Apa uniknya cetak digital di kayu

cetak-kayu-prints-on-wood

Hampir sebulan di ausie membuat saya kembali bergairah untuk menghidupkan layanan cetak photo atau cetak gambar atau poster atau biasa disebut juga art print kalo di luar negeri. Hal ini karena saya lihat begitu maraknya layanan cetak photo yang laris manis dan sangat hidup.

Di indonesia sendiri layanan cetak photo juga ndak ada matinya, mulai dari cetak photobook, cetak photo biasa, poster, kanvas dan sebagainya. Tetapi sayangnya di akhir-akhir ini RONIta sedikit melupakan layanan cetak photo atau art printnya. Hal ini disebabkan kami lebih fokus ke sticker dan creative product.

Nah di ausie saya menemukan kembali sebuah semangat untuk menggairahkan kembali layanan art print tetapi dengan mengkhususkan diri cetak di kayu. Ya media cetak yang digunakan adalah kayu, bukan kertas photo, bukan albatros, bukan kanvas, bukan sticker, bukan kaca, bukan acrylic dan bukan bahan sintetis lainnya.

Kenapa harus kayu? Jawabnya karena kayu itu unik.

Dari segi warna kayu sudah unik sehingga hasil cetakan juga akan menjadi unik

Dari segi tekstur maka tekstur kayu tidak akan pernah sama satu dengan lainnya dan ini seperti sidik jari kita dimana setiap orang takkan pernah punya sidik jari yang sama. Nah begitupula di kayu, walau gambar yang kita cetak sama tetapi hasilnya akan berbeda-beda sesuai tekstur kayu yang kita dapat dan inilah yang menurut saya akan memberi nilai seni yang unik.

Tentu bukan sekedar cetak ya tapi kita harus siap dengan layanan designnya karena memang kadang malah tidak pas kalo kita asal cetak di kayu. Disinilah dibutuhkan kemampuan design agar hasil bisa maksimal dan tentunya tidak akan mudah bagi pihak lain untuk menirunya karena itu bisa menjadi khas setiap produsen.

Di luar negeri, cetak kayu ini sangat laku dan bener-bener membuat saya kagum akan pelakunya. Setelah saya pelajari dan amati mereka bisa survive hanya dengan cetak kayu karena mereka mau fokus dan benar-benar all out mengerjakannya.

Sebuah pelajaran berharga yang saya dapat dan mampu membangkitkan gairah saya lagi untuk mengembangkan art print di RONIta.

So belajar itu tidak boleh berhenti sobat…harus terus dilakukan agar kita bisa eksis…

Salam Kreatif
by RONIta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s