Gambar

Apakah Masih Ada Peluang Sukses Untuk Membuka Usaha Sablon Digital Poliflex?

Usaha sablon digital poliflex adalah usaha jasa sablon menggunakan poliflex sebagai bahan utama pembuat gambar atau grafisnya. Sistemnya poliflex atau heat transfer material di cutting sesuai pola designnya dan kemudian di buang bagian yang tidak diperlukan sehingga tersisa bagian atau motif yang ingin kita sablon. Kemudian bagian yang sudah terpotong sesuai pola tadi di press ke kaos menggunakan mesin hot press.

Teknik ini beberapa tahun silam sempat booming dan menjadi idola pemain di dunia sablon terutama yang main di jasa sablon jersey bola. Akan tetapi akhir-akhir ini sablon poliflex atau heat transfer material mulai tergeser oleh sablon toner laser. 

Bahkan oleh penggemar sablon laser disebut sebagai teknologi kuno karena terlalu lama di proses weeding atau proses mencabuti bagian yang tidak diinginkan tadi.

Trus apakah teknologi yang dikatakan kuno ini masih layak untuk kita pakai agar kita bisa sukses di dunia sablon digital? Bagaimana menyiasati agar teknologi “kuno” ini bisa tetap eksis dan memberikan kesuksesan untuk kita.

Pertama yang harus dilakukan adalah memahami betul apa kelebihan sablon poliflex ini dibandingkan metode lainnya terutama sablon toner laser yang diklaim lebih modern dibandingkan metode poliflex.

Kelebihan sablon poliflex :

  1. Murah dan jauh lebih terjangkau jika dibandingkan sablon toner laser. Contoh untuk membeli printer laser dengan toner putih dibutuhkan modal sekitar 100jt sedangkan untuk poliflex hanya butuh 14.5jt saja sudah termasuk bahan baku. Bahkan bisa saja lebih murah kalo beli yang ukuran mesin cuttingnya kecil seperti cameo.
  2. Sablon heat transfer atau poliflex lebih variatif jenis bahannya mulai dari pvc, pu, flock, glitter, foil, glow in the dark, metallic, carbon dan sebagainya. Variasi ini jauh lebih banyak dibandingkan metode sablon toner yang tentu bisa menjadi keunggulan tersendiri, bahkan jika dibandingkan dengan sablon manual pun metode sablon digital poliflex ini lebih simple proses kerjanya. Photo di bawah ini adalah beberapa contoh bahan sablon heat transfer material.
  3. Peralatan sablon poliflex bisa dipakai untuk memproduksi produk lain yang tak kalah menarik yaitu sticker cutting, striping motor atau mobil, kaca film dan aneka sticker decal. Sablon poliflex alat utamanya adalah mesin cutting ploter dan mesin ini bisa berfungsi ganda sebagai mesin sticker. Apalagi jika kita memakai printer ecosolvent di dalam usaha sablon poliflex ini maka produk yang bisa kita jual makin variatif dan menguntungkan.
  4. Harga bahan baku lebih murah dibandingkan metode sablon digital lainnya. Dengan harga bahan baku yang lebih murah dan banyak pilihannya maka kesempatan untuk membuat aneka produk sesuai segmen pasar lebih terbuka lebar.

Itulah 4 keunggulan sablon poliflex yang kalo kita mampu memahaminya dengan benar maka kita akan mampu membuat usaha sablon digital yang menguntungkan dengan nilai investasi terjangkau. Selain itu kita akan memiliki usaha yang siap dikembangkan ke arah lebih besar tanpa harus ribet dengan beli aneka mesin printer.

Jika ada kelebihan tentu ada kekurangan, kekurangan sablon poliflex yang paling utama adalah membutuhkan waktu untuk proses weeding atau membuang bagian yang tidak disablon. Kekurangan ini biasanya yang membuat sablon digital poliflex dikatakan teknologi lama atau tua. Bagaimana mengatasinya? Lakukan sistem manajemen produksi secara baik mulai dari pembuatan design sampe pemilihan bahan, contoh pilihlah bahan yang mudah di cabut secara cepat. 

Ada beberapa jenis bahan heat transfer material yang mudah dicabut dan jika kita memakai bahan ini proses weeding akan lebih cepat. Gunakan juga alat yang proper atau baik agar proses weeding bisa lebih cepat. Siapkan team khusus untuk mengerjakan weeding secara terlatih sehingga proses lebih cepat. Dan yang terakhir gunakan design yang baik dan benar pola cuttingnya sehinnga proses weeding tetap mudah. Contohnya jangan buat design yang ukurannya terlalu kecil atau rumit karena design seperti ini akan memperlama proses weeding itu sendiri.

Photo di atas adalah photo proses weeding yang dilakukan oleh team ronita. Team ini tugas utamanya hanya weeding sepanjang hari sehingga proses weeding bisa kami lakukan secara cepat. Memang proses ini tidak ada lagi kalo kita memakai metode sablon laser akan tetapi hasil sablon poliflex jauh lebih kuat dibandingkan sablon laser toner tersebut. Jika anda memang ada dana dan mau fokus ke sablon kaos yang lebih mirip DTG maka metode sablon laser toner bisa jadi pilihan utama. 

So bagaimana dengan peluang sukses usaha ini? Jawabnya terbuka lebar karena :

  1. Sablon poliflex sangat variatif dan bisa dikembangkan dengan mudah.
  2. Bisa dijual ke berbagai segmen konsumen mulai dari murah sampe mahal bisa. Tidak terbatas pada satu segmen saja.
  3. Perawatan mesin dan peralatan mudah sehingga tidak akan menyulitkan dari segi teknis maupun biaya.
  4. Cepat kembali modal

Akan tetapi semua peluang itu tidak akan jadi kenyataan kalo kita tidak benar-benar belajar dan berusaha memahami sistem sablon digital poliflex dengan baik. Untuk itulah biasakan membeli peralatan sablon digital poliflex yang sekaligus menyediakan pelatihan secara lengkap dan terjangkau. Dengan pelatihan maka kita bisa mempercepat langkah untuk mengetahui seluk beluk metode ini dengan cepat tanpa harus membuang waktu dan bahan untuk melakukan percobaan.

RONIta menyediakan paket usaha sablon digital heat transfer material gratis pelatihan dan sampel bahan sehingga anda akan langsung ready jualan jika membeli paket usaha ini di kami. Pelatihan yang kami berikan fokus pada proses produksi dan anda bisa langsung magang di workshop kami sehingga bisa memahami proses lebih cepat. Pelatihan kami sediakan di workshop ronita dengan waktu normal 3 hari kerja. Untuk biaya akomodasi pelatihan ditanggung konsumen sendiri.

Oke itulah gambaran peluang usaha sablon digital heat transfer material yang bisa kami jelaskan. Jika ada pertanyaan lebih lanjut jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Salam Kreatif

RONIta Digital Printing

Jl. Raya Buaran Viktor-BSD 

Gang Mawar No 121

Desa Buaran Gardu, Kecamatan Serpong

Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia

Kode Pos 15310  

Phone/wa  : 081210987567 (Irfan) 087808286804 (Ain) 08896563737 (Nia) 081282572628 (Imam) +6283871845654 (Kinong Jauhari)

Email  : ronita.dp@gmail.com

Website : http://www.ronitadp.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s