Menguak Rahasia Bisnis Striping Motor & Mobil Custom

Bisnis di bidang otomotif itu tidak ada matinya karena dunia otomotif termasuk salah satu bidang yang sangat banyak peminat dan celahnya. Selain itu bisnis di bidang otomotif bisa menembus lintas negara sehingga begitu banyak peluang yang bisa kita raih.

branding mobil ronita di bsd

mobil box

striping mio soul gt

striping-ninja-custom-produksi-RONIta

Salah satu bagian dari bisnis otomotif yang banyak digeluti adalah aksesoris otomotif. Aksesoris otomotif ini banyak sekali macamnya dan salah satu yang paling nge-trend adalah striping custom untuk motor atau mobil.

Striping atau sticker branding adalah sticker yang dibuat secara khusus untuk meningkatkan penampilan motor dan mobil. Dibuat khusus mulai dari bentuk stickernya dan tentu design atau gambar sticker itu sendiri. Dengan adanya sticker maka tampilan motor atau mobil menjadi lebih dinamis sesuai dengan body motor dan mobil itu sendiri. Walau dari pabrikan biasanya sudah diberi striping yang bagus tetapi para penggila striping custom tentu ingin tampil beda dan ingin membalut kendaraannya sesuai design yang mereka inginkan.

branding-mobil-custom-ronita

Itulah kenapa bisnis striping motor dan mobil custom sangat laku. Terus pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar kita bisa masuk ke salah satu bisnis yang tidak ada matinya ini?

Jawabnya ada di ulasan berikut ini :

—> Tentukan Dulu Posisi Anda Memulai

Anda mamu memulai dari mana? Bisa sebagai broker, bisa sebagai penyedia jasa cetak dan pemasangannya atau bisa juga sebagai penjual grosiran. Sebagai broker maka anda mengambil barang ke tempat lain dan anda tinggal membuka lapak atau toko serta menyediakan layanan pemasangannya. Sebagai penyedia jasa cetak maka anda harus memiliki mesin dan bahan serta design yang menjual. Sebagai penjual grosiran maka anda harus berhubungan dengan vendor-vendor striping dan kemudian nge-drop barang2 tersebut ke toko-toko atau para broker. Atau bisa juga anda memulainya dengan semuanya yaitu menjual iya, memproduksi juga iya dan melakukan pemasangan juga.

Semua pilihan posisi yang anda ambil akan menentukan investasi dan modal kerja yang berbeda. Sebagai broker adalah pilihan yang paling minim investasi dan modal. Sebagai penyedia jasa memerlukan investasi yang cukup lumayan dan jika ingin semuanya maka anda harus menyediakan modal kerja dan investasi yang relatif besar.

Modal yang diperlukan range nya di kisaran 5 – 350 juta.

—> Carilah Vendor, Mesin dan SDM

Jika anda memilih sebagai broker atau penjual grosiran maka tugas selanjutnya adalah mencari vendor striping yang bisa diajak kerjasama. Umumnya anda tinggal membeli dari mereka baik dalam jumlah sedikit atau banyak yang tentunya harga akan dipengaruhi jumlah orderan yang anda beli. Selanjutnya anda bisa menjualnya langsung ke end user.

Jika anda memilih untuk sebagai penyedia jasa maka anda harus mencari mesin print dan atau mesin cutting. Dalam dunia striping dikenal 2 metode yaitu print & cut tau cutting sticker. Print & cut adalah metode membuat striping yang menggunakan mesin cetak digital dan kemudian memotong polanya menggunakan mesin cutting, metode print & cut ini secara otomatis sudah mengcover metoder cutting sticker. Metode cutting sticker adalah membuat striping custom dengan mengandalkan bahan sticker yang sudah berwarna dan kemudian di potong sesuai pola trus ditumpuk sesuai dengan design yang kita inginkan. Jadi pilihan memulai sebagai penyedia jasa striping yang bisa custom lebih repot dan lebih memakan tenaga.

SDM atau sumber daya manusia sangat diperlukan apapun pilihan anda. Sebagai broker, sebagai penyedia jasa atau penjual grosir maka anda harus memiliki SDM yang handal di bidang designer dan pemasangan karena kedua hal ini tidak bisa dipisahkan. Selebihnya kalo untuk sales bisa online atau anda menjadi sales untuk usaha anda sendiri. Semakin bagus SDM yang kita punya semakin besar peluang kita untuk bisa sukses di bisnis striping ini.

 

—> Carilah Lokasi Usaha Yang Strategis

Bisnis striping memerlukan lokasi usaha yang strategis dan nyaman sehingga kegiatan pemasangan bisa dilakukan dengan baik dan benar, apalagi jika kita fokus untuk branding mobil yang tentunya memerlukan space yang lebih luas dibandingkan motor.

