RSS

MEMILIH MESIN CETAK DIGITAL UKURAN BESAR (LARGE FORMAT)

23 Oct

Sering kita dibuat pusing ketika memilih mesin cetak digital format besar karena banyaknya faktor yang harus kita lihat. Bahkan tidak jarang dari kita merasa kecewa karena merasa salah dalam memilih, untuk itu berikut ini ada 2 hal yang perlu anda perhatikan ketika akan membeli sebuah mesin cetak digital format besar, yaitu :

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, sebuah mesin cetak digital pasti memiliki keunggulan dan keterbatasan sendiri sehingga terkadang kita tidak bisa membandingkan satu dengan lainnya secara langsung. Contoh, mesin cetak digital large format HP 500 ps sangat bagus untuk cetak poster dan CAD akan tetapi kurang bagus jika digunakan untuk perbesar photo. Contoh lagi, mesin outdoor memiliki ketahanan tinta sangat bagus akan tetapi tidak bisa mencetak dengan halus untuk ukuran kecil karena memang mesin tersebut dirancang untuk mencetak ukuran besar. Dengan kondisi seperti itu maka sangat disarankan untuk fokus dengan kebutuhan anda ketika akan membeli, jangan tergiur dengan iming2 harga murah dan satu kemudahan akan tetapi tidak cocok dengan kebutuhan anda. Disini kami coba untuk memberikan sedikit gambaran akan kebutuhan tersebut, bagi anda yang membutuhkan mesin untuk layanan photograpy, artwork, repro image maka printer sejenis EPSON 9000, EPSON 2100, EPSON 3850, ROLAND Soljet, ROLAND FJ, HP 130 nr bisa menjadi pilahan. Jika kebutuhan anda adalah ploting CAD, gambar teknik, cetak poster, sticker maka printer sejenis HP 500 ps, HP 100, Canon cocok untuk dijadikan pilihan. Jika kebutuhan anda adalah cetak baliho, spanduk, banner dalam format besar maka YASELAN, MYJET, ROLAND AJ1000, NUR, MIMAKI, MUTOH adalah mesin-mesin yang dapat anda pilih. Ingan sekali lagi tidak ada mesin yang sempurna jadi sesuaikan dengan kebutuhan pokok anda.
  2. Kualitas, setelah anda menyesuaikan dengan kebutuhan anda hal lain yang perlu anda perhatikan adalah kualitas. Kualitas mesin dapat kita kategorikan menjadi dua yaitu kualitas mesin dari segi pemakaian dan dari segi hasil cetakan. Dari segi pemakaian sebuah mesin yang berkualitas pasti memiliki kriteria umum antara lain, mudah dioperasikan, memiliki komponen suku cadang yang kuat, terbuat dari material yang bagus dan kokoh, memiliki dimensi yang proposional, memiliki komponen yang awet. Dari segi kualitas cetakan sebuah mesin dapat dikatakan bagus jika memiliki hasil cetak sesuai dengan mesinnya dan kelasnya, misal mesin untuk cetak photo maka hasil cetaknya harus gamut dan memiliki kerapatan tinta yang tinggi. Contoh lagi, mesin cetak digital CAD harus mampu mencetak garis tipis/hairline secara lurus dan jelas dengan warna yg solid. Jadi kualitas ini bukan sekedar slogan tapi bisa dibuktikan dengan hasil cetakannnya di atas media.
 
88 Comments

Posted by on October 23, 2008 in Uncategorized

 

88 responses to “MEMILIH MESIN CETAK DIGITAL UKURAN BESAR (LARGE FORMAT)

  1. Aditya

    December 26, 2008 at 4:03 am

    Saya berencana membuka usaha print outdoor/indoor tapi saya bingung mau milih merek dan jenis printer yang mana. Bisa minta tolong nggak om jelasin :
    1. Apa sih bedanya Large Format Printer & Wide Format Printer ?
    2. Apa yg dimaksud dengan Solvent base ink, Eco-Solvent Base ink, water base ink ?

    Karena saya masih pemula dan awam mengenai print outdoor/indoor mohon beri masukan mengenai merk & jenis printer yang baik, handal, suku cadang tersedia, purnal jualnya oke.
    Terima kasih

     
    • ronitadp

      December 26, 2008 at 5:31 am

      Dear Aditya
      Large format n wide format printer sebenarnya artinya sama aja…yaitu alat cetak yang memiliki lebar lebih di atas A3..biasanya kalo masih dalam range 1,5meter ke bawah orang nyebutnya large tapi kalo udah sampai ke 3,2 m orang nyebutnya wide format…tapi itu sih acuan ndak pasti juga..tapi intinya sama aja..itu hanya istilah penyebutan aja…

      Untuk penjelasan tinta ada di postingan jenis tinta..jadi cari jawbaannya disana ya

      Untuk printer yg handal ada banyak seperti ROLAND, MIMAKI, HP, EPSON, untuk kelas larger format kalo mau yang lebih besar lagi juga ada spt ROLAND, MUTOH, MIMAKI, HP, NUR, ZUND, VUTEK…dan jangan lupakan mesin dari negeri china..saat ini mereka juga mulai memproduksi printer bagus…semisal myjet, witcolor, infinity..cuman yg perlu dicatat jika menggunakan mesin china adalah perawatan harus lebih teliti dibandingkan merk eropa..

