Ternyata Sablon Transfer Paper atau Sablon Digital Masih Lebih Mudah Dibandingkan Sablon Screen 

Beberapa waktu lalu kami bisa membuat sebuah terobosan yaitu mampu cetak film untuk sablon screen menggunakan mesin roland. Terobosan ini memang sangat berguna untuk pengembangan produk kaos ronita kedepan. Akan tetapi sempat terlintas untuk mengganti metode sablon transfer ronita dengan metode screen manual dan ternyata setelah kami pelajari lebih lanjut sablon screen tidak semudah yang dibayangkan.

Contoh hasil cetak film sablon menggunakan mesin roland ronita.

Beberapa hal yang membuat sablon screen rumit diterapkan untuk produk kaos stabilo ronita adalah berikut :

  1. Tinta sablon manual warna stabilo harus mengaduk sendiri dan tinta ini tipikalnya sedikit beda dengan yang biasa kami pakai selama ini. Jadi memerlukan sebuah riset yang tidak sebentar juga.
  2. Beberapa sablon kaos stabilo ronita memiliki gambar yang super detail cetakannya tanpa ada raster sama sekali sedangkan di sablon manual screen masih sistem raster sehingga jika kita pindah metode hasil sablon screen tidak akan sehalus produk kami sebelumnya. Hal ini wajar karena sablon transfer paper kami sistemnya digital yang mau gambar apapun bisa dicetak dengan hasil super halus.
  3. Proses pembuatan film untuk kaos full color juga memerlukan screen yang banyak sehingga membutuhkan modal yang cukup besar.
  4. Perbedaan konsep design mengharuskan kami juga merubah semua file jika ingin dikombinasi dengan sablon manual.

So itulah tantangan ketika kami mencoba merubah sistem produksi kaos stabilo ronita dari transfer paper ke sablon screen manual. Perlu banyak hal yang harus dipikirkan dan diamati ulang terlebih dahulu.

Akan tetapi kemampuan membuat film dan afdruk screen dengan mesin sablon adalah sebuah kelebihan. Kelebihan yang harus kami olah agar nantinya bermanfaat untuk kemajuan ronita. Berikut contoh screen yang kami afdruk menggunakan film hasil cetak mesin roland ronita.

Jika kita bicara warna non stabilo sesuai standar ronita maka banyak hal yang bisa dilakukan dengan terobosan ini. Banyak kaos keren yang juga bisa kami produksi kedepannya. Untuk itu kami sedang terus mempelajarinya agar ronita kedepannya bisa memiliki divisi clothing digital yang lebih sempurna.

Salam Kreatif

By RONIta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s