Striping Motor Custom Digital Printing vs Cutting Sticker Striping

custom-striping-yamaha-mio-soul-gt

Sama-sama striping custom tapi antara metode cutting sticker dan metode digital print & cut memiliki perbedaan yang signifikan. Mari kita ulas yuk…

Cutting sticker adalah striping yang dibuat menggunakan metode cut only dengan memanfaatkan bahan yang sudah memiliki warna. Warna bahan untuk cutting sticker sangat banyak dan biasanya akan dilakukan kombinasik warna dengan sistem tumpul sesuai dengan warna dasar kemudian ditumpuk lagi dengan warna lainnya. Hampir semua warna-warna solid dan kombinasi warna bisa dimainkan menggunakan teknik cutting sticker tetapi hanya warna gradasi saja yang tidak bisa dimainkan teknik digital.

Sedangkan metode digital print & cut memanfaatkan mesin print sebagai pencetak warna di bahan yang awalnya polos. Karena mesin cetak mampu mencetak warna apapun bahkan photo dan gradasi maka kita bisa lebih bermain dengan aneka mode warna mulai dari splash, gradasi sampai photo orang. Dalam metode printing juga dilakukan cutting untuk memotong bahan sesuai pola motor. Yang perlu digaris bawahi dalam metode digital printing maka warna sebanyak apapun tidak perlu repot melakukan sistem tumpuk sehingga proses lebih cepat dan mudah.

Kelemahan dari metode digital printing adalah di warna-warna khusus seperti warna ngejreng, warna fosfor dan sebagainya. Sedangkan dalam sistem cutting sticker bahan-bahan dengan warna khusus itu sudah tersedia.

Tetapi dengan seiringnya teknologi maka di printing juga sudah bisa menghasilkan warna metallic, silver, gold dan sebagainya. Dan walau menggunakan printing maka kita tetap bisa menggabungkannya dengan metode cutting sticker.

Nah, itulah bedanya antara dua metode dan sebenarnya menurut saya kita tidak perlu berdebat mana yang lebih bagus tetapi seharusnya yang kita pikirkan adalah bagaimana menggabungkan dua metode itu untuk menghasilkan konsep striping yang sempurna.

Salam Kreatif
by RONIta

One comment on “Striping Motor Custom Digital Printing vs Cutting Sticker Striping

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s