Gambar

Proses Pengecatan Helm ARAI Pembalap El Pratna Untuk Persiapan Mengikuti Master Champ VR46 di Italy

Imanuel Pratna adalah pembalap muda dari team Trijaya Motor Yamaha yang terpilih sebagai salah satu wakil Yamaha Indonesia (ada 2 wakil) untuk mengikuti program master champ vr46 tahun 2016. Program ini kurang lebih seperti kegiatan pelatihan oleh sang maestro balap dunia Valentino Rossi.

13529240_1140580259337576_1384614608808340102_n

El Pratna sendiri berkiprah di ARRC 2016 di kelas 250 cc dan juga mengikuti lomba balap kelas nasional maupun kelas yang diadakan oleh Yamaha Indonesia. Dia juga merupakan salah satu pembalap yang disupport oleh ARAI Indonesia. Sama seperti halnya pembalap lainnya maka dia pun ingin membuat sebuah grafis spesial yang bisa menunjukkan jati dirinya sendiri dan RONIta menjadi partnernya untuk mewujudkan itu.

Design helmnya bertema Bull Dog sesuai keinginan dia, dimana bull dog ini merupakan pet atau hewan peliharaannya dan tentu ada sebuah isyarat bahwa dia siap bertarung di setiap lintasan dengan gagah berani seperti karakter bull dog yang gagah berani. Ini adalah design awal yang di buat di akhir tahun 2015 kemarin :

Helm ini sudah dipakai balapan dan latihan di banyak waktu sehingga di bulan juli 2016 dia masuk kembali ke workshop RDH untuk mengalami penyegaran serta ganti design dan kebetulan pas sekali momen dia mau mengikuti program master champ valentino rossi 2016 sebagai wakil Yamaha Indonesia. So sekalian dia juga pengen design atau tampilan baru. Seperti biasa, datang ke workshop dengan waktu mendadak dan mepet. Apalagi helmnya adalah helm yang sudah ada gambar sebelumnya maka kami pun perlu melakukan pengupasan sebelum bisa melakukan cat ulang pada helm tersebut. Beginilah kondisi helm ARAI El Pratna ketika proses pengupasan cat lama.

13516221_1162172330471496_2697194877761197577_n

Sembari menunggu proses pengupasan maka kami mengerjakan design baru sesuai permintaan pembalap, inilah preview design baru yang akhirnya dia setujui.

13567490_1162172313804831_6341750429964622010_n

Dari design inilah kami bekerja, mulai dari mencetak decal dan melakukan pemasangan, kemudian varnish dan yang terakhir adalah finishingnya. Semua proses itu kami kerjakan hanya dalam waktu 4 hari saja karena memang helm ini benar-benar mepet datangnya. Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan baik dan helm tersebut akan berangkat ke italy nanti dini hari 29 juni 2016. Inilah salah satu kelebihan proses pengecatan menggunakan water decal yang ronita kembangkan, proses lebih fleksibel dimana helm yang sudah pernah di cat mudah untuk dilakukan pengecatan ulang. Jika dibandingkan dengan metode air brush maka proses pengupasan metode air brush jauh lebih susah. Walau mudah dikelupas bukan berarti hasil pegecatan sistem water decal mudah rontok karena sudah terbukti helm-helm pembalap produksi RDH yang dipakai para pembalap seperti Yudhistra, AM Fadly, Muz 92, Arsyad, Imanuel Pratna dan lainnya tampil sempurna di setiap ajang balap yang mereka ikuti.

Inilah proses pengerjaan helm ARAI Imanuel Pratna untuk design terbaru Juli 2016

Setelah proses varnish selesai dan kering maka langkah terakhir adalah merakit helm tersebut seperti kondisi semula.

13532960_1162172073804855_4066669924851805446_n

Proses prakitan ini memerlukan keahlian khusus terutama kehati-hatian agar aksesoris tetap berfungsi dengan sempurna tanpa ada yang patah atau macet. Kami di RDH alhamdulillah sudah memiliki team yang terlatih sehingga dalam kondisi urgent yang kepepet waktu seperti ini kami siap membantu pembalap mewujudkan keinginannya. Tetapi tetap paling ideal adalah ketika waktu pengerjaan tidak mepet-mepet ya.

Perakitan rampung pada tanggal 28 juni 2016 dan sorenya helm tersebut diambil oleh sang pembalap dan sekarang kita tinggal menunggu kabar saat helm tersebut tampil di markas besar Valentino Rossi awal bulan juli ini. Helm ini tentu akan dilihat sang maestro dunia dan pembalap-pembalap muda dari negara lainnya, semoga ini akan menjadi jalan bagi RDH untuk mendapatkan order dari pembalap-pembalap lain di penjuru dunia. Sebuah impian RDH RONIta untuk menjadi salah satu suplier design pembalap pun semakin terbuka lebar. Oke sembari menunggu kabar lebih lanjut dari team el pratna maka inilah hasil pengecatan helm ARAI terbaru oleh RDH RONIta :

Proses pengecatan helm ARAI ini menggunakan beberapa warna khusus atau warna spesial yaitu warna stabilo, warna silver metallic dan terakhir adalah warna biru metallic khas warna yamaha. Selain itu kami juga memberikan effect glitter pada warna silvernya sehingga lebih kerlip-kerlip. Selain warna spesial tadi kami menambahkan sebuah ciri khas pada hasil cetakan gambar bull dog yang begitu realistis seperti photo, jadi inilah salah satu keunggulan mencetak helm secara digital, kita bisa mendapatkan gambar yang sangat riil mirip seperti photo, bahkan photo pun juga bisa kita cetak dengan hasil seperti halnya studio photo. Jadi teknik water decal yang kami kembangkan bukan water decal biasa tetapi benar-benar water decal profesional mengacu pada pabrik-pabrik besar helm di seluruh dunia seperti ARAI, SHOEI, INK, KYT, NHK, AGV dan sebagainya.

Warna serta effect pun juga sama seperti warna pabrikan karena kami menggunakan cat dan tinta dengan grade otomotif bukan sembarang cat atau tinta. Semua itu kami berikan agar hasil cat RDH benar-benar mendekati hasil pabrikan dan tentunya memiliki ketahanan yang bagus dalam waktu lama. Sekali lagi, water decal kami bukan sekedar water decal yang dicetak dengan printer inkjet atau laser biasa tetapi water decal kami dicetak memakai mesin canggih ROLAND dan dikombinasi dengan teknik cetak sablon screen dengan mengacu kepada standar water decal pabrik helm ternama.

Varnish pun kami menggunakan varnish ber merk yaitu Spies Hecker yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Untuk lebih detailnya anda bisa melihat hasilnya di link youtubu berikut ini :

Oke itulah ulasan mengenai proses pengecatan helm ARAI Imanuel Pratna di RDH RONIta. Bagi anda yang tertarik untuk melakukan pengecatan helm di RDH silakan hubungi kami disini :

RONIta Digital Printing
Phone/wa : 081210987567 (Irfan) 087808286804 (Ain)
Pin BBM : 59AA2609 (Irfan) 5B8990C4 (Ain)
Email : ronita.dp@gmail.com

Salam Kreatif
by RONIta

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s