Gambar

Apakah Water Slide Decal dan Water Transfer Film Sama?

Beda !!

Kedua bahan tersebut beda baik dari segi bahan pembentuk dan aplikasinya. Yang sama hanya penggunaan airnya saja tapi tujuan pemakaian airnya disini pun berbeda fungsinya. Oke kita jelaskan ya

1. Water slide decal terbuat dari kertas yang sangat menyerap air dan diatasnya diberi lem transparan (lem akasia) sedangkan water transfer film terbuat dari plastik polivinyl alcohol. So disini sudah beda ya, yg satu kertas satunya plastik.

2. Water slide decal secara asli dicetak menggunakan metode sablon screen sedangkan water transfer film dicetak secara asli menggunakan metode gravure. Disini sudah beda tinta dan proses walau hasilnya terlihat sama.

3. Fungsi air, di water slide decal fungsi air untuk aktivator membuat lem berfungsi dan mudah digeser2 sedangkan di water film transfer air atau tegangan permukaan air berfungsi sebagai penahan film transfer agar bisa dibuka dalam lembaran rata yang stabil. Setelah film disemprot dengan aktivator yang berjenis solvent maka plastik tersebut menjadi lembek atau lentur sehingga bagian yang tidak ads tinta akan larut sdgkan bagian yg ada tinta akan tetap mengambang di permukaan air. Dalam kondisi spt ini maka tegangan permukaan air akan memudahkan tinta berpindah ke media yang dicat mengikuti bentuknya.

So di dalam proses pemasangan juga sangat berbeda. Water slide decal masih perlu proses pemasangan seperti stiker yang diratakan dipotong dan sebagainya sedangkan di water transfer film benar benar mengandalkan tegangan permukaan air.

Oke itulah 3 hal berbeda yang paling utama dari water decal dan water film. Next kita bahas lagi, yang jelas setiap metode selalu memiliki plus minus jadi tidak perlu berdebat kusir mana yang lebih baik. Yang jelas untuk bisa jago di dua metode ini harus banyak belajar.

Salam Kreatif
RONIta Digital Printing
Jl. Raya Buaran Viktor-BSD
Gang Mawar No 121
Desa Buaran Gardu, Kecamatan Serpong
Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia
Kode Pos 15310
Phone/wa : 081210987567 (Irfan) 087808286804 (Ain) 08896563737 (Nia) 081282572628 (Imam) +6283871845654 (Kinong Jauhari)
Email : ronita.dp@gmail.com
Website : www.ronitadp.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s