Gambar

Boleh nggak pengusaha printing gak bisa design?

Boleh nggak pengusaha printing gak bisa design?

———————- Kalo menurut saya begini..he he he

Dari jawaban yang masuk sekitar 32 jawaban, hanya sekitar 5 orang yang menjawab tegas tidak boleh, 2 orang ragu-ragu dan sisanya membolehkan

Mari kita coba jawab dengan melihat data dan fakta aja karena hanya data dan fakta di lapangan yang biasanya berbicara berdasarkan kenyataan bukan perasaan kita.

Saya dulu awalnya juga merasa boleh-boleh saja tapi untuk sekarang jawaban saya TIDAK BOLEH, begini uraiannya kenapa kok ndak boleh

Mari kita coba tanya pertanyaan ini satu-satu
1. Mark si fb owner ini bisa bikin fb karena dia ngerti internet
2. Bill gates bisa bikin OS windows karena ngerti komputer
3. Steve Jobs bisa bikin mac n apple ngerti komputer
4. Bob sadino bisa jadi raja supermarket bisa bertani dan beternak
5. Penjual bakso bisa jualan bakso karena bisa bikin bakso
6. Soto H Mamat bisa jualan soto karena dia bisa masak soto
7. Orang Manado bisa jualan cakalang karena mereka tahu mengolahnya
8. Percetakan di ciputat ownernya bisa design
9. Bhinneka big bosnya jago photoshop
10. Asaba para petingginya juga bisa photoshop
11. Primagraphia bosnya juga bisa setting lo
12. Pak subur pemilik subur juga bisa setting
13. Mas piyo, bekas karyawan saya yang sekarang buka usaha sendiri dan udah punya 2 cabang juga bisa setting
14. Si bos helm yang biasa saya ambil helmnya juga bisa design
15. dstnya….

Nah dari fakta-fakta di atas maka jawabannya GAK BOLEH karena NDAK MUNGKIN JUGA PUNYA CETAKAN TAPI GAK BISA SAMA SEKALI SETTING.

Mungkin tidak jago atau mahir iya, mungkin tidak hebat banget iya tapi pasti dia punya kemampuan design yang hebat. Kemampuan design ini bukan sekedar masalah setting tapi juga mendesign bagaimana perusahaannya mampu berjalan dan terus bertahan di setiap waktu.

Jadi kita harus mengartikan DESIGN disini secara luas karena DESIGN itu bukan melulu olah gambar photoshop atau corel tapi DESIGN USAHA itu jelas lebih komplesk dan lebih rumit.

Nah sekarang bagaimana bisa menjadi pengusaha printing kalo dia ndak bisa mendesign sebuah perusahaan printing? Ndak bisa mendesign sistem kerjanya bagaimana, design penjualannya bagaimana, design proses produksinya bagaimana dan seterusnya.

Bahkan kalo kita tarik arti design ini secara sempit sekali yaitu kemampuan edit gambar maka bisa dipastikan kita akan kesulitan menjalankan usaha kalo tidak bisa mendesignnya.

Saya jadi ingat di awal usaha saya juga ndak bisa menggunakan corel atau photoshop sama sekali. Setiap ada konsumen saya selalu alasan bahwa designer baru nanti malam bisa datang, untung konsumen masih mau okein, tapi lama-lama konsumen ndak mau juga nunggu sehingga mau ndak mau saya harus bisa design di corel dan photoshop.

Nah sekarang memang bisa aja kita lempar ke tukang setting seperti yang saya lihat dulu di ciputat di tempat2 cetak brosur atau undangan. Banyak yang ndak bisa design dan dia hanya mengandalkan tukang design yang di miliki perusahaan cetak. Tapi setelah 10 tahun menjalankan usaha dan saya kemarin pas pulang ke indonesia melakukan survey kecil-kecilan, ternyata perusahaan yang dulu seangkatan saya (yang bukanya barengan sama saya buka usaha) kebanyakan tidak bertahan karena pemiliknya bertahan untuk TIDAK BISA DESIGN.

Sedangkan perusahaan-perusahaan yang ownernya bisa design sekarang udah pada punya designer atau operator setting yang bisa dihandalkan dia tetap sebagai DESIGNER UTAMA bagi perusahaannya.

So ini adalah sebuah contoh bagaimana pertanyaan itu kadang perlu kita resapi dan cermati karena ini bukan kuis yang jawabnya cepet-cepetan untuk mendapatkan hadiah. Tapi pertanyaan ini sebenarnya adalah pertanyaan dasar yang kalo dirubah ke kalimat panjangnya apa saja yang harus kita siapkan untuk membuka usaha printing.

Ini juga yang sering saya temui dimana-mana, banyak orang kepincut buka usaha printing tapi dia ndak memahami grand design dari usaha printing itu sendiri. Mereka pikir tinggal beli mesin, bahan dan sewa orang akan selesai dan uang datang dengan sendirinya. Tapi sayangnya kebanyakan semua tumbang karena ya itu tadi tidak memahami GRAND DESIGN sebuah perusahaan printing bahkan ketika arti DESIGN itu KITA SEMPITKAN menjadi arti olah gambar semata.

Ya itulah pendapat saya pribadi, sekali lagi ini bukan masalah benar atau salah seperti menjawab soal ujian negara tapi ini adalah soal pemahaman yang memang perlu waktu untuk diresapi seperti halnya yang saya rasakan sendiri.

Salam Kreatif
by RONIta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s