Susahnya Sablon Kaos Transfer Paper Ada di Proses Weeding

Jika bicara mudah maka semua metode sablon akan punya level mudah. Sablon manual screen juga punya level mudah tetapi yang kelas profesionalnya pasti tidak mudah. Begitu juga sablon transfer paper, ada proses yang mudah dan kalo mau hasilnya profesional maka harus siap kesulitan.

Proses tersulit dari sablon transfer paper adalah proses weeding yaitu memisahkan bagian yang akan disablon dan tidak. Proses ini sama rumitnya dengan proses afdruk film detail ketika kita memakai proses sablon manual. Nah proses weeding ini biasanya proses yang paling lama dalam proses sablon transfer paper.

Proses ini bisa memakan waktu yang lama tergantung tingkat kesulitan design dan kemahiran sang pelaku. Semakin rumit maka prosesnya akan semakin lama. Contoh design di bawah ini proses weedingnya sampai 4 jam lebih karena dilakukan oleh operator biasa serta designnya super detail.

Dan jika anda cerdik sebenarnya proses sablon wayang itu gagal. Pada bagian atas tidak bisa diweeding karena cuttingannya tidak putus. Nah kasus seperti itu biasanya juga karena jenis bahan.

Jika anda amati photo di atas maka proses weeding juga tergantung jenis bahan transfer papernya. Transfer paper tertentu termasuk poliflex atau pvc susah untuk di weed atau di cutting kecil. Atau bisa juga ketika di weeding suka lepas2 sendiri sehingga membuat proses semakin susah.

Kenapa ndak pakai transfer paper yang self weeding? Kan itu lebih mudah dan cepat. Okey itu adalah alternatif tetapi ada beberapa kendala yang nanti kami akan ulas juga, salah satunya adalah mahal mesinnya dan sepertinya masih tinggi resiko gagalnya. Kami sedang mempelajari sistem tersebut tetapi sembari menunggu kami latihan terus untuk jago weeding transfer paper.

Contoh design yang proses weedingnya pasti bikin cenut-cenut gigi. Tetapi kaos ini bisa dijual mahal karena memang jossss.

Oke sob, itulah kenapa proses produksi sablon transfer paper yang berkualitas tidak bisa dadakan karena untuk hasil yang sempurna dibutuhkan proses yang memadai. Kalo hanya print dan tempel sih 15 menit juga jadi tetapi hasilnya pasti tidak akan maksimal.
Salam Kreatif

By RONIta 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s