Pelitlah..Takut Sainganlah..Gak Terbukalah..Dasar gak informatif !!!

Salah satu pernyataan yang sering masuk ke meja redaksi sosmed ronita adalah pertanyaan seperti itu. Jawaban kami sama yaitu kami tidak bisa memberi informasi detail akan hal itu karena ada beberapa bahan yang memang kita adakan sendiri untuk kebutuhan ronita. Sedangkan untuk bahan lainnya juga mudah di dapatkan di pasar digital printing mana saja.

Bahkan ada yang marah-marah dan ngatain takut sainganlah atau pelitlah atau gak terbuka ketika ronita menjawab apa adanya dan masih banyak gerutuan tidak jelas karenanya. Yang jelas biasanya orang-orang seperti ini adalah orang yang gak mau memberi tapi inginnya selalu meminta saja. Kalo di pikir2 kami pun juga boleh2 aja ndak jawab karena kenal pun tidak, mereka beli produk ronita juga tidak eh mintanya macem2 aja. Coba aja ke warung KFC trus langsung maksa pengen tahu beli ayam dimana? Bumbunya gimana and belinya dimana? Mereka pasti juga jawabnya tidak. Trus anda maki2 KFC nya dengan pelitlah, takut sainganlah dan sebagainya, yang ada satpam akan mengantarkan anda ke pintu keluar jadinya.

Ya inilah contoh orang2 yang kurang berwawasan luas dan tidak mengetahui cara menggali informasi dengan baik dan benar. RONIta juga pernah mengalami dan sampai sekarang juga masih banyak yang tidak kami ketahui. Kami juga butuh informasi akan banyak hal untuk mengembangkan diri tetapi kami berusaha mencarinya sendiri atau kalau tanyapun kami akan bertanya dengan baik dan biasanya menjalin hubungan dulu agar kenal.

So begini cara kami menggali sebuah informasi untuk pengembangan usaha :

  1. Internet, hampir setiap hari kami punya orang yang tugasnya mencari info tentang pengembangan produk
  2. Datang ke pameran-pameran printing
  3. Mengenal dan menjalin hubungan kerja dengan semua suplier bahan bahkan kami tidak segan untuk membeli produk mereka dulu agar lebih dekat dan enak diskusinya walaupun jika nanti ndak cocok bahannya kami tetep komunikasi dengan mereka. Sering kami beli bahan sampai jutaan rupiah tapi gak kepakai dan kami kasih feed back ke supliernya apa saja kelemahan produk mereka. Eh si suplier malah akhirnya rutin kasih sample untuk kami coba dan mereka dengan senang hati kasih kita info-info menarik. Jadi begitu caranya, bukan dengan maksa2 seperti orang yang tidak tahu etika karena jika kita seperti itu yang ada malah orang males menjawabnya
  4. Ikut group dan saling share tentang informasi, tidak harus detail sharenya tetapi secara umum saja itu sudah baik. RONIta setiap hari share produknya, share mesinnya, share kegiatan produksinya, bagi yang jeli pasti bisa mendapatkan info menarik disana tapi biasanya orang2 yang suka maksa dan marha2 itu gak mau baca dan gak mau peduli akan itu.

So belajar manajemen mencari informasi, belajar dan membaca banyak hal agar kita bisa berkembang adalah sebuah soft skill yang harus dimiliki pengusaha. Kalo hanya gaya preman yang diajukan ya pasti hasilnya nol belaka.

Salam Kreatif

By RONIta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s