Berbisnis Juga Perlu Kesetiaan

​Berbisnis Juga Perlu Kesetiaan


Di pameran all print 2016 kemarin banyak pertanyaan atau pernyataan yang menggelitik saya sebenarnya. Beberapa pertanyaan itu diantaranya kenapa harus roland pak? Apakah merk lain jelek pak? 
Secara waktu memang sudah 10 tahun berjalan dan sampai sekarang masih menggunakan roland. Kenapa harus roland? Sebenarnya tidak ada keharusan menggunakan roland karena pada dasarnya ada beberapa mesin yang sekelas dengan roland yang boleh dibilang sama bagus atau kadang sedikit lebih bagus. Merk lain jelek? Memang ada merk yang lebih rendah kelasnya dengan roland tetapi merk yang sekelas dengan roland banyak juga.
Nah kalo begitu apa yang membuat saya begitu nge-roland banget bersama ronita. Selain kemudahan printer roland itu sendiri ada sosok dibalik roland yaitu bhinneka sebagai vendornya yang membuat kita semakin nyaman memakai roland.
Support profiling, kemudahan dalam negosiasi dan mereka juga terus mengembangkan diri sehingga bisa nyambung ketika diajak diskusi atau diajak mencari settingan yang pas untuk ronita. Situasi inilah yang membuat kita nyaman berinovasi mengembangkan berbagai jenis produk. 
Hubungan 10 tahun lebih tentu bukan tanpa masalah. Masalah tinta pernah, masalah hasil cetak pernah, masalah sparepart pun pernah. Tapi saya selalu berusaha tenang karena semua masalah bisa dibicarakan dan diselesaikan baik-baik. Misal biar ndak telat tinta maka mereka minta saya stock jangan beli pas mau habis saja. Bahan juga begitu, sebaiknya berani nyetock agar ndak kehabisan apalagi sekarang masukin barang susah susah gampang. Bahkan sparepart pun disaranin stock karena segala hal bisa saja terjadi. Saya ikuti saran mereka dan tentu saya minta tempo bayarnya (he he he..nego sama accountingnya yang super tegas) alhamdulillah lancar.
Teknisi, antri teknisi dah biasa makanya saya sediakan setidaknya crew di ronita yang bisa handle mesin walau dalam skala ringan sehingga kalo harus antri jadwal teknisi kita masih bisa utak utik sendiri. Itu memang saran mereka, pak taruh orang satu nanti kita ajarin untuk merawat mesin jadi kalo ada apa2 bisa lebih enak. Bahkan orang saya itu bisa profiling sendiri sehingga kita bisa utak atik warna dengan cepat walau saya tetep aja panggil mereka tuk cek lagi.
Jadi hubungan dengan vendor serta orang2 yang ada disana adalah salah satu kunci kenapa saya senang menggunakan roland. Saya juga memakai printer atau alat lain seperti laser universal, cutting flatbed dan uv flatbed dan dengan vendor2 tersebut kita memiliki hubungan yang manis sekali. Dengan vendor bahan ritrama pun juga alhamdulillah manis selalu walau kadang saya juga suka dicubit agar lebih banyak lagi pakai ritrama (ha ha ha). Dengan vendor acrylic juga saya selalu setia karena merekalah yang ngajarin acrylic, makanya pas kemarin ditawarin merk lain yang beda harga 50rb pun saya gak beralih karena saya gak mau hanya karena 50rb hubungan dengan vendor yang dah dibangun selama 4 tahun rusak.
So itulah jawabannya, kita senang memakai roland bukan sekedar karena mesinnya bagus tetapi kami juga bertemu dengan vendor yang bisa diajak bicara yang mau mendukung kita untuk maju bersama. Saya juga merupakan saksi bagaimana bhinneka dari jualan roland saja sampai sekarang semua jenis mesin ada. Saksi bagaimana para teknisi mereka keluar masuk yang membuat kadang layanan mereka lambat. Melihat juga bagaimana orang2 mereka dibajak perusahaan lain yang juga ngajak2 kita untuk pindah vendor. Semua kejadian itu saya melihatnya tapi saya tidak pergi atau meninggalkan mereka.
Saya melihat bagaimana mereka menghadapi situasi tersebut, bagaimana mereka menghandlenya dan bagaimana mereka berusaha untuk segera bangkit dan berkembang. Cara mereka itu saya adopsi, saya tiru and modifikasi untuk mengembangkan ronita. So kita bisa maju bersama-sama.
Dan inilah testimoni pertama saya di area public untuk Bhinneka sejak 10 tahun lalu. Karena vendor Roland indonesia inilah yang tetap super welcome ketika saya bilang saya pengen aktif lagi di printing setelah 2.5 tahun vakum. Mereka yang dengan antusias mensupport kita bahkan memberi kesempatan untuk memajang produk ronita di ajang pameran kelas internasional yaitu INDOPRINT dan ALL PRINT 2016.
Jadi inilah yang namanya membangun bisnis, bukan sekedar mesin tetapi juga kemampuan kita membangun networking bersama vendor yang tentu juga ingin maju seperti kita. Jika sudah memiliki vendor yang memiliki visi misi sama maka mengembangkan usaha pun tentu akan lebih mudah dirasa. Menjadi setia dengan vendor yang baik juga merupakan sebuah ungkapan terimakasih mendalam karena memang merekalah yang support kita selama ini. Yang mau mengerti ketika kita molor bayar tagihan, yang mau mendengarkan ocehan panas kita walau kadang kita hanya beli sedikit ke mereka, yang mau minjemin ini itu agar apa yang kita inginkan kesampaian.
So setialah, supportlah dan doakan mereka karena semua kebaikan itu akan kembali ke kita juga dalam bentuk kebaikan yang lainnya.
Salam Kreatif

http://www.ronitadp.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s