Gambar

Bagaimana Peluang Usaha Sablon Digital di 2017?

Sablon digital mulai booming di Indonesia pada tahun 2000 yang dimulai dengan semakin maraknya transfer paper dan sublimasi. Saat itu transfer paper masih sangat sederhana dan hasil sablon sablonnya pun boleh dibilang se-adanya. Tak jauh berbeda dengan sublimasi yang lebih sederhana dibandingkan transfer paper. Akan tetapi booming sablon digital saat itu benar-benar membahana sehingga semua orang berbondong-bondong untuk terjun ke usaha sablon digital.

Sayangnya banyak yang tumbang dan menyerah karena tidak mampu bertahan di sengitnya persaingan. Ibarat mau perang tetapi kita hanya punya senjata pisau sedangkan lawan-lawan kita memiliki granat dan bahkan bom atom yang siap meledakkan kita dengan sangat cepat. Terbukti akhirnya transfer paper dan sublimasi menjadi bulan-bulanan di forum sablon baik lokal ataupun internasional. Sampai timbul stigma bahwa sablon digital itu jelek, sablon digital itu ndak seni dan seterusnya. So selesailah booming transfer paper dan sublimasi.

Tetapi di balik itu semua bangkitlah sebuah pengembangan-pengembangan yang sangat keren di dunia transfer paper dan sublimasi. Pada tahun 2006 mulai muncul produsen transfer paper papan atas yang mampu menyajikan sebuah transfer paper berkualitas dan bisa di cetak di aneka printer digital terutama yang berbasis ecosolvent seperti roland. Sablon sublime pun semakin bangkit, yang awalnya hanya bisa di kain poliester berkembang menjadi di semua kain bisa bahkan menjadi salah satu metode cetak kain yang paling keren di saat ini. Di sisi lain sablon digital juga memiliki anak baru yaitu DTG, merupakan metode direct print ke kaos yang hasilnya super duper keren (catatan dengan printer DTG dan tinta berkualitas). So dunia sablon digital pun bangkit menunjukkan kelasnya.

Transfer paper dan DTG sangat pesat di usaha sablon kaos, mulai dari sablon kaos jersey, kaos oblong, kaos polo dan sebagainya bisa digarap dengan bagus menggunakan sablon digital berbasis transfer paper atau DTG. Transfer paper pun bermunculan jenisnya mulai dari yang bisa di print sampai yang hanya bisa dicutting seperti halnya cutting sticker pun muncul melimpah di pasaran. Semua itu memudahkan usaha sablon digital berkembang pesat kembali di Indonesia. So dengan melihat rentetan cerita di atas maka kita bisa menjawab bahwa peluang usaha sablon digital di tahun 2017 tetaplah cerah.

Sablon digital akan tetap memiliki pasar yang tidak bisa digeser, sablon digital tetap akan eksis karena pada dasarnya sablon digital merupakan teknik sablon yang mudah, berkualitas dan jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan sablon biasa. Usaha sablon digital akan semakin moncer jika kita mampu menghadirkan warna khusus seperti warna stabilo khas ronita. Berikut ini adalah contoh hasil sablon transfer paper stabilo ronita yang tidak akan mudah dihasilkan jika menggunakan sablon manual :

Kaos stabilo rossi seperti di video tersebut merupakan salah satu pengembangan hebat yang ronita lakukan agar hasil sablon kami mampu bersaing dengan sablon teknik lainnya. Alhamdulillah teknik ini memang mampu bersaing karena hasilnya benar-benar mantap dan warnanya mampu mengalahkan sablon lainnya. Anda bisa membaca detil tentang kaos rossi ini disini : KAOS ROSSI VR32

Kembali lagi kepada masalah peluang sablon digital di tahun 2017? Kita sudah menjawab bahwa peluanganya tetap cerah, akan tetapi bagaimana cara agar bisa tetap memiliki peluang yang cerah? Berikut tips dari kami agar usaha sablon digital kita tetap cerah di tahun 2017 ini :

  1. Gunakan material yang berkualitas, jangan pernah berkompromi akan bahan karena hanya bahan yang bagus yang bisa menghasilkan hasil yang bagus. Salah satu contoh bahan bagus adalah transfer paper stabilo produksi rinita, klik disini untuk informasi detilnya.
  2. Siapkan design yang bagus dan berkualitas, karena tanpa design yang bagus hasil sablon kita pun tidak akan bagus
  3. Pakailah mesin yang berkualitas agar hasil sablon kita pun juga berkualitas
  4. Pilihlah segmen market yang tepat karena pada umumnya harga sablon digital agak mahal. Dengan pemilihan segmen yang pas maka usaha sablon digital kita akan tetap mendapatkan pelanggan bahkan biasanya pelanggan yang menengah ke atas
  5. Terus lakukan inovasi terhadap warna dan teknik cutting agar hasil sablon kita tidak monoton dan begitu-begitu saja
  6. Aktif di sosial media untuk menampilkan hasil karya sablon digital kita

Itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar usaha sablon digital kita tetap cerah peluangnya di tahun 2017 ini. So jangan pernah ragu dengan sablon digital karena pada dasarnya sablon digital ini memang selalu penuh peluang.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s