Mari Mempelajari Sistem Usaha

Dari beberapa printing di australia yang sudah saya kunjungi ternyata ada 1 hal yang belum saya kuasai benar yaitu SISTEM USAHA.

Secara mesin semua hampir sama, mereka punya roland saya punya juga, mereka punya mimaki saya juga punya mimaki, saya punya mesin UV mereka juga punya. Tapi kenapa perusahaan mereka terlihat lebih efektif kerjanya dibandingkan RONIta?

Ternyata jawabnya adalah di sistem usaha. Mereka sudah meng-investasikan dananya untuk sebuah sistem dimana semua bisa berjalan dengan baik dan benar tanpa harus terlalu banyak melibatkan banyak manusia karena sebenarnya semakin banyak manusia akan semakin banyak erornya.

Mereka mencoba meminimalkan peran manusia dengan sistem usaha yang otomatis melalui software-software canggih yang mampu membuat layanan usaha menjadi sangat efektif baik bagi perusahaan dan bagi konsumennya.

Satu hal yang saya amati adalah keberanian mereka untuk bisa FOKUS.
Ya mereka begitu fokus dengan pekerjaannya, fokus dengan keahliannya dan sangat fokus dengan tujuannya. Tidak belok belok sana sini yang akhirnya membuat mereka jalan di tempat.

Sebuah contoh, kedai digital printing yang saya lihat memiliki mesin roland 1 pcs, mesin fujixerox 4 buah dan beberapa mesin finishing. Mereka buka senin-sabtu dari jam 8-5 sore. Tapi hebatnya hasil kerjanya sudah seperti RONIta yang kerja dari jam 9-9. Dan ternyata yang membuat mereka sangat efektif adalah adanya software-software hebat yang mereka pasang sehingga banyak pekerjaan yang bisa selesai lebih cepat.

Fantastic, itulah kesannya. Termasuk sebuah kedai photo yang mana penunggunya hanya 1 orang tapi setiap harinya mampu menghasilkan ratusan dolar karena setiap konsumen yang datang bisa print n design sendiri tanpa harus ada konsumen yang repot menjelaskan. Mereka tidak mau pusing jika konsumen kesulitan, intinya mereka sudah pasang petunjuk di berbagai bahasa dan jika tidak bisa maka resiko konsumennya karena konsumen yang lainnya sudah antri. Terlihatnya kejam ya tapi mereka bilang kami tidak punya uang dan waktu untuk membayar SPG hanya untuk menjelaskan hal-hal seperti itu mr roni, makanya kita fokus ke konsumen yang mau mengerti dan mempelajari sistem kami juga.

Wow…itulah kata2 yang keluar dari saya..kagum dan tentu ingin mempelajarinya dan menyesuaikan dengan segala yang ada di Indonesia dan RONIta.

Itulah kenapa saya rasa sebuah sistem usaha itu memang harus dipelajari, kenapa ada sekolah bisnis karena intinya yang mereka pelajari bukan sekedar membuat produk atau how to produce tetapi juga how to make this porduct can be sale…

Semakin tertarik untuk mempelajari manajemen bisnis printing2 di australia…

Bismillah

Salam Kreatif
by RONIta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s