      Kalo masalah suku cadang dan layanan purna jual..pilihlah penjual yg jelas..misal sebelum anda beli datangi dulu kantor mereka..lihat gudang mereka..cek koneksi mereka..jadi dari situ anda bisa menilai seberapa bagus kira2 layanan after sale mereka..misal kalo teknisinya hanya satu sedangkan mereka jual ke seluruh indonesia maka bisa dipastikan layanan service mereka akan sering telat…demikian info dari kami semoga bermanfaat

       
  2. Christina

    February 12, 2009 at 7:56 am

    Dear Sirs,

    Saya lagi cari printer mimaki, dengan harga dan kondisi yang OK. Dimana kira-kira saya bisa dapatkan printer tersebut? Any info? Bisa tolong info harga dan catalognya ke email saya mikha83k@yahoo.com segera?

    Terima kasih.
    Christina

     
    • ronitadp

      February 12, 2009 at 8:14 am

      Dear Christina
      Untuk info mesin mimaki kita tidak ada info…karena setahu saya mimaki tidak ada dealer resmi di Indonesia…biasanya yang menyuplai trader di kelapa gading but we don’t know about them…kalo untuk mesin MUTOH bisa kontak ke ASABA atau ke ronita..sedangkan untuk ROLAND bisa ke RONIta juga..demikian info dari kami semoga bermanfaat

       
  3. Monik

    February 20, 2009 at 7:21 am

    pa roni saya ikut nanya yah..

    dari semua pemaparan diblog ini saya jadi banyak tau mengenai usaha digital printing, untuk biaya fixed seperti mesin sudah cukup jelas..

    hanya saja mengenai biaya variabel seperti harga tinta dan bahan permeter persegi belum saya dapatkan..

    berapa biasanya kita harus mengeluarkan biaya untuk tinta dan bahan permeternya dengan kualitas print normal (bukan yang high res. atau low res.) pada cetak outdoor ?

    misalkan kita membeli 1 liter tinta untuk tiap2 warna berapa meter persegi kita bisa mencetak pada bahan outdoor dengan kualitas normal ?

    dimana kiranya saya bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai biaya variabel yang harus dikeluarkan pada tiap merek printer?

    terima kasih monik

     
    • ronitadp

      February 21, 2009 at 3:36 am

      Dear Monik
      Untuk biaya memang tidak kita paparkan karena hal ini sangat tergantung pada jenis mesin yang anda pakai..setiap mesin tidak bisa digeneralkan dan dibandingkan secara langsung..akan tetapi disini saya coba buat ulasang singkat untuk biaya variabel ini :

      MESIN PLOTTER INDOOR…dengan asumsi kita menggunakan tinta non-original..harga tinta seliter sekitar 500ribu (kualitas premium) atau per cc/ml harganya 500 perak…indoor biasanya memerlukan tinta 25cc untuk mencetak ukran 1m2 sehingga harga tinta untuk 1m2 adalah Rp. 12.500…..bahan INDOOR pada umumnya range harganya adalah 8.000 – 15.000 per m2 (bahan ini meliputi photo paper, sticker vinil, albators dll)..sehingga TOTAL BIAYA adalah Rp. 20.500 – Rp. 27.500..biaya ini akan bertambah sekitar 10ribu/m2 jika anda menambahkan proses laminasi. Biaya di atas diluar biaya listrik, depresiasi mesin dan operator

      MESIN PLOTTER OUTDOOR ROLAND/MIMAKI/MUTOH dsb…dengan asumsi kita menggunakan tinta non-original..harga tinta seliter sekitar 600ribu (kualitas premium) atau per cc/ml harganya 600 perak…outdoor/indoor biasanya memerlukan tinta 15cc (cetak kualitas 720x720DPI) untuk mencetak ukran 1m2 sehingga harga tinta untuk 1m2 adalah Rp. 9.000…..bahan OUTDOOR pada umumnya range harganya adalah 7.500 – 40.000 per m2 (bahan ini meliputi photo paper, sticker vinil, frontlite, oneway vision, polibanner, easy bannerl)..sehingga TOTAL BIAYA adalah Rp. 16.500 – Rp. 49.000..biaya ini akan bertambah sekitar 10ribu/m2 jika anda menambahkan proses laminasi (Untuk OUTDOOR umumnya tidak memerlukan laminasi kecuali untuk bahan sticker yang akan dipasang di mobil atau di lantai agar lebih tahan terhadapa goresan). Biaya di atas diluar biaya listrik, depresiasi mesin dan operator

