Helm Sebagai Pelindung Kepala

Helm ini adalah helmnya pembalap malayasia Md Muzakir #92 yang 4 bulan lalu di cat oleh RDH RONIta Digital Printing. Helm ini basicnya adalah helm Shark Pro Race Full Carbon. Helm berstandar balap dengan bahan carbon asli yang sangat ringan. 

Setelah dipakai tampil di ajang ARRC 2016 Seri Suzuka maka helm ini pub dipakai untuk latihan oleh sang pembalap. Latihan rutin bagi seorang pembalap adalah kewajiban dan walau latihan pun mereka tetap harus menggunakan pelindung diri standar balapan resmi. Namanya latihan sama seperti race, resiko jatuh atau kecelakaan pasti ada dan helm ini sempat mengalami kecelakaan walau tidak parah.

Dan helm ini pun kembali jatuh sampai benar2 rusak kemarin. Artinya helm ini sudah menjalankan tugasnya dengan baik yaitu melindungi kepala pemakainya. Itulah fungsi helm yang utama bagi seorang rider baik kelas profesional maupun non profesional. Helm Shark Carbon yang kelas race pun bisa sampe jebol padahal bahan carbon ini diklaim sebagai salah satu material terkuat saat ini. Jadi jangan pernah remehkan kepala kita dengan tidak memakai helm ketika berkendara.

Inilah penampakan helm yang kemarin jatuh :

Ini adalah bagian luar helm yang memang diharapkan pecah ketika kena benturan di atas batas wajar. Pecahnya shell atau batok ini akan membuat energi benturan menyebar merata dan bisa diredam oleh busa atau gabus helm di dalamnya. Oleh karena itulah ketika mengecat helm pembalap atau helm2 berkelas racing maka kami tidak melepas busa pelindungnya, dengab tujuan biar busa itu tidak berubah sama sekali sesuai standar pabrik. 

Alhamdulillah sang pembalap tidak apa-apa dan nanti di ARRC seri 4 di Sentul yang akan  digelar akhir minggu ini helm baru nya sudah RDH siapkan. Jadi sang pembalap akan memakai helm baru dengan corak design sama tetapi beda warna saja seperti berikut :

So selalu ingat, helm adalah pelindung kepala. Grafis adalah pemanis tampilan luarnya sebagai sarana branding pemakainya. Akan tetapi jangan sampe proses modifikasi atau pengecatannya membuat tingkat safety dari helm tersebut turun atau berkurang. Sebagai painter yang baik kita harus benar-benar paham akan hal itu.

Salam Kreatif

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s