Cetak Mug Dengan Tinta Silver Metallic

image

Yang bisa bikin mug di zaman sekarang sudah seabreg. Trus klo kita mau masuk ke pasar mug tanpa strategi yang tepat tentu adalah hal konyol. Strategi banting harga? Ya bisa tapi belum tentu menjamin produk bertahan lama. Pada kenyataannya hampir 80 persen usaha yang diawali banting2an harga akan habis nafasnya di tahun kedua atau ke 3.

Kok bisa begitu? Ya coba ditanya ke yang suka banting2an harga mungkin mereka bisa menjelaskan kenapa. Soalnya sekarang kita mau ulas serunya bikin mug dengan tinta khusus. Produk ini kami buat sebagai upaya untuk kembali menghidupkan layanan mug di ronita.

Pertama kenali bahan dan mesinnya dulu yuk :

1. Bahan water decal produksi ronita
2. Mesin roland ecosolvent bisa jenis apa saja yang jelas yang sudah dilengkapi tinta metallic. Kali ini kami pakai roland bn20

Oke, jadi gini, membuat mug ada banyak metode mulai dari mug bakar, mug sublim, mug cat, mug air brush dan mug water decal. Mug water decal adalah metode pabrik keramik yang telah dipakai sejak ribuan tahun lalu. Mug water decal selalu membutuhkan proses pembakaran sampe 800-1000 derajat celcius sehingga tinta dan water decal akan meresap atau masuk ke pori2 mug dan hasilnya super sempurna.

Proses mug di atas ribet karena cetaknya pakai sablon screen dan hanya cocok untuk produksi massal. Anda bisa bayangin kan untul bikin oven 1000 derajat tentu tidal mungkin kalo mug yang dibakar hanya 1. Trus tintanya juga khusus yang tahan panas. Nah dari keribetan itu dibuatlah water decal instan. Yang mana proses cetaknya pakai printer dan tanpa di oven sampe 1000 derajat.

RONIta menganut sistem water decal instan ini. Kami memodifikasi water decal agar bisa dicetak di mesin cetak digital terutama yang berbasis toner dan ecosolvent. Jadi water decal ronita bisa dicetak pakai mesin roland atau mesin fujixerox atau mesin sejenis.

Setelah gambar dicetak di atas water decal maka gambar diberi coating. Coating ini berfungsi untuk memudahkan penempelan decal. Setelah penempelan selesai dan kering maka mug kita masukkan ke dalam oven di suhu 250 derajat saja. Gak perlu lama cukup 10 menit karena intinya ini hanya untuk mengeringkan saja.

Yang membedakan mug ini dengan mug sejenis adalah warnanya. Kami sengaja menggunakan warna khusus agar produknya beda dan tidak pasaran. Designnya pun juga beda karena kami bikin sendiri. So dengan demikian produk mug ronita bisa ngeblink dibandingkan produk sejenis lainnya. Inilah salah satu keunggulan dari water decal dan tinta khusus yang ronita kembangkan.

So bukan hanya sekedar menjual tapi kami juga terus berpikir bagaimana bisa menjual dengan cerdik di era digital ini. Mug ini kami jual di harga 55rb rupiah per pcs di luar ongkos kirim dan nantinya kami akan mengeluarkan katalog untuk memudahkan konsumen memilihnya.

Ditunggu ya release katalognya guys…thank you

Salam Kreatif
By RONIta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s