Tantangannya harus bisa menyeimbangkan antara online dan offline

Dulu RONIta menganut sistem online, dimana kami jualan melalui internet dan orderan masuk semua lewat email. Hal ini di dasarkan pada lokasi workshop yang terletak di pelosok kabupaten tangerang. Sebagai gambaran saja, lokasi workshop ronita itu di daerah perbatasan tangerang selatan (dulu kab tangerang) dan bogor barat atau gunung sindur. Aksesnya kalo dari jakarta perlu 1,5 jam. Kondisi itulah yang membuat saya memfokuskan untuk jualan online melalui internet.

Seiring dengan waktu ternyata banyak konsumen yang datang ke workshop karena mereka pengen ketemu langsung atau lebih percaya kalo bisa lihat workshop ronita. Hal ini akhirnya mendorong kami untuk lebih maju ke tengah kota seperti workshop sekarang yang berada di jantung kota Tangerang Selatan yaitu kawasan bisnis BSD dan Pamulang.

Kondisi workshop yang mudah dijangkau memang menghadirkan sisi positif yaitu konsumen semakin banyak yang datang langsung karena memang banyak dari mereka yang begitu karakternya. Tetapi di sisi lain layanan online yang juga terus berkembang membuat kami juga kewalahan, hal ini ditunjang semakin dikenalnya ronita di penjuru daerah sehingga banyak konsumen yang dari daerah juga minta diperhatikan.

Kondisi ini memang mudah terlihatnya tapi cukup sulit dalam pengoperasiannya. Intinya tentu kami paham harus membagi 2 yaitu divisi online dan divisi offline. Tapi kenyataan tidak seperti itu karena konsumen online di Indonesia pengennya real time yang juga membutuhkan banyak SDM, begitu juga yang sudah datang ke workshop pasti butuh real face dan real time yang tidak bisa kita abaikan.

Inilah tantangan bagi saya sekarang, harus bisa meracik sistem baik untuk konsumen dan produksi yang inputnya dari offline dan online belum lagi yang suka dobel..udah datang dan masih juga pengen online..he he he…Semua hal ini terus mebuat saya terbangun dan selalu memaksa saya untuk mau belajar karena memang hanya belajar dan prakteklah yang bisa saya lakukan sembari nanti mengevaluasi bagaiaman sistem itu berjalan dan mana yang kurang.

So begitulah sobat, usaha itu asyik kok..seperti main game aja kadang..main game CM kesukaan saya…cuman sayangnya kalo usaha kalo rugi ya rugi beneran..he he he he..

Yuk belajar terus..saling mengenal..anda mengenal ronita dan kami juga bisa mengenal anda..biar sama2 bisa memahami…katanya tak kenal maka tak sayang kan..he he he

Salam Kreatif
by RONIta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s