      MESIN PLOTTER OUTDOOR CHINA dengan head seiko/spectra/xaar,dsb…dengan asumsi kita menggunakan tinta non-original..harga tinta seliter sekitar 350ribu (kualitas premium) atau per cc/ml harganya 300 perak…outdoor biasanya memerlukan tinta 10cc (standar 360×720) untuk mencetak ukran 1m2 sehingga harga tinta untuk 1m2 adalah Rp. 3.500…..bahan OUTDOOR pada umumnya range harganya adalah 7.500 – 40.000 per m2 (bahan ini meliputi photo paper, sticker vinil, frontlite, oneway vision, polibanner, easy bannerl)..sehingga TOTAL BIAYA adalah Rp. 11.000 – Rp. 43.000..biaya ini akan bertambah sekitar 10ribu/m2 jika anda menambahkan proses laminasi (Untuk OUTDOOR umumnya tidak memerlukan laminasi kecuali untuk bahan sticker yang akan dipasang di mobil atau di lantai agar lebih tahan terhadapa goresan). Biaya di atas diluar biaya listrik, depresiasi mesin dan operator (mesin china pada umumnya memerlukan biaya tambahan seperti listrik yg lebih besar…pembuangan tinta yang lebih banyak ketika cleaning, harga head yang lebih mahal…semua faktor ini juga harus diperhitungkan dalam menentukan biaya produksinya…biasanya kita membulatkan biaya cetak ini di angka 15ribu/m2)

      Kira2 begitu bu yang bisa kami berikan gambaran mengenai biaya variabel…semua angka2 di atas bukan merupakan angka pasti dan hanya perhitungan berdasarkan penglaman kami serta info dari para pelaku usaha digital printing lainnya….dalam artian butuh tinta 15cc/m2 itu dengan asumsi baha pemakaina semua jenis warna sama ataupun kalo beda-beda tapi dengan jumlah yg sama..jadi 15cc itu sudah dalam bentuk campuran warna..bukan setiap warna 15cc untuk 1 m2 (semoga bisa dipahami sampai disini)…

      Trimakasih dan semoga bermanfaat bagi kita semua…

       
  4. freed

    April 7, 2009 at 4:54 pm

    Bisakah dikirim daftar harga mesin sablon digital dan mesin untuk baliho

     
  5. Deblenks

    April 14, 2009 at 3:37 pm

    Mesin cetak canon untuk mencetak kalender (kalender ukuran lebar 1/2 m) yang bagus apa ya mas?

     
    • ronitadp

      April 15, 2009 at 1:05 am

      Dear Deblenks
      Kalo untuk mesin cetak canon saya tidak tahu pasti jenisnya apa..tapi ada yg canon imageproof itu juga bagus hasil cetakannnya…kalo untuk HP sekelas dengan HP 110 atau HP 130…kalo untuk epson ada juga yang ukuran segitu..kalo untuk harga dikisaran 35jt..demikian info dari kami n trimakasih

       
  6. Vidi

    May 5, 2009 at 8:30 pm

    Saya sedang memulai usaha cetak digital,
    kebetulan ada kebutuhan client yang ingin mencetak sablon patern dengan warna tinta putih, diatas kertas litho (semacam kertas kalkir tetapi lebih lentur dan tipis (20-30gr)
    dengan ukuran 50×80 cm dengan quantity yang banyak.

    kalau cetak offset tidak mungkin dengan ketipisan kertas tersebut, sedangkan cetak digital (menggunakan plotter) belum pernah dengar ada tinta warna putih

    kira kira mesin apa yang cocok untuk saya.

    terima kasih sebelumnya

     
    • ronitadp

      May 6, 2009 at 3:56 am

      Dear Vidi
      Kalo untuk sablon warna putih di digital sebenarnya sudah ada tapi harganya masih sangat mahal…mungkin solusi permasalahan mbak bisa diselesain dengan sablon manual..saya pikir akan lebih murah dan simple..kalo boleh silakan kirim bahan dan designnya nanti coba kita sablonkan dan kalo cocok kita bsa kerjasama..trimakasih

       
      • Vidi

        May 6, 2009 at 4:56 pm

        Dear Ronitadp

        terima kasih, atas responsenya, apabila seperti baiknya saya boleh meminta alamat untuk pengiriman jenis bahan dan apabila berkenan mungkin dapat diluangkan waktu agar kami dapat bertemu dengan team anda, kemudian cukup panggil Mas saja.

        salam

        Vidiyama

         
      • ronitadp

        May 7, 2009 at 3:50 am

        Dear Mas Vidi
        Alamat Kami :
        RONIta Digital Printing
        Jl. Raya PUSPIPTEK 101 (Depan kampus ITI)
        Serpong Tangerang 15314

        Untuk jadwal ketemuan bisa saja…sebaiknya mas kirim dulu material yg ingin disablon agar bisa kami coba…nah ketika berhasil segera kita atur waktu pertemuannya…demikian info dari kami n trimakasih banyak

         
    • Hidayat Hafied

      September 8, 2011 at 9:16 am

      Bpk yth.
      Kalau ingin pesan mesin cetak sablon ukuran besar 3 – 6 mtr, dapat dipesan dmn ya, dan harganya berapa tiba di tempat saya,
      Terus untuk teknik opertionalnya apa bisa dilatih ditempat bapak.
      terima kasih

