Gambar

Mengecat Helm SHOEI X12 Polos Dengan Motif Pembalap Daijiro Kato 74

Helm polos kadang perlu sentuhan lebih agar terlhat berwarna apalagi jika dia sudah lama olos maka perlu penyegaran. Salah satunya dengan cara mengecat helm tersebut dengan motif yang kita suka. Kali ini kami ingin berbagi cerita sebuah helm SHOEI X12 polos punya konsumen yang di cat dengan motif pembalap legendari Daijiro kato 74. Jadi basic helm yang dipakai adalah asli helm SHOEI X12.

Kok gak ada kacanya? Ya sebaiknya memang begitu, ketika anda mengirimkan helm ke ronita digital printing maka aksesoris yang sekiranya tidak ikut di cat seperti kaca/visor tidak perlu anda sertakan.

Motif Daijiro Kato 74 yang ini yang dipilih konsumennya

13220897_1097902023608740_1761635446511855559_n

Hal pertama yang harus dikerjakan adalah membuat designnya, kebetulan kami sudah memiliki design ini sebelumnya tetapi beda batok helm. Walaupun harus mengulang karena beda batok helm akan beda ukuran dan bentuk tetapi setidaknya jika sudah ada design proses akan lebih mudah. Untuk acuan design kami selalu mengacu ke helm asli sedetail mungkin walaupun tetap tidak akan pernah sama.

Setelah semua file siap maka langkah selanjutnya adalah proses mencetak decal dan pemasangannya. Oh ya, apakah decal itu? Dalam memodifikasi helm atau pengecatan helm di RDH RONIta, kami menggunakan metode water decal yang mana metode ini juga dipakai oleh pabrik helm sekelas SHOEI. Water decal sendiri bukan sticker cutting, bukan sticker printing juga tetapi dia bahan khusus yang dipakai untuk mentransfer gambar dari komputer ke media super lengkung seperti helm. Water decal sendiri sangat tipis dan lentur sehingga ketika di vernish akan menyatu dengan batok helm. Hasil akhir metode pengecatan kami sama seperti hasil helm pabrikan.

Proses pemasangan water decal pasti dilakukan secara manual sehingga dibutuhkan skill atau keahlian yang cukup agar bisa memasang decal dengan pas dan rapi. Selama proses pemasangan kami terus melihat helm asli agar hasil yang kami pasang bisa presisi dan detail seperti aslinya. Jika proses pemasangan sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah vernish.

Proses vernish ini bertujuan untuk melindungi grafis agar tahan lama dan penampilan helm menjadi kinclong seperti helm pabrik pada umumnya. Vernish atau coating ini menggunakan bahan 2 komponen yaitu clear dan hardener, dimana clear bersifat mengkilapkan sedangkan hardener adalah pengeras agar coating tadi benar-benar keras sehingga decal menyatu di batok helm dengan sempurna. Proses ini sama persis seperti di pabrik helm juga, kita menggunakan bahan varnish kelas otomotif seperti spies hecker sehingga hasil bisa maksimal.

Setelah proses vernish kering maka langkah selanjutnya adalah merakit kembali bagian helm seperti semula.

13631583_1169973029691426_3434461715785311850_n

Dalam proses merakit ini harus super duper hati-hati karena umumnya helm-helm mahal memiliki aksesoris yang tipis sehingga mudah pecah. Selain itu sistem aksesoris helm masa kini semakin canggih sehingga kita benar-benar harus teliti agar semua fungsi tetap berjalan baik seperti semula. Pemasangan karet pun juga harus rapi, busa helm harus kembali seperti semula. So disini diperlukan pengalaman dan keahlian yang cukup untuk menghandle sebuah helm berkelas seperti shoei x12 ini.

Jika sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah proses wax yang akan membuat helm tampil kinclong dengan sempurna. Inilah hasil pengecatan helm shoei X12 motif Daijiro Kato produksi ronita digital printing

Ketika sudah sampai di konsumen maka visor pun dipasang oleh beliau dan inilah hasilnya ketika visor sudah terpasang :

Untuk melihat lebih detail hasil grafisnya bisa cek di channel youtube kami berikut ini :

Nah itulah proses pengecatan helm SHOEI X12 motif Daijiro Kato menggunakan water decal produksi RONIta Digital Printing. Bagi anda yang berminat untuk melakukan pengecatan helm silakan hubungi kami disini :

RONIta Digital Printing
Ruko Tol Boulevard BSD
BLok D No.1
Jl. Pahlawan Seribu Serpong Tangerang Selatan
Phone : 021-53158066
Phone/wa : 081210987567 (Irfan) 087808286804 (Ain)
Pin BBM : 59AA2609 (Irfan) 5B8990C4 (Ain)Email : ronita.dp@gmail.com

Salam Kreatif
By RONIta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s