BAGAIMANA MENGATUR STOCK UNTUK PENGUSAHA DIGITAL PRINTING

Tinta adalah salah satu komponen vital bagi kelancaran sebuah usaha digital printing. Sering banget orderan tidak bisa segera jalan karena stock tinta kosong. Apalagi jika kita menggunakan tinta original yang memang stocknya terbatas.

 

STOCK TINTA RONIta DP

Kuncinya adalah kita harus berani STOCK TINTA. Akan tetapi berani stock tinta aja tidaklah cukup jika kita sudah berhadapan dengan tinta yang ada masa kadaluarsanya. Tinta yang ada kadaluarsanya adalah tinta UV dan sebenarnya semua tinta ada masa expirednya tapi selain tinta UV masa expirednya lebih lama. Sedangkan tinta UV hanya 6 bulan.

Saya adalah penggemar tinta refil tetapi sejak menggunakan mesin UV dan mesin ROLAND striping maka mau ndak mau saya harus menggunakan tinta original. Yang agak memusingkan adalah sering ditengah2 kerja kami kehabisan tinta dan harus lari2 ke vendor minta tinta. Tapi seringnya vendor juga kosong dan akhirnya orderan jadi nunggu atau molor dari jadwal.

Kondisi ini akhirnya saya siasati dengan cara membuat sistem stock sebagai berikut :
1. Tinta di dalam mesin harus selalu terisi minimal 50% jadi tidak boleh di bawah 50% kapasitas tangki tinta

2. Di lemari harus selalu ada 2 botol tinta sebagai stock sehingga selalu ada cadangan untuk mengatasi hal-hal tak terduga

3. Warna atau tinta yang paling sering dipakai di stock dalam jumlah 2x lipat tinta lainnya.

4. Menyediakan uang cash untuk membeli tinta agar tidak kehabisan jatah.

Jadi setiap hari harus ada rutin yang mengecek kondisi tinta baik dari operarto, bagian belanja dan supervisor toko.
Nah dengan begitu maka stock tinta akan relatif aman terkendali.

Tinta ori cukup mahal karena per katridge harganya rata2 di kisaran 2jt rupiah, jadi kalo kita ada 3 mesin dengan jumlah warna 6 maka ada 18 jenis tinta yang harus di stock. Mengacu pada sistem stock tinta tadi maka saya harus mengeluarkan modal sebesar 18 x 3 (jumlah katridge ) x 2jt = 108jt.

Nilai sebesar itu bisa untuk bertahan sampai 6 bulan sesuai expirednya. Otomatis per bulan kita harus mencari orderan sebesar 18jt hanya untuk menjaga stock tinta stabil.

Ya sungguh sebuah angka yang tidak sedikit dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Itulah kenapa kita harus bener-bener ketat dengan perhitungan harga kita, tidak asal banting2an harga mengikuti orang yang tidak berbisnis dengan benar. Intinya semua harus benar-benar diperhitungkan karena semua memang perlu begitu.

So akan semakin sulit bagi agan yang di luar kota atau di daerah yang jauh karena ada biaya transport yang lebih mahal. Tapi semua pasti akan ada jalan asal kita bisa mengaturnya dengan cermat.

Oke sobat RONIta..selamat belajar dan terus kreatif…

Salam Kreatif
by RONIta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s