      Hormat saya

      Hidayat Hafied
      hidayathafied@gamail.com

       
  7. yank nebula

    August 26, 2009 at 7:10 pm

    ass….mbak….
    salam kenal, saya sering buka internet di bidang digital, melihat customer2 berkonsultasi sama mbak, dan jawabannya dari mbak yang simple dan mudah di terima membuat saya berkeinginan kuat untuk mencoba share.
    saya saat ini baru memulai usaha di bidang digital, spt mug, piring, keramik dsbnya. sy berencana jg unutk memiliki msin banner outdoor,tetapi belum mendapat info lengkap dr mesin yang akan saya beli maupun fungsi,pemakain,mesin yang sederhana dalam arti buka yang biasa tapi bagaimana memilih mesin yang terbaik,pemakain,perawatan,onderdil,service dsbnya. mohon bantuannya mbak info lengkapnya. oya saya dri pontianak.bisa jg lewat email saya mwnebula@yahoo.com.thanks n always CAYO! WASS

     
    • ronitadp

      August 27, 2009 at 5:08 am

      Dear Yank Nebula
      Info mesin digital printing secara lebih detail sudah saya posting di halaman mesin digital print…disitu sudah kita ulas satu2…untuk masalah after sale jika anda beli di RONIta maka kami siap melayaninya..termasuk untuk urusan onderdil…demikian info dari kami n trimakasih

       
  8. andrez firmansyah

    October 16, 2009 at 10:27 pm

    ass..

    salam kenal,, mbak saya adalah seorang desain grafis sejati yang akan membuka usaha di digitaL printing,,awalnya disini saya ingin menanyakan MESIN CETAK DIGITAL UKURAN BESAR Seiko SPT 255 / 510 apakah itu benar2 bagus untuk pembuatan Baliho? trus spesi mesin diatas apa itu masih ada stock d tempat mbak?
    mbak saya benar2 berharap info harga dan katalog mesin ini,,
    scepatnya,,
    info bisa mbak kirim melalui emaiL saya
    andrez_firmansyah@yahoo.com

     
    • ronitadp

      October 17, 2009 at 1:44 pm

      Dear Andrez
      Seiko termasuk printhead yang bagus untuk cetak baliho…selain seiko adalagi seperti spectra, konica, sama polaris atau xaar omnidot…semua punya kelebihan dan kekurangan masing2..tapi pada umumnya hasil cetakan printhead tersebut bagus semua…jika anda ingin membeli mesin ini silakan hubungi RONI 0816568498…trimakasih

       
  9. thomy

    January 10, 2010 at 8:59 am

    saya sangat awam tentang dunia percetakan tapi pingin sekali membuka usaha ini dengan teman saya. boleh minta saran tentang bagaimana prospek pasar terhadap usaha percetakan saat ini, manfaat ekonominya seperti apa, juga manfaat sosialnya. saya sangat membutuhkan pandangan dari bapak. trimakasih, met tahun baru buat bapak sekeluarga.

     
    • ronitadp

      January 10, 2010 at 9:47 pm

      dear thomy
      kalo masalah prospek bisnis cetakan sangat bagus n long life,selama msh ada kehidupan maka bisnis ini selalu dibutuhkan,contoh kegiatan dakwah butuh cetakan,pasar butuh cetakan,sekolah jg butuh,coba anda pikirkan apa yg ttdk butuh cetakan? Pasti anda sulit menjawabnya..dari sini tentunya anda sdh bisa menangkap bgtu banyak peluang dalam dunia cetakan, trimakasih

       
  10. theodora

    January 29, 2010 at 5:26 pm

    To mas Roni
    Saya mau nanya untuk mesin wide format yg dari china apakah ronita juga sediain? Kalau ada merek apa aja dan harganya berapa?
    Apakah mesin outdoor dari china itu juga bagus untuk indoor? Terima kasih

     
    • ronitadp

      January 29, 2010 at 5:40 pm

      Dear theodora
      Mesin yg lagi ngetrend saat ini mesin china teknologi jepang misal flora polaris…harga sekitar 265jt…kalo mesin outdoor secara umum kurang cocok untuk indoor kecuali mesin sekelar ROLAND…trimakasih

       
  11. rendi

    February 15, 2010 at 4:51 am

    mas ada gak print yg murah …
    yg bisa cetak stiker vinil…
    ap namanya..
    kira2 harganya berapa…
    terima kasih mas…

     
    • ronitadp

      February 15, 2010 at 5:01 am

      Dear Rendi
      Murahnya itu berapa ya?karena mesin epson t-11 juga bisa cetak vinil indoor dengan hasil sangat bagus juga..trimakasih

       
  12. priyo

    February 17, 2010 at 12:04 am

    pak roni, saya ingin membuka usaha digital printing outdoor..
    untuk mencetak ukuran lebar 5meter (biasanya untuk baliho, bando, dll)
    mohon diberi masukan mengenai mesin cetak yg bagus, dan rincian biaya produksinya

    matur nuwun

     
    • ronitadp

      February 17, 2010 at 1:30 am

      Dear Priyo
      Untuk mesin 5 m bisa pakai myjet kalo kelas menengahnya..kalo kelas bagusnya pakai scitex…harga mesin dikisaran 500jt utk myjet…biaya produksi tinta sktr 3500/m2…tapi kalo kebanyakan mending pakai yg 3,2m saja mesinnya…ada yg bagus mesin flora polaris…harga 265jt…biaya tinta per m2 3500…kecepatan bisa samai 100m2/jam…trimakasih

       
  13. dedi

    March 14, 2010 at 3:38 pm

    slam knal mas tlong krimin katalog mesin cetak…apa saja coz sy buth informasi lbh lengkap tetang mesin cetak…..klo harga katalog brapa harganya ?

