roni sekarang main apa??katanya sudah gak main mesin digital printing??

     
    • ronita digital printing

      March 6, 2014 at 2:48 pm

      dear rifai
      sekarang kita fokus ke jasa cetak aja mas…jadi biar kita bisa pengembangan produk2 kreatif, makasih

       
  69. Pusphita Larasati

    April 8, 2014 at 10:11 pm

    Bosbro Ronita, ada referensi dan saran bijak untuk mesin printer digital outdoor akan lebih baik menggunakan brand apa dan head apa? terlalu banyak pilihan mesin diluar, dengan varian merek dan jenis head. Utk head saja ada seiko, xaar, konica, spectra, polaris, dst… #bingung + galau

     
    • ronita digital printing

      April 10, 2014 at 4:01 am

      dear pusphita
      mungkin ini bisa dijadikan acuan

      1. XULI : KONICA MINOLTA
      2. Icontek M-Series : SEIKO
      3. Flora : POLARIS
      4. Icontek HD-Series : SEIKO
      5. Liyu PZ KB : KONICA MINOLTA
      6. Wit Color (yg abu2 semua) : XAAR 382
      7. Crytal Jet CJ6000 : SEIKO
      8. Wit Color Luxury : XAAR 128
      9. My Jet : XAAR 128
      10. Allwin : XAAR 128.

      Penilaian berdasarkan : Part yg di pergunakan, hasil cetakan, performa & durability mesin.

      Regards : Martin Roy.

       
  70. dio

    April 29, 2014 at 11:04 am

    bos roni, saya ada beli mesin novajet 750, apa benar kalau pake tinta pigment bisa tahan air? saya baru baca review bila mesin ini kurang bagus, kira kira rekomendasinya apa ya untuk menggantinya? thx

     
    • ronita digital printing

      April 30, 2014 at 12:04 am

      Tinta pigment memang lebih tahan air tapi tetap kalo utk outdoor atau jangka lama pigmen masih kLah ama ecosolvent

      Mungkin mesin novajet yg skr udah lebih bagus drpada yg keluaran pertama mas dio

       
  71. Dwi Rizky

    August 5, 2014 at 3:37 am

    Bang di tempat kerja ku mesin banernya sensornya gg ngebaca, emangnya kenapa ya ?
    Makasih.

     
    • ronita digital printing

      August 5, 2014 at 10:41 pm

      dear dwi
      itu biasanya karena sensor plastiknya kotor, enaknya langsung aja kontak ke suplier mesin sampean mas…mksaih

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 485 other followers

%d bloggers like this: