Print Sticker Vinyl & Finishingnya

Sticker vinyl adalah sticker yang dibuat dari plastik yang disebut polivinyl chlorida atau disingkat PVC. Bahan vinyl ini sangat kuat, tidak mudah sobek, tahan air dan sinar matahari.

Dulu proses print atau cetak sticker vinyl menggunakan sablon manual atau cetak offset. Akan tetapi sejak berkembangnya teknologi cetak digital atau print digital maka print sticker vinyl pun banyak dilakukan menggunakan mesin cetak digital.

Dengan mesin mesin digital inilah sticker sticker vinyl di RONIta diproduksi dan kemudian diberi finishing sesuai kebutuhan konsumen. Finishing ini apa maksudnya? Finishing adalah proses lanjutan yang setelah sticker vinyl selesai dicetak.

Proses ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ataupun fungsi dari sticker vinyl yang sudah di print tadi. Misal proses laminasi untuk membuat tampilan sticker lebih glossy atau lebih doff. Selain itu laminasi membuat sticker tahan gores dan taha  lama hasil cetaknya.

Selain itu ada lagi proses finishing yaitu cutting atau pemotongan. Di RONIta cutting sticker bisa sesuai pola sehingga sticker vinyl bisa dibentuk sesuai keinginan konsumen yang tentunya akan lebih membuat sticker lebih menarik ketika ditempel.

Proses cutting ini sendiri bisa juga sampai tembus bagian belakang sehingga sticker benar-benar terpotong terpola sesuai bentuk yang kita inginkan.

Satu lagi proses finishing yang lazim dilakukan adalah memberi resin sehingga sticker vinyl menjadi sticker timbul yang menarik dan lebih berkelas.

Proses-proses finishing ini intinya membuat sticker vinyl menjadi lebih bagus dan tentunya juga membuat sticker vinyl menjadi lebih mahal dibandingkan sticker biasa.

Mari kita lihat hasil-hasil print sticker vinyl dan finishingnya di RONIta Digital Printing

image

Ini adalah sticker vinyl yang selesai di print dan belum diberi finishing apa-apa.

image

image

image

image

Photo-photo di atas adalah contoh sticker yang sudah di finishing cutting sesuai pola sehingga sticker ada yang bentuknya kotak, bulat atau persegi bahkan yang bentuknya tak beraturan seperti gambar-gambar kartun.

Sticker di atas juga diberi resin sehingga sticker vinylnya menjadi sticker timbul yang keren dan menarik. Terlihat sangat bening dan effect 3D nya keluar. Sticker yang diberi resin dikenal dengan istilah sticker dome, doming sticker atau ada juga yang menyebutnya sticker resin.

Nah berikut ini sticker vinyl yang di finishing dengan cutting tembus sampai bagian belakangnya yang bisa disebut Sticker Die Cut

image

Dengan memotong sticker vinyl tembus sampai belakang maka sticker vinyl menjadi memiliki bentuk sesuai yang kita inginkan dan tentuny terlihat lebih keren. Nah sticker die cut ini biasanya untuk promosi, souvenir atau label tag pada sebuah produk.

Gimana sobat RONIta? Ndak bingung lagi kan dengan sticker vinyl dan jangan lupa segera order di RONIta Digital Printing ya

Salam Kreatif
By RONIta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s