Bagaimana Cetak Striping Motor Berkualitas?

Mencetak striping motor dengan kualitas super lembut dan warna solid adalah impian semua pemilik digital printing. Akan tetapi masih banyak yang salah kaprah dengan tidak memahami konsep bagaimana itu bisa diraih. Secara umum orang hanya berpikir asal pakai printer bagus atau bahan bagus sudah pasti bisa bagus. Padahal tidak seperti itu sejatinya. Mari kita bahas guys !!!

Pertama harus anda pahami komponen apa saja yang berpengaruh dalam menentukan kualitas cetak sebuah striping motor, komponen tersebut adalah sebagai berikut :

  1. File
  2. Printer dan tinta
  3. Software RIP (raster image processing)
  4. Bahan
  5. Laminasi

Nah 5 komponen ini harus bener-bener dipahami agar kita bisa mencetak striping secara detail dan lembut. Ini penjelasannya

FILE, file adalah komponen utama karena tanpa file yang sempurna bisa dipastikan hasil cetak ndak sempurna juga. Untuk motor biasanya wajib vektor karena hanya gambar-gambar vector yang hasil printnya tajem. Selain itu komposisi warna sangat berpengaruh, jika kita salah mendefisikan warna maka hasilnya juga tidak akan presisi. Di RONIta selalu memakai acuan warna sehingga bisa lebih presisi bukan sekedar tampilan monitor semata. Contoh sampel warna kami adalah seperti ini :

Printer dan Tinta, ini sudah wajib bagus karena tanpa printer yang bagus mustahil menghasilkan cetakan yang super lembut. Jika kita ingin warna-warna khusus maka printer juga harus memiliki slot atau saluran warna khusus seperti warna putih, metallic atau bahkan clear. Jadi muatahil kalo printer 4 warna bisa menandingi printer dengan warna-warna khusus karena sampai kapanpun kombinasi CMYK takkan mampu menghasilkan warna khusus dengan sempurna.

Ini adalah salah satu printer yang dilengkapi tinta khusus yaitu metallic, LC, LM, LK dan White. Printer ini produksi ROLAND, produsen printer seperti MIMAKI, EPSON atau MUTOH juga memiliki produk printer seperti ini.

SOFTWARE RIP, fungsi software rip ini untuk mengatur printer agar tinta yang di keluarkan sesuai dengan hasil settingan kita. Mulai dari resolusi sampai warna secara detail dia yang atur. Mesin berkualitas butub software RIP yang berkualitas juga karena tanpa software RIP yang bagus maka file dan tinta kita akan sia-sia. Ini salah satu contoh software RIP yang dipakai RONIta.

Di pasaran banyak software RIP yang lebih canggih daripada ini dan semoga ke depannya RONIta bisa membelinya agar performance mesin kami semakin mempesona.

Bahan dan Laminasi, bahan tentu memegang peranan penting karena bahan berkualitas memiliki sistem penyerapan tinta yang bagus sehingga hasil cetakan bisa sempurna. Selain itu bahan bagus artinya juga memikiki kelenturan yang pas, lem yang bagus dan tidak menyusut. Laminasi sendiri berfungsi sebagai pelapis yang artinya dia juga harus bagus karena kalo jelek malah menyebabkan hasil cetakan burem atau tidak naik warnanya. Ada banyak jenis bahan yang beredar di pasaran, pastikan anda membeli bahan yang sesuai dengan grade otomotif jia untuk striping motor.

So itulah penjelasan faktor utama yang harus kita perhatikan jika ingin mendapatkan hasil cetakan sticker striping secara sempurna. Selain faktor tadi ada juga faktor lain yang diperlukan yaitu pengalaman serta pengetahuan akan digital printinh dan metode cetak lainnya. Jika kita mampu meraciknya maka hasil striping kita pasti sempurna.

Berikut video proses printing striping di RONIta.

Kalo untuk hasil striping ronita bisa dilihat berikut ini :

Oke semoga dengan penjelasan di atas mampu membuat anda memahami cara menghasilkan striping motor yang berkualitas.

Salam Kreatif

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s