Gambar

​Bagaimana Meningkatkan Kecepatan Cetak Printer Roland

Printer roland generasi baru memang semakin cepat dibandingkan jenis lama. Misal EJ640 yang diklaim bisa sampe 30 m2 per jam dengan kualitas produksi. Akan tetapi kecepatan ini tidak akan ada apa-apanya kalo dibandingkan printer outdoor yang bisa mencapai 200 m2 per jam. Trus bagaimana kita bisa meningkatkan kecepatan printer roland kita?

Pertama harus dipahami adalah Roland TIDAK SAMA dengan printer outdoor, jadi gak ada gunanya mengejar kecepatan printer tersebut dengan roland. Itu hanya buang2 waktu dan salah menurut saya. Yang tepat adalah kita tetap menjual produk atau jasa yang sesuai kelasny printer roland tapi bisa lebih cepat. Misal kalo tadi 1 printer hanya 30 m2 jam maka kita bisa tingkatkan menjadi 60 m2 jam.

Caranya bagaimana? Berikut beberapa ide yang bisa anda coba :

1. Tingkatkan kemampuan PC anda, makin kenceng makin bagus karena kalo proses RIP bisa cepet maka kita bisa saving waktu dalam proses cetak tanpa kawatir eror dan ulang ngerip lagi.

2. Tambah jam kerja, dengan menambah jam kerja maka waktu produksi akan semakin lama yang otomatis kapasitas cetak mesin juga makin banyak. Bisa memakai 2 shift jika diperlukan, intinya membuat printer jalan terus karena roland sangat mampu digeber 24 jam sekalipun tapi dia akan kelelahan kalo dipaksa kerja dengan speed maksimal. Mending pakai dia secara standar tapi waktu lama daripada dikencengin tapi ngos2an.

3. Tambah unit lagi, jika memang orderan banyak banget dan kita ndak bisa nambah jam kerja maka kita tambah unitnya. Sehingga dalam 1 jam bisa 4 unit yang jalan bareng yang artinya bisa di 120 m2 per jam dengan komposisi aman. Misal ada eror 1 mesin masih ada 1 mesin lagi, bayangin kalo 1 mesin yang cepet 500 m2 tapi tiap jam eror pasti akan menghambat juga. So kecepatan ini sifatnya pararel bukan seri.

Sek sholat dulu ama jemput istri..nanti lanjut lagi ya…he he he

Oke lanjut lagi…baru sampe rumah soalnya

4. Buatlah produk yang lebih cepat dibandingkan printer lain. Nah ini agak weird ya kedengarannya tapi bisa dilakukan. Intinya kita buat produk berbasis roland yang harganya bisa 5x lipat atau bahkan 10x lipat dari produk printer lainnya. Misal kalo cetak sticker A3 di fujixerox itu seharga 20rb maka buatlah cetak sticker A3 di roland dengan harga 200rb. Apakah bisa itu terwujud? bisa mas bro, jadi ketika orang fujixerox butuh 10 lembar A3 maka kita cukup 1 lembar A3 dan kalo kita sama2 jago jualan maka nanti hasilnya utungnya bisa sama tapi kerjanya lebih santai kita.

Carane piye mas bro? Caranya jangan jual dalam bentuk jadi tapi beri nilai lebih misal cetak A3 plus resin sehingga jadi sticker timbul yang bisa dijual 200-300 rb per A3 nya. Kalo sehari bisa jual 5 atau 10 lembar A3 maka kita bisa dapat duit 1jt atau 3jt tapi printnya paling setengah jam juga ndak sampe kok. Nah dengan begini kecepatan kita akan sama hasilnya dengan mesin-mesin cepat lainnya. Contoh lain lagi misal produk cat helm, sekali cat helm kita pasang tarif 2jt yang artinya itu sepadan dengan 133 m2 spanduk frontlite dengan harga 15rb per m2. So 1 produk setara dengan 133 m2, dan ngeprintnya tidak perlu buru2 atau lembur, cukup sejam juga kelar kok. Jika kita jago malah bisa dapt order tiap hari yang artinya 133 m2 per hari, tidak harus menunggu proyek atau sibuk nurunin harga agar menang tender.

5. Update terus kemampuan SDM kita karena SDM yang pinter akan bisa memahami mesin roland lebih baik sehingga bisa nyetak lebih cepat. Operator yang terlatih biasanya hanya butuh waktu singkat untuk mengatur proses cetak dan estimasinya sehingga akan minim resiko gagal dan rijek yang artinya juga meningkatkan kecepatan produksi. Ini yang jarang diperhatikan dan bahkan untuk upgrade software RIP aja kita ndak pernah kepikiran apalagi update opratornya.

So selalu banyak cara meningkatkan kecepatan produksi atau cetak mesin kita dan tentu dengan semakin banyak belajar kita akan makin paham dan pede dengan printer roland kita. Lihatlah di luar sana banyak sekali yang sukses dengan printer roland dan kerjaannya pun keren-keren bahkan sekelas druddi aja pakai roland, masak kita ndak bisa…he he he.

Salam Kreatif

RONIta Digital Printing

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s