Image

Cerita pas nentuin harga modifikasi helm digital RDH

Pas pertama kali berhasil memodifikasi helm dengan cara pabrikan maka hal yang membuat saya masih bingung adalah nentuin harga jualnya. Jujur saya waktu itu bener-bener ndak tahu harga modifikasi itu berapa sih, bahkan harga helm aja saya ndak tahu pasti.

Tahunya helm ya paling 60-100rb. Nah pergi dong saya ke toko helm untuk cek-cek harga dan kaget juga ketika melihat helm yang harganya mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Trus saya mau jual berapa nih modifikasinya, akhirnya saya jual 50rb-100rb aja deh sekali modif. Betul saja pas saya jual segitu banyak yang order. Akan tetapi masalahnya pas kejadian salah produksi atau ada cacat maka saya bener-bener tekor karena harus ganti helm konsumen, harus ulang lagi proses cetak dan proses cat bahkan vernish.

Semua proses kegagalan itu ternyata ndak bisa ditebus dengan harga 50-100rb tadi. Dan sedihlah hati saya serta merasa terpuruk. Sampai akhirnya ketemu salah satu konsumen yang bilang, pak roni itu naif banget kalo jual custom harga segitu pak.

Airbrush aja dijualnya minimal 250rb per helm dan semakin sulit grafisnya makin mahal harganya. Bahkan ngecat polos aja di ciputat 100rb pak per helm. La sampean sudah fullcolor masak hanya 50-100rb jualnya.

Ya pantes aja laris pak, tapi babak belur di belakangnya.

Cerita konsumen itu bener-bener membuat saya semangat dan membuat harga baru lagi. Searching sana-sini akhirnya ya di dapatlah harga yang pantas dengan segala resiko dan tingkat kesulitannya.

Walau banyak yang ngatain kemahalan atau apa, it’s oke, yang penting kita bisa bekerja dengan aman dan tidak tekor terus. Intinya biar sama2 jalan dan sama2 puas

So begitulah sobat RONIta susahnya nentuin harga jual itu, banyak faktor non teknis kadang yang bisa membuat kita susah. Jadi harus banyak belajar deh selalu dan selamanya

Salam Kreatif
by RONIta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s