Pengecatan Digital Menggunakan Mesin Cetak Digital

Apakah Cat Digital Itu?

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Istilah ini mungkin masih asing didengar dan dipakai karena istilah ini memang buatan ronita sendiri. RONIta menggunakan istilah cat digital untuk menggambarkan proses modifikasi grafis pada sebuah media (misal helm, motor, hard case, gitar dan sebagainya) yang menggunakan proses cat dan cetak. Tentu ada sebuah media atau sarana untuk menggabungkan kedua proses tersebut.

Proses cat diperlukan untuk membuat warna dasar baik itu satu warna atau lebih. Proses cat juga digunakan pada proses vernish untuk menyatukan grafis dengan medianya. Sedangkan proses printing dipakai untuk mencetak gambar atau grafisnya. Bahan utama untuk mencetak gambar tersebut adalah media khusus yang bernama water decal. Sebuah bahan yang sangat tipis dan lentur serta mampu menempel di hampir semua jenis media mulai dari plastik, besi, kayu, kulit dan lain-lain. Bahan ini sangat tipis sehingga ketika sudah menempel akan menyatu dengan medianya apalagi jika sudah dilakukan proses vernish.

Jadi itulah yang kami maksud dengan cat digital. Cat digital tidak sama dengan stiker walau kadang kami juga menggunakan stiker untuk mendapatkan efek-efek tertentu. Bahan water decal ini merupakan pengembangan kami sendiri sehingga bisa dicetak dengan bagus menggunakan mesin roland padahal umumnya bahan tersebut dicetak menggunakan sablon manual.

Salam Kreatif
By RONIta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s