     
  14. louis

    March 15, 2010 at 10:27 am

    Dear Ron,

    Mas q ada beli mesin indoor tp sampai saat ini bingung pakai dye ink or eco solvent.bisa tolong di bantu.tolong juga di bantu mesin yg bagus untuk indoor dan outdoor. and pngertian pico liter apa ya (makin kecil makin bagus or jelek)

    trims

     
    • ronitadp

      March 15, 2010 at 2:47 pm

      Dear Louis
      Mesin indoor tidak bisa dipaksakan menggunakan tinta ecosolvent…mesin yg bagus utk indoor n outdoor tanpa harus mengganti tinta adalah ROLAND..picoliter artinya ukuran tinta yg bisa disemprotkan oleh nozzle atau butiran terkecil yg bisa dibentuk oleh tinta itu sendiri..semakin kecil angkanya maka semakin halus cetakannnya..makasih

       
  15. louis

    March 15, 2010 at 6:46 pm

    Dear mas ron,

    1.mesin yg saya beli emang di khususkan utk ecosolvent..tetapi menurut penjual itu bisa masuk tinta dye.
    dan dia sarankan untuk menggunakan tinta eco solvent akan tetapi bilama mana eco dirasakan kurang nanti tinta tersebut bisa di bersihkan dan diganti tinta dye.mohon commentnya

    2.roland menggunakan eco solvent bukan :) (sorry kalau salah )

    3. bisa tolong jelaskan tidak perbedaan eco-solvent, solvent,dye apa ya dan jenis tinta apa yg suitable utk indoor and outdoor

    saya pemain baru, jd mohon maaf bila banyak nanya :) saat ini saya hanya punya mesin ecosolvent mrk cina dan berencana membeli outdoor>mohon infonya beserta price range dr setiap merek.trims

     
    • ronitadp

      March 15, 2010 at 10:13 pm

      Dear Louis
      1. Ya benar jika printer anda ecosolvent maka bisa dimasukkan tinta dye tapi tidak bisa sebaliknya. Cuman proses pergantian tinta yg terlalu sering akan membuat head atau dumper atau caping kita cepat rusah…dan hal semacam ini sebenarnya tidak disarankan…sekarang logika saja jika mesin tersebut bagus walu menggunakan tinta ecosolvent maka hasilnya akan bisa menyamai hail mesin dengan tinta dye (secara umum)…

      2. Roland menggunakan tinta ecosolvent

      3. Solvent adalah tinta berpelarut solvent yg tidak peka terhadap air serta inar UV sehingga dia bisa digunakan di luar ruang maupun di dalam ruang
      Ecosolvent adalah generasi tinta solvent yg ramah lingkungan terutama dalam hal bau…tinta solvent sangat bau sedangkan ecosolvent tidak
      Tinta yg paling cocok untuk indoor outdoor adalah ecosolvent saat ini…tapi mungkin ke depan akan ada jenis tinta lain yang lebih cocok seperti latex inks…ya kita tunggu saja perkembangannya

      Trimakasih

       
  16. louis

    March 16, 2010 at 4:25 am

    ear Mas Ron,

    1.mencari mesin outdoor 3.2 mohon sarannya ? biasa jenis tintanya apa ya ? sama perkiraan biaya.
    2. untuk mesin 5m itu kisaran harga berp dan brannya apa ya ?
    3.utk mengetahuin ukuran2 spanduk, baliho, dll (outdoor produk) saya bisa cari dimana ya
    4.sy baru beli mesin a-starjet tetapi dimanual dan seller tidak memberitahu saya resolusi untuk setiap pass.dan harga tinta per m2, mesin ini menggunakan printhead epson dx5.5, apakah mas Roni ada pengetahuan ttg mesin ini.
    5.printhead yg bagus itu merek apa ya.

    sy newbie banget, dan utk mesin outdoor sy mau merencakanannya dengan matang (quality and speed jadi pertimbangan )

     
  17. nadhifan

    March 22, 2010 at 5:29 am

    pak saya mau tanya tentang perawatan mesin myjet agr mesinnya pdt bekerja dengan baik. apa pak hal2 yang perlu diperhatikan pada mesin myjet ini???
    sama tanya hrg headnya myjet (xaar) kisaran brp pak???
    sebelumnya trimakasih :-)

     
  18. kang boel

    May 21, 2010 at 4:13 am

    bos mau tanya kalo mesin china kalo liat penjelasan di atas bisa ganti print head merk lain semacam seiko, xaar dll. gt y ….

     
  19. Abdul Rosyid

    May 28, 2010 at 8:02 am

    Saya mau beli digital printing, tapi saya mau coba yg ukuran 1,5 m ada nggak ya…. makasih

     
  20. fery

    July 7, 2010 at 6:58 pm

    mas ron,saya minta petunjuk nih.saya beli printer indoor novajet 750.kira2 hasil cetakan mesin itu layak pasar kah?

    kalau cetak pake bahan kain kira2 tahan berapa lama untuk indoor mas?

    dimana tempat beli bahan kain indoor dan berapa harga/mtr.

    mohon petunjuk mas roni

     
  21. Andhy

    July 17, 2010 at 12:53 pm

    Pak mohon info mesin outdoor yang kualitasnya baik tapi harganya tidak terlalu mahal dan perawatannya mudah. Kata teman-teman Gongzheng bagus. ada juga yang bilang lain. Saya ada planning mau beli mesin outdoor makanya mohon petunjuknya.
    Terima kasih.

