Pengecatan Motor dan Helm by RONIta

Cat motor dan helm digital by RONIta

Mengecat motor dan helm itu memiliki beberapa teknik diantaranya cat polosan, air brush dan bisa juga menggunakan media transfer. Cat polos mah kagak perlu dijelaskan detil ya karena semua pasti pada tahu. Kalo air brush menggunakan skil menggambar dan pen brush sebagai alatnya, proses mengecat air brush seperti menggambar langsung di body motor tetapi pensil atau spidolnya pakai pen brush.
Metode air brush ini tentu sangat bergantung pada senimannya, kalo lagi mood bisa cepet tapi kalo lagi males bisa saja lambat. Kalo senimannya jago bisa bagus tapu kalo senimannya masih amatir bisa saja jelek. Nah karena alasan itulah dunia industri seperti pabrik helm dan pabrik motor membuat metode sendiri dalam pengecatannya. Mereka biasanya memakai robot untuk cat-cat polosan sedangkan untuk cat grafis memakai media transfer.
Media transfernya sendiri bisa berupa sticker kalo untuk motor dan berupa water decal kalo untuk helm. Jadi grafis atau design di cetak dulu ke media transfer tadi kemudian di tempel di helm atau motor yang sudah di cat warna dasar menyesuaikan design. Jika media transfer sudah tertempel atau pasang maka di vernish agar menjadi satu dan tidak bisa dilepas kecuali di kerok atau diamplas.
Contoh nyata hasil pengecatan motor menggunakan media transfer adalah tangki motor batangan semisal honda cbr street fighter. Anda lihat tangkinya, disana akan ada striping yang di vernish menyatu dengan tangki. Itulah yang disebut dengan pengecatan menggunakan media transfer.
Nah di pabrik motor dan helm, media transfernya di cetak menggunakan proses sablon dalam jumlah banyak. Tidak bisa custom atau satuan. Celah inilah yang kami manfaatkan dengan membuat metode khusus agar bisa mencetak media transfer secara satuan menggunakan printer roland secara digital.
Karena itulah kami menyebutnya sebagai pengecatan digital. Hasilnya sama seperti pabrikan tetapi beda cara print media transfernya.
Salam Kreatif

http://www.ronitadp.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s