Gambar

Mencetak Motif Carbon Menggunakan Tinta Metallic Mesin ROLAND

Motif carbon adalah salah satu motif yang susah dicetak menggunakan mesin digital printing. Biasanya kendala yang terjadi adalah karena printer tidak mampu mencetak dengan perbedaan yang sangat tipis di dalam motif carbon tersebut. Pada awal keluarnya motif carbon yaitu carbon 2D hanya mengandalkan satu doff satu glossy, jadi satu hitam glossy dan satunya hitam doff yang disilangkan secara berurutan. Semakin kesini maka motif carbon semakin banyak variasi termasuk motif anyamannya, nah motif-motif terbaru ini termasuk yang paling susah. Kadang hasil suka terlalu terang atau malah kemerahan jika mesin printernya hanya CMYK semata.

Kemudian tingkat kesulitan nyetak carbon itu juga terletak pada filenya, jika kita mencetak menggunakan file vector maka akan berat sekali prosesnya, semakin besar ukuran gambar atau area yang akan dicetak maka semakin berat proses cetaknya. Saking beratnya banyak proses cetak motif carbon menjadi gagal di tengah jalan karena komputer nge-hang. Jalan yang suka ditempuh akhirnya dengan membuatnya JPG tetapi proses ini menyebabkan kompresi gambar dan efek carbonnya pun tidak bisa sesuai harapan.

RONIta Digital Printing terus mengembangkan proses cetak motif carbon menggunakan mesin roland, hal ini kami lakukan karena kami ingin menghadirkan efek carbon yang semakin variatif dan tidak perlu nunggu versi pabrikan keluar. Lagian biasanya versi pabrikan harganya cukup mahal jika kita sudah bicara merk yang premium seperti oracal atau 3M. Nah hari ini kami mulai menemukan titik terang untuk membuat motif carbon menggunakan tinta metallic roland dan hasilnya juga cukup memuaskan.

Anda bisa melihatnya di photo ini :

cetak carbon

Kalo hanya dari photo saja memang tidak terlalu terlihat tetapi coba anda perhatikan videonya berikut ini, hasil cetak carbonnya benar-benar keren seperti hasil pabrikan.

 

Salam Kreatif
by RONIta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s