Cetak Photo Hitam Putih Ala RONIta Digital Printing

Mencetak photo atau gambar hitam putih kadang cukup membuat jengkel. Hal yang paling sering terjadi adalah keluar efek kemerahan atau kebiruan bahkan bisa juga kehijauan. Masalah seperti ini tentu sangat mengganggu karena photo hitam putih seharusnya hanya keluar warna hitam dan putih bukan warna lainnya. So boleh di bilang hanya tinta hitam yang dimainkan sedangkan warna putih berasal dari warna bahan.

Selain warna harus bener hitam dan putihnya maka tekstur atau detil gambar juga harus tetap terjaga. Misal warna gradasi dari hitam ke abu-abu, detil pernik dan sebagainya. Semua itu hanya bisa didapat jika kita benar dalam menyiapkan filenya dan benar dalam melakukan setting printernya.
File harus pasti dalam kondisi b/w atau greyscale. Banyak vidoe tutorial di youtube yang menerangkan bagaimana cara membuat file seperti ini secara baik. Intinya anda harus menaruh gambar pada channel black saja dan matikan channel warna lainnya. So usahakan juga file dalam kondisi CMYK.

Untuk di printernya sendiri kita harus memakai settingan black ink only artinya hanya tinta hitam saja yang keluar. Di ROLAND ada settingan khusus untuk itu karena software versaworknya sudah bisa melakukannya. Inilah salah satu keuntungan menggunakan mesin roland karena software printnya sangat support dengan hal-hal detil seperti ini.

Jika semua sudah siap maka anda tinggal memilih bahan cetaknya. Bahan paling cocok adalah  canvas, photo paper, trisolve atau kertas. Untuk proses dan hasilnya silakan nikmati  video berikut ini :

Salam Kreatif

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s