Image

Mempertemukan usaha digital printing dengan dunia otomotif ala RONIta

dunia-otomotif-dan-digital-print

Industri cetak digital atau digital printing adalah industri hulu, dimana hasil dari industri digital printing bisa masuk ke berbagai jenis usaha lain. Hal ini di dasarkan pada produk yang dihasilkan oleh sebuah usaha digital print yaitu hasil cetakan. Hasil cetakan ini bisa berupa kerta, sticker, kayu, mica, kulit, kain dan sebagainya.

Semua hasil cetakan itu tadi pada umumnya masih mentah dan bila kita beri proses lebih lanjut akan menjadi produk akhir yang lebih menarik. Misal cetakan kertas kalo di jilid menjadi buku, kumpulan cetakan kertas photo kal0 di jilid menjadi photobook, kain yang dicetak kalo dijahit bisa menjadi kaos, baju, tas dan sebagainya. Sedangkan sticker kalo di pasang di mobil menjadi sticker mobil atau branding mobil, kalo dipasang di motor akan menjadi striping custom, kalo dipasang di helm akan menjadi helm custom dan seterusnya.

Fleksibilitas dari usaha digital printing yang sangat tinggi inilah sebenarnya yang membuat usahaa digital printing menjadi salah satu jenis usaha yang menarik untuk ditekuni dan dikembangkan. Dengan fleksibilitas itulah maka usaha digital printing bisa masuk ke dunia usaha lainnya misal kalo ke konveksi bisa masuk dengan proses printing atau sablon digitalnya, ke dunia photography bisa masuk melalui proses cetak photonya, masuk ke dunia otomotif bisa melalui dengan cetak stickernya dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini saya ingin membahas bagaimana digital printing bisa masuk ke dunia otomotif. Bahasan ini saya suka karena kebetulan saya adalah pelaku usaha digital print yang sedang mengkoneksikan diri dengan dunia otomotif.

Konsep dasarnya adalah saya tidak ingin terjebak pada monotonnya usaha digital printing terutama dalam hal cetak spanduk dan aneka kertas. Dimana untuk cetak spanduk dan aneka kertas persaingan harga benar-benar membuat miris dan kadang tidak masuk akal. Persaingan harga bagi saya hanya akan menghabiskan banyak modal dan ibarat berlari maka kita dipacu untuk berlari terus tanpa pernah bisa menikmati menjalani sebuah usaha.

Sedangkan kenapa pilihannya dunia otomotif? Jawabnya karena dunia otomotif tidak pernah ada matinya dan persaingan produk custom di dunia otomotif lebih stabil. Misal kita jarang menemui sesama pengusaha custom body motor atau mobil yang saling banting harga, cenderungnya mereka akan lebih bersaing di kualitas pekerjaan. Kondisi persaingan yang sehat ini tentu lebih enak dijalani daripada persaingan di usaha digital printing yang lebih menjurus saling mematikan.

Lalu langkah apa yang pertama saya ambil untuk bisa memasuki dunia otomotif dengan usaha digital printing ini? Jawabnya dengan sticker, sehingga langkah yang saya kembangkan adalah mempelajari dunia sticker terutama yang grade otomotif. Setelah kita mempelajari aneka jenis sticker maka saya belajar untuk proses pemasangannya, bagaimana cara memasang sticker yang baik dan benar serta alat apa saja yang harus kita siapkan. Terakhir adalah cara finishing, cara finishing yang baik sangat menentukan karena dalam dunia otomotif tampilan yang mewah adalah kewajiban.

Kemudian saya beralih ke masalah mesin, mesin digital printing banyak sekali jenisnya dan tidak semua mesin digital printing bisa menghasilkan cetakan yang kualitasnya masuk ke dunia otomotif. Dunia otomotif selama ini di dominasi oleh sablon screen yang mana hasil cetakan dan warnanya tidak perlu diragukan lagi. Nah dengan memahami mesin digital kita secara lebih baik maka kita akan bisa mendekati atau bahkan menyamai hasil sablon screen bahkan kadang digital printing bisa menghaslkan efek-efek cetakan yang tidak bisa dilakukan di sablon screen.

Akhirnya jika bahan sudah, mesin sudah dan cara pemasangan juga sudah, yang terakhir adalah bagaimana memasarkan produk kita. Market atau pasar mana yang harus saya ambil. Pasar menengah kah atau pasar bawah? Saya memilih pasar menengah dengan pertimbangan karakter konsumen di Indonesia secara umum. Pengambilan segmen market kelas menengah ini mengharuskan untuk menyediakan bahan yang bagus tapi harga masih terjangkau.

Kekuatan yang kita mainkan di segmen pasar menengah ini adalah kekuatan design, dimana kita harus kuat dan unik designnya sehingga bisa merebut hati di segmen menengah ini. Melalui media sosial di internet, kami menawarkan produk-produk kami, mengenalkan konsep custom pada dunia otomotif dengan basis digital printing dan terus memamerkan hasil karya yang pernah kita buat.

Produk-produk yang kita kembangkan adalah sebagai berikut :

  1. Helm digital RDH, yaitu helm modifikasi menggunakan teknik digital printing
  2. Striping custom RDS, yaitu pembuatan striping custom dengan aneka design untuk motor secara satuan dengan design suka-suka
  3. Pernak-pernik untuk riders seperti kaos, sticker motor, sticker timbul dan sebagainya
  4. Custom diecast, diecast adalah dunia replika dari motor or mobil, nah kami juga mencoba masuk kesana dengan layanan custom diecast layaknya kami mengcustom striping motor.

Ya begitulah kisah RONIta mengkoneksikan usaha digital printingnya dengan dunia otomotif, alhamdulillah dengan konsep ini RONIta tidak perlu ikut pertarungan sengit banting-bantingan harga dan bisa memiliki ciri yang khusus di dalam usaha digital printingnya.

Masih banyak dunia lain yang ingin kami masuki karena disana juga menjanjikan peluang yang sangat besar bagi pengembangan usaha digital printing RONIta.

Salam Kreatif

By RONIta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s