     
    • ronitadp

      July 19, 2010 at 2:41 am

      Dear Andhy
      Sekarang ketika kita beli mesin pertanyaannya adalah kita berani makai mesin yang mana..untuk mesin china memang sudah ada kemajuan yg pesat terutama tentang kualitas tapi secara umum mesin2 jepang atau eropa masih lebih tangguh..nah sekarang sesuaikan saja dengan budget dan keberanian anda menggunakan mesin mana…sama seperti motor..kita berani memakai yg mana..selain tentunya kita melihat bahwa kualitasnya secara umum..trimakasih

       
  22. ferry

    July 19, 2010 at 2:50 pm

    saya mau beli mesin outdoor 5m tp ga tau mau beli dmn ? mohon informasi

     
  23. Taufiq

    August 13, 2010 at 3:32 am

    Mau nanya pak, ada nggak mesin yang bisa berfungsi sebagai mesin outdoor dan indoor sekalian. Trims atas jawabannya.

     
    • ronitadp

      August 14, 2010 at 3:51 am

      Dear Taufiq
      Ada…semua mesin ROLAND yg kami pakai dan kami jual adalah mesin INDOOR OUTDOOR

       
  24. zaifrinal

    October 10, 2010 at 9:50 pm

    kepada bpk sy mo nanya, tolong donk detailnya kendala dan kelebihan khusus mesin my jet uk 3.2 m dan berapa harga second 2 years dan brp biaya per 1m2 termasuk service listrik dll dan berapa ketahanan mesin my jet rata2 trims

     
  25. Abdul Rauf

    December 21, 2010 at 2:43 am

    Terima kash sebelumnya pak.
    Bisa berikan daftar harga-harga large/wide printer !!

     
  26. nugo

    December 28, 2010 at 12:31 pm

    mas, modalku tipis nih 50 jt, kira2 bisa enggak nih untuk usaha digital printing (outdoor). kira kira pake mesin apaan. mohon saran, trims.

     
    • ronitadp

      December 29, 2010 at 4:38 am

      Dear Nugo
      Kalo modal 50jt bisa saja tapi dapatnya second atau kalo ndak coba gandeng pihak leasing untuk mendapatkan mesin baru..trimakasih

       
  27. nugo

    December 28, 2010 at 12:42 pm

    mas, modal 50 jutaan bisa ga nih usaha digital printing ( spanduk, balaiho dll ) kira2 pake mesin apaan? trims

     
  28. SAFARI

    March 20, 2011 at 11:38 am

    KANG …. tak melu blajar diewangi.
    mesin yang bisa nyetak warna ukuran doble folio namanya apa ! kisaran berapa duit ?

     
  29. SAFARI

    March 20, 2011 at 11:46 am

    saya kerja di foto copy udah 5 th tapi akhir akhir ini banyak yang nanyakan copi warna. tak pikir kalo scan truss print kurang cepet ( harus pake edit sgala ) klo tak tambahi mesin yang bisa cetak sprti yang saya kehendaki namanya apa sih ? dan berapa biaya untuk itu ?

     
    • ronitadp

      March 21, 2011 at 4:43 am

      Dear Safari
      Pakai yg bisa langsung copy juga ada..tapi kita hanya sedia yg 2270..trimakasih

       
  30. sinyo gayo

    April 14, 2011 at 7:19 pm

    mas mau nanya? kami udah buka photo copy udah 3 tahun.. rencananya mau beli mesin cetak warna untuk brosur yang ukuran A2 ato lebih (paling lebar 1m) kira-kira mesin cetak apa yang cocok untuk ukuran yang kualitas gambarnya bagus dan tolong info harganya.. atas penjelasanya kami ucapakan terima kasih. tempat usaha kami di Aceh mas (sarako photo copy )

     
  31. daniel

    May 23, 2011 at 6:58 am

    mohon informasinya untuk mesin cetak photo digital untuk usaha photo studio

     
    • ronitadp

      May 23, 2011 at 2:11 pm

      Dear Daniel
      Pakai aja mesin cetak sublim seperti kodak atau mitsubishi..harganya dikisaran 50jt…makasih

       
  32. topik

    June 15, 2011 at 7:08 am

    salam kenal, saya topik dari bandung, rencana saya mau buat kaos digital printing ukuran penuh, kira2 dimana tempat ato pabriknya ya? kl boleh saya minta referensi yg ada di daerah bandung? terimakasih..