—> Carilah Mesin Yang Berkualitas

Mesin adalah kunci bagi kita karena dalam industri striping hasil yang diharapkan adalah optimal dimana hasil optimal biasanya hanya bisa dihasilkan dari mesin-mesin kelas dunia. Mulai dari segi warna, segi kerapian pemotongan dan sebagainya merupakan hal yang wajib kita perhatikan. Banyak usaha striping custom yang tutup hanya gara-gara mesin yang tidak mendukung.

striping-motor-print-produksi-ronita

—> Gunakan Bahan Baku Berkualitas

Bahan striping adalah sticker vinyl, dimana untuk standar otomotif kita harus menggunakan bahan yang berkualitas dengan kriteria umum sebagai berikut :

  1. Lentur dan tipis sehingga mudah dipasang
  2. Lemnya tidak membekas atau merusak body motor dan mobil
  3. Memiliki ketahanan di outdoor minimal 1 tahun lebih

—> Apa Yang harus Diperhatikan dan Dikembangkan

Banyak hal yang harus diperhatikan untuk menunjang kelancaran usaha striping custom ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Buat pola striping yang menarik dan unik sehingga konsumen lebih tertarik untuk memasang striping di tempat kita. Pola ini harus kita buat dan cari sehingga ada baiknya anda memiliki folder khusus untuk menyimpannya sehingga suatu saat bisa digunakan terus-menerus jika ada yang memesannya kembali. Selain itu, pola ini harus kita jaga agar bisa menjadi ciri khas striping produksi kita karena banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjiplaknya. Lakukan perombakan pola secara periodik mengikuti perkembangan motor dan mobil yang ada agar kita tidak ketinggalan momentum.
  2. Design yang bagus adalah wajib, dalam dunia striping tantangan yang ada itu iyalah bagaimana kita membuat striping yang lebih bagus daripada striping asli pabrikan. Dimana striping asli pabrikan biasanya di design oleh orang-orang top dunia, nah kalo striping kita acak2an maka yang ada bukannya tambah bagus tapi malah seperti gambar tempelan yang mengotori motor atau mobil. Jadi design yang berkualitas adalah wajib disini. Design ini pun tidak bisa kita open begitu saja karena bisa jadi hanya akan dicontek oleh pihak lain dan kita takkan mendapatkan apa-apa dari design kita sendiri.
  3. Buatlah prinsip bayar dulu baru proses kerja, banyak sekali dari pelaku usaha striping custom yang mengeluh sudah capek-capek design tapi konsumen tidak jadi beli atau ternyata konsumen hanya ambil designnya dan cetaknya di tempat lain. Hal semacam ini tentunya pahit bagi kita makanya gunakanlah prinsip bayar dulu baru proses pengerjaan di mulai. Memang kelihatannya berat tapi prinsip inilah yang aman dan bisa mengikat konsumen secara serius. Trus sebagai referensi pasanglah design-design yang sudah terpasang atau yang sudah kita buat sehingga kalopun dicontoh oleh orang lain setidaknya itu sudah menghasilkan uang untuk kita. Selain itu memajang photo-photo yang sudah terpasang lebih riil daripada hanya sekedar konsep design yang akan ditiru banyak orang saja.
  4. Untuk yang berbasis digital print maka gunakanlah kombinasi warna-warna yang sulit ditemui di cutting sticker sehingga striping yang kita produksi bener-bener memiliki rasa yang khas dan tidak pasaran.
  5. Berilah garansi untuk cetakan dan pemasangan, tidak ada yang sempurna dalam dunia sehingga untuk lebih menenangkan konsumen maka berilah garansi secara umum, misal jika dalam kurun waktu seminggu sticker mengelupas karena kesalahan pemasangan maka kita mau menggantinya secara gratis. Garansi ketahanan warna, misal jika dalam 2 minggu warna pudar maka kita siap menggantinya. Dengan garansi ini menunjukkan komitmen bahwa kita siap melakukan yang terbaik untuk konsumen kita.
  6. Buatlah harga sesuai harga pasar sehingga kita tidak blunder jika terjadi hal-hal yang diluar kuasa kita semisal ada kenaikan bbm, kenaikan listrik dan sebagainya. Lebih baik adu kreatifitas dibandingkan hanya banting-bantingan harga.

Itulah hal-hal teknis dalam bisnis striping custom yang bisa kami uraikan. Selebihnya keberhasilan itu terletak pada keseriusan dan kesungguhan anda menjalankannya serta doa yang anda panjatkan kepada Alloh swt.

preview-striping-custom-pesanan-konsumen

Salam Kreatif

By RONIta

3 comments on “Menguak Rahasia Bisnis Striping Motor & Mobil Custom

  1. cara buat design di komputer gmn? pake photoshop,coreldraw dll bisa kan? template buat ngedesignnya dapet darimana tuh gan?
    sama mesin print nya apa ya namany? mau mulai usaha gini soalnua, lagi nyari2 info nih

    • Dear Erik
      Iya pakai software2 tersebut

      Coba kontak kami disini untuk informasi detailnya

      RONIta Digital Printing
      Ruko Tol Boulevard BSD BLok D No.1
      Jl. Pahlawan Seribu Serpong Tangerang Selatan
      Phone : 021/98705896/ 021-53158066
      Phone/wa : 081210987567
      Pin BBM : 59AA2609
      Email : ronita.dp@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s