Usaha Sablon Transfer Paper RONIta

Sebuah Perjalanan Panjang Usaha Kaos Sablon Digital

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Kami memulai usaha sablon digital berbasis transfer paper sejak 2005 atau awal 2006. Mulai dari transfer paper sublim sampai transfer paper ecosolvent seperti sekarang. Kemarin kami menemukan sebuah ide cemerlang bagaiman menggabungkan transfer paper dengan sablon manual. Selama ini kami memikirkan itu dan baru ketemu jawabnya kemarin sore setelah 10 tahun kami menjalani usaha ini.

Tak perlu ditanya liku-likunya karena akan terlalu panjang untuk diceritakan. Intinya semua proses waktu itu menempa kami semakin yakin dan yakin akan industri ini. Kuncinya hanya 1 yaitu produk yang berkualitas. Untuk itulah selama 10 tahun ini kami berkutat dimasalah design, produksi sampai bahan kaosnya.

Satu per satu harus kami urai dengan banyak masalah tetapi pada akhirnya terbuka jalan juga. Secara teori tidak ada yang susah tetapi prakteknya benar-benar membuat kita bingung sendiri. Contoh masalah design, kami dari dulu bisa mendesign kaos-kaos secara baik dan keren. Akan tetapi pas dicetak warna tidak bisa sekeren aslinya.

Ketika warna sesuai aslinya kami kesulitan bagaimana printer mampu menghasilkan warna tersebut, jadi mental lagi proyeknya. Ketika warna selesai maka kami dihadapkan ke masalah cutting yang juga bikin repot sendiri. So masalah itu silih berganti datang dan menguji kami apakah tetap yakin di jalur kaos digital berbasis transfer paper.

Kami sempat tergoda pakai DTG dan Sablon manual. Akan tetapi semua rontok di tengah jalan dan transfer paper yang tetap menjaga asa ronita memiliki layanan sablon. So kadang kami hanya sablon kaos2 biasa banget yang penting tetep ada layanan ini. Jadi memang sungguh melelahkan semua proses tersebut.

Di sela keletihan itu kami terus belajar tentang transfer paper dan sampailah kami di sebuah hasil yang begitu mencenangkan yaitu transfer paper stabilo. Transfer paper stabilo seolah menjadi momentum untuk bangkit dan melesat menebus waktu 10 tahun yang sudah terlewati. Sekarang produk kami sejajar dengan kaos-kaos distro berkelas dan kami berusaha meningkatkan terus variasi serta kualitasnya.

Kami pun juga mulai berbenah dengan sistem penjualannya. Kami mulai menata toko online kami kembali sehingga penjualan bisa lebih berkelas dan menjangkau seluruh dunia. Toko online ini juga yang akan menjadi sarana kami merangkul reseller secara mudah dan cepat di era digital ini.

Kami juga semakin yakin dengan penemuan kami kemarin sore dimana kombinasi sablon manual bisa dilakukan dengan mudah menggunakan transfer paper stabilo. So sekarang kami berdiri di titik 10 tahun, kami selalu mengenang seluruh perjuangan di belakang karena itu menguatkan dan mengingatkan bahwa kaos ini sudah sangat lama diperjuangkan jadi jangan menyerah. Dan dari titik ini kami memandang jauh ke masa depan yang akan membawa kami ke dunia baru.

So itulah sebuah bisnis, tak cukup setahun dua tahun mengenalnya tetapi kita butuh sepanjang waktu untuk mangembangkannya. Jadi kalo anda berpikir bahwa bisnis kaos hanya tinggal beli mesin saja maka anda salah. Yang utama adalah spirit untuk terus belajar tak kenal menyerah.

Salam Kreatif
By RONIta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s