     
  33. Suyanto Edy

    June 24, 2011 at 4:56 am

    salam kenal

     
  34. Suyanto Edy

    June 24, 2011 at 4:57 am

    maaf saya baru bergabung neiiii

     
  35. Gora

    July 14, 2011 at 10:43 am

    salam..buat ronitadp

    saya mau nanya mas ..
    saya mau buka usaha studio foto sekaligus bersamaan dengan mesin cetaknya agar nanti pengerjaanya lebih cepat dan gk repot, kebetulan saya pernah bekerja d sebuah studio foto kecil-kecilan yang mencetetaknya itu mesin epson r230 yang tentu ukran mencetaknya itu sangat tebatas.
    nah yang ingin saya tanya kan itu – mesin apa ya mas yng cocok untuk usaha studo foto yng tentunya nanti sudah berukuran besar.
    – harganya kisaran berapa ya mas?
    kira -kira cara pengoprasianya sama gk mas atu mungkin sangat jauh bedanya…?/
    dan yang terahir ne mas…..(sory ya banyak bnget pertanyaanya) dimana saya bisa dapetin barang tersebut??

    itu saja dulu mas ..
    tolong ya mas s dikonfirmasi..

    sebelumya saya ucapkan dulu terima kasih telah mau berbagi ilmu dengan pengunjung ronitado…. -

     
    • ronitadp

      July 15, 2011 at 12:01 am

      Dear Gora
      Beli saja mesin cetak ukuran A1 yg bisa cetak dengan lebar 60cm dan panjang bisa sampe 15 m…untuk merk ada HP 130 atau Epson 4770..untuk harga di kisaran 20-45jt…bisa di dapat di toko2 plotter di kota anda kalo ndak bisa juga pakai canon imagepro..dalam waktu dekat 21-24 july ada pameran di JCC JAKARTA FGD 2011..datang aja disana banyak yg jual

       
  36. ken megan

    July 31, 2011 at 4:05 pm

    Slm Kenal

    Saya ken megan dari kediri ada kebutuhan untuk pembelian beberapa mesin digital printing,beserta mesin-mesin cetak sebagai pelengkap kebutuhan advertising…bisa direfrensikan atau diinfokan mengenai mesin mesin yang saat ini lebih banyak dipakai oleh teman-teman yang bergerak dibidang ini beserta harga mesin2 …terimakasih

     
  37. oril

    August 1, 2011 at 12:24 pm

    mas kami cari mesin cetak baliho Flora 3, 2 meter. kisaran harga berapaan ya…? sama roland lebih handal mana y..? tq

     
    • ronitadp

      August 1, 2011 at 8:13 pm

      Dear Oril
      Kita tidak punya mesin flora…kalo roland tidak ada yg lebar 3,2m..kalo masalah mesin sih tergantung kebutuhan kita..kalo utk spanduk atau baliho maka flora bisa dikatan lebih cocok tapi kalo untuk premium jelas roland pak

       
    • niko

      October 24, 2011 at 4:48 am

      081349468201

       
  38. ahmad saja

    August 12, 2011 at 5:00 am

    Salam Kenal mas, saya Harris, saya mau memulai usaha cetak banner. kalo mesin yang bagus merek apa yah.. yang ukuran bisa panjang. kalo budget saya sekitar 400jt an. mohon referensi mesinnya pak.

    Terima Kasih

     
  39. hafiz

    November 16, 2011 at 7:10 am

    harga nya berapa ya.

     
  40. Mauluddin

    November 17, 2011 at 4:14 pm

    SALAM

    Sy buka usaha photo studio…dan kini sy ingin buka usaha..percetakan spanduk…..dan sy buka web ini beberapa kli,kali ini sy beranikn diri utk minta informasi dari mbak,mesi percetakan yg bagus utk percetakan sepanduk,/baliho.tlng antar gmbar dan harganya ke Email sy,

    terima kasih

     
  41. Mauluddin

    November 17, 2011 at 4:18 pm

    SALAM

    Sy buka usaha photo studio…dan kini sy ingin buka usaha..percetakan spanduk…..dan sy buka web ini beberapa kli,kali ini sy beranikn diri utk minta informasi dari mbak,mesi percetakan yg bagus utk percetakan sepanduk,/baliho.tlng antar gmbar dan harganya ke Email sy,

    terima kasih

    ranggestsamudra@yahoo.co.id

     
  42. Dedy

    November 29, 2011 at 7:18 am

    Siang Mas…
    Saya dah buka usaha 5 tahun
    usaha shooting video dan cetak photo….
    kalau video sih nggak masalah tapi cetak photo …..yang saya bingung
    kalau saya pake printer epson r1930…a3….
    cuma saya mo tanya kalau saya mo pake mesin….yang cocok apa ya mas
    (bisa balas ke emailku : accartcom@yahoo.co.id)
    Sukses////bang

     
    • ronitadp

      November 30, 2011 at 2:39 am

      Dear dedy
      Kualitas apa yg anda ingin cari..jika standar bisa menggunakan mesin2 epson yg sudah anda punya
      atau bisa menggunakan mesin2 minilab seperti kodak atau mitsubishi yg harganya di kisaran 40-50 jt dengan ukuran cetak maksimal 8R..mesin2 tsb menggunakan teknologi thermal sehingga hasil cetakan sama dengan studio2 photo..kelemahannya dia hanya ukuran kecil saja

       
  43. heri

    December 12, 2011 at 3:39 pm

    kalo untuk mesin spanduk kain, merk apa yg murah pak?

     
  44. Agustinus Talling

    January 14, 2012 at 4:47 am

    Slm kenal….sy mo usaha percetakan spanduk, baliho,…..kira2 mesin apa yg cocok, bisa kah dibuatkan rencana biaya peralatan yg s perlukan?

     
  45. fandi

    January 20, 2012 at 6:02 pm

    Salam Kenal..
    Rencana saya akan membuka usaha digital printing dan saya tertarik dengan paket yang Ronita tawarkan (Roland RS640, dll) mengingat peluang kami yang sangat besar maka kami juga membutuhkan mesin outdoor 3,2m.
    -. Apakah di Ronita juga menyediakan untuk mesin yang 3,2m ?
    -. Merk apa yang bisa Ronita referensikan untuk mesin 3,2m ? (dengan budget 225 jt)
    -. Kalo Mesin Flora Polaris LJ-320P berapa hrganya berapa? dan dimana bisa saya dapatkan? Sukur kalo di Ronita ada akan lebih mudah kita bekerja sama

     
  46. Deni

    February 22, 2012 at 3:18 pm

    malam mas…mau nanya,untuk mesin cutting cina lebar 60 cm merk apa yang lebih bagus….???

     
  47. anam

    March 1, 2012 at 8:06 am

    bang..saya rencana membuka mini lab foto. mohon informasi untuk tempat beli mesin cetak mini lab dimana……..atas bantuanya terimakasih

     
    • ronitadp

      March 1, 2012 at 7:04 pm

      Dear Anam
      Untuk membeli mesin lab photo bisa ke KODAK…untuk merk kodak anda bisa menghubungi PT. Aneka Warna…untuk alamatnya silakan dicari di google ya…makasih

       
  48. didik

    March 17, 2012 at 4:23 am

    Dear big bos ronitadp

    Comment ja nie,..luar biasa ilmu-ilmunya mau d.share k.umum,..
    kebetulan saya juga seneng desain juga,..tp belum da mesin sendiri,..cm modal desain ja, sy cetak di percetakan,..hasilnya sedikit2 tp lumayan juga,..
    so d.awali dgn mimpi & semangat mudah2an bs spt anda..amin!

    tetap semangat dan salam luar biasa

    didik-black team

    purwodadi-gobogan jawa tengah

     
    • ronitadp

      March 17, 2012 at 10:11 am

      Dear Didik
      Makasih atas komentar nya ya..sukses juga buat anda…

       
  49. Hamzan

    July 16, 2012 at 6:24 pm

    Salam Kenal pak Roni

    saya rencana akan beli mesin outdoor 3,2m beserta kebutuhan pelengkap lainnya di tempat bapak.
    untuk jenis mesin tolong sya di infokan via email: hamzanbest@gmail.com Termasuk Harga yg Second bila tersedia,
    jika harga cocok saya akan langsung ke tempat bapak.

    Terimakasi
    di tunggu kabar Baiknya.

    Hamzan – Mataram (NTB)

     
    • ronitadp

      July 17, 2012 at 4:21 am

      Dear Hamzan
      Untuk mesin outdoor 3,2m kita tidak jual pak..kita hanya jualan mesin roland yang ukurannya 1,6m aja..trimakasih

       
  50. Edu Radasaala

    August 23, 2012 at 7:53 am

    siang mas, kalo untuk cetakan baliho ukuran 3 x 7 meter mesin yang cocok apa mas?

     
    • ronitadp

      August 24, 2012 at 2:38 am

      Dear edu
      yg cocok msn lebar 3.2 ato 5 m..seperti myjet,flora,crystal jet,hp scitex dan sebagainya

       
  51. andi

    August 30, 2012 at 8:37 am

    saya mo membuka studio photo kira-kira printer apa ya yang paling pas saya gunakan…?

     
  52. yayat

    September 10, 2012 at 7:54 am

    Mas mau naya kalo mesin laysander gimana kualitasnya?
    gimana daya tahannya mesin?

     
  53. Bamz

    September 20, 2012 at 11:52 pm

    saya tertarik dengan usaha digital printing.
    untuk mesin cetak yg cocok untuk baliho dengan ukuran 3,2-5m,spanduk,stiker,banner dengan budget 100jt-an,bisa nga pak roni referensi mesinnya dan alamat/penjualannya.

     
  54. Anez Eza

    December 7, 2012 at 3:09 pm

    saya akan membuka percetakan baliho,
    kira2 berapa modal awal yang di butuhkan mulai dari mesin dan semua peralatan yang di butuhkan, dan bagaimana strategi mengiklankannya supaya percetakan kita tersebut di kenal masyarakat. terima kasih

     
    • ronitadp

      December 7, 2012 at 10:01 pm

      Dear Anez
      Untuk mesin2 baliho di kisaran 100jt
      Kalo masalah iklan bisa membuat brosur kemudian sebar di tempat2 strategis
      Atau bisa juga memanfaatkan jejering sosial seperti facebook

       
  55. denis

    July 16, 2013 at 8:42 am

    mau nanya,, saya mau buka percetakan baliho, kebetulan ditempat saya baru ada 1 orang yg punya mesin cetak ukuran besar,, saya ingin membeli mesin cetak baliho.. kira² untuk mesin cetak baliho merk yang bagus apa ya?? trus kalo harga tintanya berapa??

    klo bisa bls di email sya aja… denistambaritji@rocketmail.com

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31,136 other followers

%d bloggers like this: